Sponsors Link

8 Cara Memperbaiki Bak Mandi Bocor Parah

bak kamar mandiDi rumah Anda juga pasti memiliki bak mandi bukan? Baik yang bersifat permanent dengan menggunakan semen ataupun yang sudah di finishing dengan menggunakan keramik. Meski sudah dibuat sedemikian rupa, akan tetapi penggunaannya yang rutin tidak menutup kemungkinan ke depannya bak kamar mandi Anda akan mengalami kebocoran.

ads

Kebocoran ini biasanya ditandai dengan munculnya rembesan yang diikuti dengan air yang keluar secara deras hingga akhirnya bak mandi tersebut kosong. Lebih mengkhawatirkan lagi bahwa ternyata dari dalam lubang-lubang kecil yang bocor tersebut dapat dimanfaatkan sebagai jalan masuk dari cacing merah lho! Sangat mengerikan bukan? Jika Anda sudah menemukan cacing di dalam bak kamar mandi rumah, maka hunian Anda tergolong pada ciri-ciri rumah tidak sehat.

Bak kamar mandi yang bocor harus segera diperbaiki supaya dapat difungsikan kembali seperti sedia kala. Namun bagaimana caranya memperbaiki bak mandi bocor? Tenang! Berikut ini adalah beberapa penjabaran dari cara memperbaiki bak mandi bocor. Sebelum memulai perbaikan, pertama-tama Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan pendukung berupa lem silicon untuk akuarium, kain lap serta cutter. Jika semua sudah dipersiapkan, maka berikut ini adalah tahapan pelaksanaanya, simak!

  1. Mencari titik lubang

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari titik lubang. Caranya adalah dengan mengisi bak mandi yang bocor tersebut secara menyeluruh dengan air. Jika air tersebut terlihat mengalami pengurangan, segera temukan titik keluar air. Karena tidak semua lubang berukuran besar dan mudah untuk ditemukan.

  1. Mengeringkan bak

Setelah titik bocor diketahui berikan tanda agar tidak lupa. Selanjutnya, Anda dapat menguras seluruh air yang ada di dalam bak tersebut hingga kosong. Kemudian bersihkan bagian dalam bak dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa lap kering. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga bak benar-benar kering.

  1. Mengatasi lubang kecil

Apabila lubang kebocoran termasuk lubang yang kecil, maka Anda dapat memperbesar ukuran lubang tersebut dengan menggunakan cutter. Lubang ini diperbesar dengan tujuan agar proses perbaikan berjalan lebih mudah.

  1. Menggunakan lem silicon untuk akuarium

Ketika lubang sudah cukup besar, langkah selanjutnya adalah menggunakan lem silicon untuk akuarium. Caranya adalah dengan menempelkan lem tersebut pada bagian permukaan lubang, area tengah serta dibagian sekitar lubang tersebut. Tunggulah beberapa saat hingga lem benar-benar mengering. Anda akan melihat beberapa bagian permukan yang ditutupi lem tersebut mengalami penggumpalan.

  1. Finishing

Agar proses penambalan semakin kuat, Anda baru dapat mengisi kembali air ke dalam bak setelah satu hari berlalu. Untuk menangani air meluap tidak merembes kepada bagian struktur penyangga bak, Anda dapat membubuhkan lem silicon pada area pinggiran bak yang menempel dengan struktur penyangga.

Sponsors Link

Bagaimana? Mudah bukan cara memperbaiki bak mandi bocor tersebut? Cara tersebut digunakan untuk mengatasi kebocoran umum yang biasa terjadi pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Tidak terkecuali rumah minimalis sederhana milik Anda! Selain beberapa cara diatas, ada beberapa langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki beberapa kerusakan yang umumnya terjadi pada bak kamar mandi. Cara-cara tersebut yakni :

  • Mengatasi nat lepas

Untuk mengatasi nat bak mandi yang lepas, hal pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan berupa semen putih, lem fox dan juga pasir. Cara memperbaikinya adalah dengan melepaskan terlebih dahulu keramik yang memiliki nat lepas. Kemudian bersihkan bagian dinding bak mandi. Setelah dinding bersih, pasangkan kembali keramik tersebut dan jangan lupa isikan pasir dan semen hingga permukaan keramik rata.

  • Mengatasi keramik pada bak mandi yang pecah atau retak

Untuk mengatasi permasalahan ini, yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan berupa semen abu-abu, lem fox dan juga sapu lidi. Selanjutnya tambal bagian keramik yang retak dengan menggunakan campuran semen dan lem. Namun jika keramik pada bak kamar mandi Anda pecah, maka tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan keramik yang baru.

Sponsors Link

  • Mengatasi keramik bak yang ambles

Situasi seperti ini biasanya terjadi akibat adonan semen dan pasir bak kamar mandi yang kurang baik. sehingga lama kelamaan, keramik pun akan menjadi amblas. Untuk menangani hal tersebut yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencopot bagian keramik dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik. Isilah bagian nat tersebut dengan menggunakan campuran semen putih dan juga lem. Setelah itu keramik baru dapat diletakkan kembali ke tempat yang semula.

Mungkin banyak orang yang menganggap sepele tentang persoalan bak kamar mandi. Namun sebenarnya kesehatan bak kamar mandi sangatlah penting, terlebih untuk menjaga penghuni rumah tetap sehat. Selain itu, bak mandi yang bersih dan tidak kotor juga termasuk ke dalam ciri-ciri rumah sehat. Demikianlah beberapa penjabaran dari cara memperbaiki bak mandi bocor. Selamat mencoba!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik