Sponsors Link

7 Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel Paling Mudah

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel dapat membantu anda dalam kegiatan rumah tangga. Sekarang ini, ibu rumah tangga dimudahkan dengan berbagai macam alat-alat dapur yang modern dan canggih dengan cara pemakaian yang mudah, cepat, hemat waktu, proses pembersihannya mudah dan hasil yang maksimal sehingga sangat membantu dalam pekerjaan apapun di dapur. Tidak bisa dipungkiri dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan dalam berbagai aspek-aspek bidang tanpa terkecuali peralatan dapur itu sendiri.

ads

Baca Juga :

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless SteelPeralatan dapur mempunyai berbagai macam jenis dan tentunya berbagai macam bahan. Beberapa contoh bahan-bahan yang digunakan untuk peralatan dapur misalnya bahan keramik, bahan melamin, bahan plastik, bahan kaca, bahan stainless steel dan lain sebagainya. Berbagai bahan tersebut mempunyai cara masing-masing untuk proses perawatan maupun proses pembersihannya agar bisa awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa menghemat pengeluaran ibu rumah tangga. (Baca Juga :  Cara Memilih Warna Cat Rumah )

Peralatan dapur berbahan stainless steel merupakan salah satu bahan populer dan kekinian yang paling banyak digunakan ataupun dipakai oleh ibu rumah tangga saat ini untuk koleksi dan kebutuhan di dapur karena mempunyai daya tahan yang cukup baik terhadap panas, korosi, dan noda-noda bekas makanan. Peralatan berbahan baku stainless steel mempunyai kandungan kromium di dalamnya yang biasanya dapat dengan mudah bereaksi atau pun berinteraksi secara langsung terhadap oksigen di udara bebas dan akan membentuk suatu lapisan pelindung.

Lapisan pelindung tersebut berguna untuk mencegah munculnya karat-karat yang mungkin bisa mengganggu kesehatan tubuh dan dapat mengurangi noda-noda dan bercak-bercak secara permanen dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian perlu sekali untuk membersihkan peralatan dapur anda secara teratur dan rutin agar peralatan dapur bisa awet. Berikut cara membersihkan peralatan dapur berbahan stainless steel, yuk simak tips-tips nya disini.

Baca juga :


1. Rendam Peralatan Dapur Dengan Air Dingin

Cara ini cukup ampuh untuk merawat peralatan dapur anda yang berbahan stainless steel karena dengan melakukan tindakan merendam peralatan berbahan stainless steel saat keadaan masih panas, maka akan mempermudah mengangkat dan melunakkan sisa-sisa dari makanan yang berada di dasar wadah sehingga proses pembersihannya menjadi lebih mudah. (Baca Juga :  Cara Membuat Taman di Rumah )

2. Gunakan Spons Pembersih Piring Dan Sabun Cuci Piring

Cara yang satu ini memang umum digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga saat ini. Sangat mudah prosesnya tinggal tuangkan sabun cuci ke spons pembersih, basahi spons dengan air, remas-remas sampai berbusa, kemudian aplikasikan ke peralatan stainless steel anda, usap-usap secara merata dan menyeluruh agar tidak ada noda-noda yang tertinggal. (Baca Juga :  Cara Mengatasi Tembok Retak )

3. Menggunakan Perasan Jeruk Lemon

Setelah peralatan berbahan stainless steel dibersihkan, alangkah baiknya dilakukan pengaplikasian perasan jeruk lemon dengan cara mengolesinya secara merata dan menyeluruh ke semua bagian-bagiannya tanpa terlewatkan. Selain mengurangi bau yang ditimbulkan dan minyak yang ditinggalkan dari sisa-sisa makanan, perasaan jeruk lemon juga ampuh untuk menjaga kebersihan dan membuat stainless steel tetap mengkilat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur. (Baca Juga :  Pendingin Ruangan Pengganti AC )

