Sponsors Link

Mengintip Alat Pembersih Akuarium Otomatis

alat pembersih aquarium otomatisMemiliki akuarium di berbagai jenis-jenis rumah tinggal tentunya merupakan hal yang menyenangkan bukan? Selain memiliki pemandangan indah, suasana rumah akan terasa lebih nyaman dan sejuk. Memelihara ikan di dalam rumah dapat menjadi hobi menarik tersendiri untuk sebagian orang, termasuk juga Anda. Namun seperti halnya hewan peliharaan pada umumnya, kebersihan akuarium sebagai wadah tinggalnya para ikan hias harus tetap terjaga kebersihannya. Perlu Anda ketahui, bahwa membersihkan akuarium di rumah cukup merepotkan, lho!

ads

Mengapa akuarium harus dibersihkan secara rutin dengan alat kebersihan rumah? Akuarium merupakan tempat tinggal hewan air seperti ikan, dimana ikan akan membutuhkan oksigen untuk bernapas. Ikan akan kesulitan memperoleh oksigen apabila air kolam terlihat keruh dan tidak jernih. Semakin banyak kotoran yang menumpuk, maka semakin sedikit pula simpanan oksigen yang tersedia. Lama kelamaan, lumut atau alga akan timbul dan tidak hanya mencemari air kolam namun juga menghalangi pemandangan. Terlebih alga mati dapat menyerap oksigen dalam jumlah yang besar bahkan dapat menghabiskannya sama sekali. Untuk itu Anda dapat membaca cara membersihkan kaca aquarium dari kerak dan cara menjernihkan air aquarium.

Cara membersihkan akuarium biasanya dilalakukan dengan menguras seluruh air dengan yang baru. Padahal sebenarnya, mengganti air akuarium dengan yang baru dapat mengganggu kesehatan dari ikan itu sendiri. Sebab perubahan kondisi sekitar ikan yang drastis dapat memicu stress pasa ikan hingga akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan sampai kematian. Untuk membersihkan akuarium Anda dapat menguras airnya sekitar 15 % sebulan sekali. Beberapa tips lain yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Kotoran di sedot melalui dasar akuarium dan sela-sela dekorasi sambil mengeluarkan air dari dalam.
  • Memasukkan air yang baru ke dalam akuarium dan pastikan kondisi air terbebas dari sabun.

Alat Pembersih Akuarium Otomatis

Terdapat berbagai jenis alat pembersih akuarium, namun salah satu produk terbarukan adalah alat pembersih yang otomatis. Hebat bukan? Dialah MOAI, sebuah perangkat robotik yang berfungsi untuk membersihkan kaca akuarium tanpa perlu menguras air di dalamnya terlebih dahulu. Perangkat ini terbagi menjadi dua bagian, yakni sisi pembersih yang berada di bagian dalam, sedangkan bagian robotic yang berada di area luar. Kedua sisi ini saling melekat karena adanya daya magnet yang cukup kuat.

Robot ini akan bergerak secara horizontal mengikuti dengan lebar permukaan akuarium. Anda dapat memantau pergerakan robot ini melalui sebuah aplikasi khusus yang tersedia bagi perangkat Android serta iOS. Tidak hanya itu, MOAI juga menyediakan sebuah fitur pembersihkan yang didasarkan dengan jadwal serta beroperasi secara otomatis.

Hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahuo bahwa MOAI ini dilengkapi dengan fitur kamera 1080p, yang memiliki sudut pandang sebesar 120 derajat. Kamera ini ditujukan untuk mengabadikan momen-monen unik dan menarik yang terjadi di dalam akuarium. Karena terhubung melalui WiFi, maka para pengguna juga dapat menyaksikan video real-time melalui smart phone. Untuk pengisian baterai tersendiri, dari pihak pengembang telah meluncurkan charging dock yang dapat ditempel pada sudut akuaium. Dengan inovasi ini, maka MOAI dapat menuju bagian charging dock secara mandiri.

Untuk mendapatkan alat ini, Anda perlu mengeluarkan harga yang tidak murah, yakni sekitar 2 juta menurut versi Early Bird. Sedangkan apabila Anda membelinya melalui retail, harga yang ditawarkan bisa mencapai 4 juta. Demikianlah beberapa penjabaran mengenai alat pembersih akuarium otomatis yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot