Sponsors Link

5 Tips Mengontrak Rumah Agar Tidak Menyesal

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting, selain untuk melindungi diri dari panas terik dan hujan tapi juga untuk beristirahat tiap harinya. Mempunyai rumah yang aman dan nyaman pasti menjadi idaman kebanyakan orang. Namun sayangnya tidak semua orang mampu membeli rumah maupun cara membeli tanah karena ada biaya cukup besar yang sudah selayaknya harus dipertimbangkan.

ads

Cara lain untuk mempunyai tempat tinggal adalah dengan menyewa atau mengontrak rumah atau apartemen. Mencari rumah kontrakan maupun cara investasi rumah kontrakan juga tidak mudah lho, walaupun tidak harus membangun dari awal, namun mencari rumah yang cocok dan nyaman untuk kita tinggali merupakan pekerjaan rumah yang cukup susah.

Banyak informasi yang harus dicari dan dikumpulkan. Selain itu jangan sampai salah memilih rumah kontrakan yang nantinya membuat Anda menyesal hingga masa kontrak selesai. Lalu, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan? Yuk disimak beberapa tips mengontrak rumah agar tidak menyesal kemudian.

1. Biaya

Hal penting satu ini jangan sampai terlewatkan saat memilih rumah kontrakan. Pilihlah rumah yang harga sewanya sesuai dengan budget atau kemampuan finansial Anda. Lokasi dan harga sewa adalah dua faktor utama yang sangat penting yang harus dipertimbangkan, Anda pasti ingin tinggal di tempat yang nyaman dan bagus bukan? Untuk itu juga harus siap dengan biaya tambahan yang lain. Jika menghabiskan seluruh pendapatan Anda hanya untuk membayar sewa rumah, sudah jelas ini bukan merupakan langkah yang bijak.

Biasanya cara pembayaran uang sewa rumah ada bermacam-macam. Ada yang mempunyai sistem pembayaran per bulan, per-tiga bulan atau ada juga yang per tahun. Pilihlah harga rumah kontrakan yang paling pas dengan kondisi keuangan dan pendapatan Anda dan cara metode pembayaran sewa rumah bisa dinegosiasikan dengan pemilik rumah.

2. Lokasi

Faktor pertama dan yang paling utama harus Anda lakukan adalah mencari lokasi rumah kontrakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah rumah kontrakan yang lokasinya strategis dan dekat dengan tempat Anda beraktivitas sehari-hari termasuk tempat usaha yang strategis, seperti memilih rumah kontrakan yang dekat dengan kantor Anda bekerja atau dekat dengan tempat Anda sekolah.

Memilih lokasi rumah yang dekat dengan tempat Anda beraktivitas sehari-hari akan membantu Anda untuk menghemat biaya dan tentunya dapat menjangkaunya dengan mudah. Sehingga dengan begitu Anda juga dapat menghemat waktu perjalanan. Pastikan juga lokasi rumah yang Anda pilih dekat dengan fasilitas-fasilitas umum lain yang Anda butuhkan. Jangan memilih rumah kontrakan dengan harga yang murah namun daerahnya jauh dengan tempat Anda beraktivitas. Karena ini jelas akan merugikan Anda nantinya dan akan membuat Anda menambah biaya lagi tentunya.

3. Survey Langsung

Ketika sudah menemukan rumah kontrakan yang Anda inginkan, ada baiknya tips mengontrak rumah agar tidak menyesal selanjutnya adalah Anda melakukan survey secara langsung dan bertemu dengan pemilik rumah. Perhatikan dengan seksama bagaimana kondisi rumah yang ingin Anda sewa. Apakah semua fasilitas yang ada bekerja dengan baik dan tidak mengalami kerusakan yang mengganggu, seperti atap yang bocor atau kamar mandi yang bermasalah di saluran airnya. Hal ini berguna nanti untuk cara menata rumah kontrakan.