4. Menggunakan  Air Cuka

Cara ini juga bisa digunakan untuk menjaga kebersihan peralatan berbahan stainless steel. Biasanya sering digunakan untuk membersihkan wastafel berbahan stainless steel. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, setelah proses pembersihan menggunakan air dan sabun cuci piring selesai, anda bisa memolesnya dengan cairan cuka untuk memaksimalkan kebersihan peralatan anda. (Baca Juga :  Penyerap Lembab Ruangan )

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Melakukan pemolesan peralatan berbahan stainless steel bukan hanya mempunyai tujuan untuk membuat atau pun mengembalikan sifat kilau asli dari stainless steel itu sendiri, melainkan juga bisa digunakan untuk melindungi bagian permukaannya. Apabila anda menemukan sedikit goresan-goresan kecil atau pengelupasan, minyak zaitun bisa digunakan untuk memoles stainless steel anda untuk memulihkannya. Penggunaan minyak zaitun juga bisa untuk merawat peralatan berbahan stainless steel.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, setelah proses pembersihan menggunakan air dan sabun cuci piring selesai, anda bisa memolesnya dengan minyak zaitun untuk memaksimalkan kebersihan peralatan anda. Tuangkan minyak zaitun ke lap kering dan usap-usapkan ke seluruh bagian secara merata dan menyeluruh. Usahakan pada saat mengelapnya sesuaikan arah dari serat stainless steel untuk menghindari goresan-goresan kecil pada peralatan berbahan stailess steel anda. Biarkan beberapa menit setelah melakukan proses pengaplikasian. Jangan lupa lap kembali dengan lap kering ataupun tisu. (Baca Juga :  Fungsi Ruang Tamu )

6. Menjaga Peralatan Dapur Agar Tetap Kering

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Dari Stainless Steel selanjutnya adalah manjaga agar semua peralatan dalam keadaan kering. Hal ini sering diabaikan dalam proses membersihkan peralatan berbahan stainless steel. Padahal cara ini juga ikut andil dalam menjaga dan merawat peralatan berbahan stainless steel. Setelah melakukan pembersihan dengan menggunakan air, alangkah baiknya jangan lupa untuk mengelap sisa-sisa air yang menempel sampai dalam kondisi benar-benar kering. Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena dengan menjaga peralatan berbahan stainless steel dalam keadaan kering, bermanfaat untuk menghindari bercak-bercak yang ditimbulkan oleh air yang mengering karena dibiarkan saja tanpa dilap menggunakan lap kering. (Baca Juga : Cara Membersihkan Debu )

7. Menggunakan Bubuk Soda Kue

Cara ini bisa dilakukan dan diaplikasikan ke peralatan berbahan stainless steel yang berkerak dan terdapat noda yang membandel akibat malas membersihkan sesegera mungkin setelah melakukan aktifitas di dapur seperti halnya memasak. Membiarkan peralatan dapur berbahan stainless steel dalam keadaan kotor dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan noda-noda yang menumpuk dan menempel akibatnya muncul noda yang membandel. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan cara menuangkan bubuk soda kue sebanyak satu sendok makan dan beri air secukupnya sehingga menghasilkan adonan yang kental seperti pasta gigi.

Proses selanjutnya tinggal oleskan pasta yang sudah dibuat ke bagian yang mempunyai noda membandel. Biarkan dalam kurun waktu selama setengah jam sebelum menggosok dan mengusapnya dengan lap setengah basah atau kondisi lembab. Setelah kiranya setengah jam berlalu gosok dan usap secara perlahan dengan lap setengah basah dengan mengikuti arah serat peralatan berbahan stainless steel agar tidak timbul goresan-goresan kecil. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Kemudian lap sampai kering agar tidak timbul bercak-bercak air yang mengering. Cara ini bisa digunakan jika memang anda belum sempat membersihkan peralatan anda. Tapi saran penulis, jangan biasakan budaya malas ya.

Baca juga :

Menjaga kebersihan peralatan-peralatan itu memang perlu dilakukan. Ingat pepatah mengatakan “kebersihan itu sebagian dari iman”. Jadi, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan ya. Sampai disini dulu, pembahasan mengenai bagaimana cara membersihkan peralatan di dapur berbahan stainless steel. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan