Sponsors Link

Kelebihan Dan Kekurangan Atap Dak Beton

atap dak betonPembangunan jenis-jenis rumah tinggal biasanya akan mengacu pada desain dan konsep yang akan digunakan. Desain ini akan menentukan pemilihan material hingga atap rumah yang sesuai. Salah satu jenis atap yang cukup populer dalam pembangunan rumah tinggal adalah atap dak beton. Beton merupakan salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang serba guna. Meskipun sering kali digunakan sebagai material pembuat struktur bangunan, bukan berarti beton tidak dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk material non struktur seperti atap.

ads

Aplikasi atap dak beton memang semakin marak, namun sebelum menggunakan jenis atap ini sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan atap dak beton. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari penggunaan atap dak beton, yakni:

  • Multifungsi. Kelebihan pertama yang dimiliki oleh atap beton adalah atap ini sangat serba guna. Atap dak beton dapat digunakan sebagai lantai, salah satunya diamanfaatkan sebagai pembuatan taman. Anda dapat melihat cara membuat taman diatas atap yang baik dan benar.
  • Mempermudah penambahan lantai. Karena bentuknya yang datar, atap ini dapat mempermudah proses penambahan lantai. Sehingga bila dikemudian hari Anda ingin menambah dua lantai, maka Anda tidak perlu repot-repot membongkar bagian atap.
  • Memiliki daya tahan kuat. Selain multifungsi, jenis atap ini juga termasuk ke dalam atap yang kuat dan tidak mudah rusak. Terlebih menghadapi berbagai macam cuaca serta terpaan angin yang tinggi.
  • Mudah dibersihkan. Membersihkan atap dak beton ternyata terbilang cukup mudah, lho! Cukup dengan menggunakan alat kebersihan rumah dan Anda dapat dengan leluasa membersihkan bagian atap. Selain itu biaya perawatannya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis atap yang lain.
  • Bergaya modern. Atap dak beton merupakan atap modern yang aplikasinya sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya..
  • Dapat menghalau panas. Dengan menggunakan atap beton, maka suhu udara di dalam ruangan akan tetap terjaga sejuk.
  • Tidak mudah terbakar. Atap dak beton cenderung tidak mudah terbakar. Hal ini dikarenakan oleh penggunaan material beton sebagai bahan dasarnya.
  • Proses finishing mudah. Proses finishing atap dak beton dapat dilapisi dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.

Disamping kelebihan yang dimiliki oleh atap dak beton, terdapat juga berbagai jenis kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah kekurangan atap dak beton, yakni:

  • Proses pembuatan rumit. Sayangnya, proses pekerjaan pembuatan atap dak beton masih tergolong rumit. Sehingga Anda membutuhkan perhitungan yang benar-benar rinci ketika proses pembuatan berlangsung. Selain itu dari segi biaya, pembuatan atap dak beton terbilang mahal dibandingkan dengan jenis-jenis atap rumah lainnya.
  • Menghadirkan banyak limbah. Pada saat proses pembuatan atap, akan menghasilkan banyak limbah pekerjaan berupa cetakan bekisting.
  • Sering kali terjadi kebocoran. Atap dak beton memang dikatakan lebih rentan mengalami kebocoran. Hal ini bisa saja dipicu oleh proses pembuatannya yang kurang sempurna.
  • Mudah diserang lumut. Apabila Anda tidak membersihkan atap ini secara rutin, maka atap akan dengan mudah terserang lumut.
  • Banyak menampung sampah. Karena bentuknya yang datar, atap ini justru menampung banyak sampah seperti sampah daun, plastik dan sebagainya.
  • Kelembaban ruangan tinggi. Pada ruangan yang menggunakan atap dak beton biasanya memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Sehingga penggunaan atap ini tidak cocok pada ruangan yang sempit. Ruangan ini biasanya dipasangkan macam-macam ventilasi rumah.

Demikianlah beberapa tips kelebihan dan kekurangan atap dak beton yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Atap