Sponsors Link

4 Cara Mengusir Sarang Tawon di Atap Rumah Terbukti Efektif

Pada artikel ini akan kami bagikan informasi mengenai bagaimana cara mengusir sarang tawon di atap rumah yang bisa anda terapkan sendiri agar rumah anda bisa terbebas dari tawon yang mana jika anda biarkan maka akan semakin lama populasinya semakin banyak.

ads

Namun sebelum kami membahas mengenai hal tersebut, kami juga bermkasud ingin memberitahukan kepada anda mengenai jenis-jenis rumah tinggal serta bagaimana cara menjaga kebersihan halaman rumah yang wajib anda lakukan agar rumah anda selalu tampak bersih dan bebas dari penyakit.

Tawon maupun serangga lainnya jika dibiarkan kebanyakan akan mengganggu anda, terlebih lagi jika serangga tersebut sampai bersarang di dekat atau bahkan di area rumah anda. Oleh sebab itu, anda harus segera melakukan penanganan mengenai masalah ini karena dikhawatirkan tawon yang bersarang di rumah anda akan masuk dan bisa membahyakan anda maupun buah hati anda.

Maka dari itu, simak baik-baik ulasan yang akan kami berikan di bawah ini agar supaya anda bisa mengusir tawon maupun serangga lainnya yang berpotensi membahayakan anda maupun anggota keluarga di rumah. Anda juga harus tahu bahwa cara yang akan kami bagikan bukan hanya untuk mengusir sarang tawon, melainkan untuk mengusir tawon itu sendiri agar supaya tidak kembali lagi ke sarangnya.

1. Mempersiapkan pengaman

Seperti yang kita tahu bahwa tawon akan melindungi diri dari ancaman dengan cara menyengat. Seseorang yang terkena sengatan tawon umumnya memang hanya akan menderita pembengkakan pada bagian yang terkena sengat, namun bagi seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah atau bahkan pernah menderita masalah tertentu, sengatan tawon bahkan mungkin bisa berdampak lebih berbahaya.

Maka dari itu, sebelum anda memulai membasmi atau mengusir tawon di rumah anda, maka anda harus memastikan bahwasanya tubuh anda telah terlindungi dari sengatan tawon. Namun bagi anda yang merasa tidak yakin dan khawatir jika tawon tersebut menyengat anda, maka anda bisa mulai menghubungi pembasmi tawon atau meminta bantuan orang lain yang memang sudah ahli dan berpengalaman di dalam mengusir serangga.

Selain itu memang rumah yang terbebas dari gangguan tawon atau serangga lainnya yang berpotensi berbahaya merupakan salah satu ciri-ciri rumah sehat yang akan membuat siapapun yang berkunjung ke rumah anda merasa betah dan tidak ingin buru-buru pulang.

2. Menyingkirkan sarangnya

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ketika sebelumnya anda telah siap dan tubuh anda telah terlindungi adalah dengan menyingkirkan sarang tawon tersebut. Sekedar informasi bahwa tawon hitam merupakan salah satu jenis tawon yang sering membuat sarang di rumah manusia, dan bahkan serangga yang satu ini seringkali membuat sarang pada tempat yang tidak terduga seperti misalnya di kamar mandi, kamar, platfon, atau bahkan di atap.

Ada yang berpendapat bahwa tawon tersebut tidak akan mengganggu selagi ia tidak merasa terganggu, namun untuk berjaga-jaga lebih baik anda mulai mengusir atau menyingkirkan tawon tersebut dengan cara menyingkirkan sarangnya.

Yang harus anda lakukan tentu tidak terlalu sulit dimana anda hanya perlu mencermati kapan atau pada saat apa sarang tersebut ditinggalkan oleh tawon tersebut. Kemudian anda hanya perlu mengambilnya dan membuangnya. Nanti tawon-tawon tersebut tentu akan kembali lagi ke tempat sarangnya meskipun sebenarnya sarangnya sudah anda buang.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena tawon tersebut akan secara otomatis akan pergi meninggalkan rumah anda dan akan membuat sarang di tempat lain.

3. Mengusir dengan ban bekas

Apakah anda memiliki ban bekas? Jika punya, maka anda bisa memanfaatkan ban yang tidak terpakai tersebut untuk mengusir tawon dari rumah anda. Lantas bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya cara yang akan kami ajarkan berikut ini tidak terlalu sulit, yang terpenting adalah anda mempersiapkan dan melakukannya sesuai dengan instruksi yang kami berikan.

Sponsors Link

  • Yang pertama yaitu anda harus membakar ban bekas sampai nanti anda mencium ada bau menyengat khas ban yang keluar ketika ban tersebut dibakar.
  • Yang kedua adalah anda harus mendekatkan ban tersebut ke sarang tawon agar supaya asap pembakaran ban tersebut akan menyelimuti sarang tawon yang selama ini bersarang di atap anda.
  • Yang ketiga adalah anda hanya perlu mendiamkannya sampai nantinya tawon-tawon tersebut akan berhamburan keluar dan kemudian meninggalkan sarangnya.

Sekedar informasi bahwa hawa atau asap panas yang keluar dari ban bekas akan membuat tawon lari sehingga anda hanya tinggal membersihkan atau membuang sarangnya. Namun cara yang akan anda lakukan ini harus anda pastikan terlebih dahulu apakah tidak akan membahayakan sekitar anda karena dikhawatirkan asapnya akan mengganggu tetangga atau bahkan api yang berasal dari pembakaran ban bekas tersebut malah akan menimbulkan bahaya pada rumah anda.

Oleh sebab itu, cara ini hanya boleh anda lakukan ketika anda benar-benar sudah memastikan bahwa pembakaran ban bekas tidak akan menimbulkan dampak negatif apapun untuk orang-orang atau lingkungan yang ada di sekitar rumah anda.

4. Membuat perangkap

Langkah lainnya yang bisa anda pilih untuk mengusir tawon yang bersarang di atap rumah anda adalah dengan menggunakan perangkap. Anda jangan khawatir karena perangkap yang akan kami jelaskan kali ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang rumit dan juga tidak membutuhkan keahlian khusus untuk bisa membuatnya.

  • Anda siapkan botol bekas yang memiliki ukuran kurang lebih 1,5 liter dan kemudian anda potong kurang lebih seperempat bagian atas dan kemudian anda masukkan kembali potongan tersebut secara terbalik ke 3/4 botol.
  • Anda harus mengisi larutan botol tersebut dengan cuka, namun bagi anda yang tidak memiliki cuka maka anda masih bisa menggunakan sabun cair yang biasanya anda gunakan untuk mencuci piring.
  • Masukkan beberapa potong daging mentah yang akan digunakan untuk memancing tawon maupun lebah yang hinggap di atap rumah anda. Nanti tawon atau lebah tersebut akan perlahan masuk ke dalam botol dan akan tenggelam.

Untuk cara lain yang juga bisa anda lakukan jika anda ingin cara yang lebih sederhana adalah sebagai berikut:

  • Siapkan ember dan isi dengan air gula, cuka, atau bisa juga anda isi dengan sabun cuci piring.
  • Serangga-serangga tersebut nantinya akan tertarik dan kemudian anda perlahan-lahan masuk dan tenggelam di ember anda.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara mengusir sarang tawon di atap rumah yang juga bisa anda terapkan untuk mengusir tawon itu sendiri. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari informasi lain seperti tanaman hias pengusir serangga dan pembasmi lalat paling ampuh.

, ,



Oleh :
Kategori : PEST