Selain itu, lakukan beberapa survey terhadap beberapa rumah yang ingin Anda sewa sebagai perbandingan. Catatlah kekurangan dan kelebihan rumah yang telah Anda survey antara satu dengan yang lain untuk memudahkan Anda memilih rumah kontrak yang terbaik dari beberapa pilihan yang Anda buat. Bandingkan beberapa rumah dengan harga yang sama apakah sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

Harga sewa rumah yang Anda bayar harus disesuaikan pula dengan fasilitas yang diberikan oleh pemilik rumah. Jika Anda mendapat harga sewa murah jangan terlalu berharap untuk mendapatkan fasilitas lengkap dan sempurna. Begitu pula sebaliknya, jangan sampai Anda sudah membayar sewa mahal namun fasilitas yang diberikan sangat kurang.


4. Lingkungan

Pastikan Anda memilih rumah kontrakan yang bersih dan berada dilingkungan yang nyaman. Rumah kontrakan yang bersih akan berpengaruh pada kesehatan Anda pula, tidak ingin bukan Anda begitu sering mengeluarkan biaya kesehatan karena lingkungan tempat Anda tinggali kotor? Sehat itu mahal lho.

Selain rumah yang bersih, perhatikan pula apakah lingkungan sekitar rumah Anda juga bersih. Selokan yang bau atau sampah yang berserakan dimana-mana jelas akan menganggu Anda serta kurang sedap untuk dipandang mata. Terlebih nanti jika menata dapur kontrakan yang termasuk ke dalam ciri-ciri rumah tidak sehat.

Keamanan juga hal penting yang diperhatikan. Tinggal dirumah yang bagus, bersih dan harga sewa yang murah namun berada di kawasan yang rawan akan pencurian atau sering terjadi konflik jelas akan merugikan Anda nantinya karena setiap hari harus waspada dan was-was akan tindak kejahatan yang akan terjadi.

Kenyamanan Anda adalah hal utama, setelah bekerja seharian atau lelah dengan rutinitas pastinya ingin beristirahat ditempat yang tenang jauh dari kebisingan dan tindak kriminal. Terutama jika Anda memutuskan mengontrak rumah dengan waktu yang cukup lama, hal-hal seperti ini harus dipertimbangkan secara matang.

5. Pahami Kontrak Perjanjian

Jangan sepelekan pula hal yang satu ini. Perjanjian kontrak yang harus ditaati oleh pemilik rumah dan Anda sebagai penyewa rumah. Anda harus mengetahui apa saja hak dan kewajiban Anda saat menyewa rumah tersebut, seperti hak mendapatkan fasilitas yang layak dan wajib menjaga dan merawat rumah yang Anda tinggali.

Kesepakatan yang Anda lakukan dengan pemilik rumah ini nantinya mungkin bisa menguntungkan Anda kedepannya. Seperti jika Anda rajin atau taat membayar sewa rumah tepat waktu dan mendapatkan kepercayaan dari pemilik, bisa saja nantinya Anda nanti dapat melanjutkan kontrak rumah lagi dengan mudah atau bisa saja mendapatkan potongan.

Namun, jika Anda melanggar perjanjian yang dilakukan atau pemilik yang melanggar Anda juga harus mengetahui tindakan selanjutnya dan konsekuensi apa yang Anda dapatkan. Telat membayar uang beberapa kali sudah jelas Anda harus segera meninggalkan rumah secepatnya.

Nah dari beberapa tips mengontrak rumah di atas yang harus Anda pahami. Persiapakan diri Anda serta dana Anda jika memang berniat untuk mencari rumah yang ditinggali. Jangan lupa bekali diri Anda dengan beberapa informasi yang sudah Anda persiapkan yang nantinya dapat membantu Anda mendapatkan rumah idaman yang Anda inginkan. Termasuk cara mendekorasi rumah kontrakan 3 petak maupun cara menata kontrakan satu petak. Ketahui pula hak dan kewajiban Anda. Happy hunting!

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik