Sponsors Link

9 Tips Rajin Membersihkan Rumah Paling Efektif

Semua orang tentunya ingin memiliki rumah yang bersih layaknya model rumah di majalah. Untuk mendapatkan rumah yang bersih dan terasa nyaman di setiap ruangan, maka tentunya harus dilakukan setiap hari dan sebenarnya ada beberapa trik khusus yang bisa anda lakukan. Tips rajin membersihkan rumah berikut ini bisa anda terapkan agar rumah anda senantiasa terasa nyaman dan membuat anda betah di rumah.

ads

1. Fokus Pada Hal Hal Kecil

Tips rajin membersihkan rumah pertama yang bisa anda lakukan adalah memperhatikan dan fokus pada hal hal kecil selain juga harus memiliki alat kebersihan rumah. Prioritaskan pada beberapa hal kecil yang mengganggu pemandangan seperti tumpukan buku, pakaian, mainan dan benda lain yang bertebaran di lantai bahkan hingga piring piring kotor yang ada di bak cuci piring. Dengan merapikan benda benda tersebut, maka rumah bersih bisa selalu terlihat meski area lantai belum dibersihkan seperti menyapu atau mengepel lantai.

Untuk itu, daripada anda harus repot menyapu dan mengepel lantai, akan lebih baik anda memperhatikan berbagai barang yang tergeletak di lantai rumah anda agar bisa mendapatkan tampilan rumah yang lebih bersih.

2. Jadikan Sebagai kebiasaan

Mendapatkan rumah yang selalu bersih tidak boleh menunggu hingga rumah terlihat berantakan dan baru dirapikan. Rumah bersih merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara terus menerus dan bukan dilakukan oleh satu orang saja namun juga oleh seluruh anggota keluara yang tinggal dalam hunian tersebut. Untuk itu, pastikan anda melibatkan seluruh anggota keluarga anda agar bisa selalu menghadirkan rumah bersih secara bersama sama.

Meski kebiasaan membersihkan rumah terdengar mudah tidak seperti tips membersihkan rumah tanpa pembantu, akan tetapi ini sebenarnya merupakan kunci penting yang paling efektif.

Mulai dengan rutinitas seperti membersihkan tempat tidur ketika baru bangun, segera mengelap wastafel ketika baru saja digunakan sampai merapikan semua barang sebelum meninggalkan ruangan tersebut yang menjadi sebuah kesadaran yang harus dilakukan terus supaya rumah bisa selalu bersih setiap saat.

3. Bersihkan Sambil Jalan

Hampir mirip seperti membiasakan diri untuk selalu menghadirkan rumah yang bersih, tips membersihkan rumah berikutnya adalah anda juga harus memiliki mindset agar bisa selalu bersih bersih pada setiap aktivitas yang anda lakukan di dalam rumah.

Hal hal kecil seperti mencuci piring setiap selesai makan, membersihkan remah remah kecil sesudah mengkonsumsi makanan ringan sampai mengelap meja sesudah digunakan. Jangan pernah menunggu hingga permukaan meja atau wastafel anda penuh atau terlalu kotor dan baru dibersihkan, namun terapkan bersih bersih sambil jalan ketika anda sedang beraktivitas di rumah.

4. Hindari Kolesksi yang Tidak Penting

Memiliki rumah yang bersih akan terasa sulit jika anda hobi mengumpulkan pernah pernik dalam jumlah banyak di rumah anda dan ciri ciri rumah tidak sehat akan semakin terlihat. Akan secara otomatis, rumah anda akan terasa penuh sesak jika ada terlalu banyak benda di rumah. Selain itu, waktu anda juga akan tersita hanya untuk merapikan barang barang tersebut yang hanya akan membuat rumah terasa kotor, sesak dan juga pengap. Biasakan diri anda untuk tidak mengumpulkan barang barang yang tidak penting dan segera singkirkan dari rumah anda.

Buatlah keputusan yang bijaksana sebelum anda memutuskan membeli sesuatu. Tidak hanya membuat rumah anda terlihat lebih bersih, namun cara ini sebenarnya juga akan membuat anda bisa lebih berhemat.

5. Lebih Fokus Pada Setiap Ruangan

Anda juga harus lebih fokus ketika membersihkan setiap ruangan di rumah anda agar bisa terlihat selalu bersih setiap saat. Hindari membersihkan satu ruangan dan ruangan lainnya dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya, usahakan untuk tetap fokus pada satu ruangan sebelum anda melanjutkan ke ruangan berikutnya. Dengan begini, anda bisa lebih berkonsentrasi dengan baik dan tidak kehilangan fokus sehingga tidak ada satu titik pun yang lupa dibersihkan.

6. Buang Benda yang Tidak Perlu

Umumnya, banyak orang yang kesulitan memiliki rumah yang bersih karena terlalu sentimentil ketika membersihkan ruangan. Untuk mendapatkan rumah yang bersih, maka jangan ragu untuk membersihkan benda benda yang sudah tidak berguna atau tidak bisa berfungsi dengan baik.

Menyimpan benda memang bisa memberikan manfaat bagi pemilik rumah serta menampilkan ciri ciri rumah sehat. Namun jika beberapa benda tersebut memang sudah tidak bisa digunakan, tidak ada manfaatnya dan tidak berfungsi, maka sebaiknya segera singkirkan barang tersebut agar tampilan rumah anda bisa terlihat lebih bersih.


7. Siapkan Peralatan Bersih Bersih

Seseorang yang rajin membersihkan rumah tentunya akan memiliki berbagai benda atau alat kebersihan yang lengkap dan jauh lebih memadai. Dari mulai sikat, kain multifungsi sampai cairan khusus pembersih noda yang sulit dihilangkan semuanya biasanya ada dalam rumah yang bersih. Untuk itu, anda juga harus memiliki berbagai perlengkapan ini agar bisa memacu diri sendiri untuk lebih rajin membersihkan rumah sekaligus memperoleh kriteria rumah sehat.

Dengan adanya berbagai peralatan bersih bersih, maka anda tidak akan membiarkan kotoran terlalu lama ada di rumah anda hanya karena pembersih yang anda miliki tidak bisa membersihkan kotoran atau noda tersebut.

8. Kurangi Tumpukan Kertas

Tumpukan kertas menjadi salah satu benda yang biasanya sangat mengganggu pemandangan karena bisa menyebabkan rumah kotor dan berantakan. Agar anda memiliki rumah yang bersih dan bebas dari tumpukan kertas tidak berguna, maka sisihkan waktu untuk menyortir semua kertas di rumah anda dan mulai mengarsipkan kertas kertas tersebut dengan tepat yang juga termasuk tips agar rumah selalu rapih.

Selain menyimpan dokumen penting dalam arsip, sebaiknya anda juga menggunakan teknik paperless yang jauh lebih ramah lingkungan serta lebih efektif untuk menghadirkan rumah yang bersih. Cara yang bisa anda lakukan adalah memakai scanner dan simpan dokumen dalam bentuk file yang siap di akses dengan memakai komputer.

9. Siapkan Laci atau Ruang Temporer

Memang tidak ada sesuatu yang sempurna untuk menghadirkan rumah bersih. Inilah sebabnya mengapa anda butuh sebuah laci khusus atau kabinet yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan hingga nantinya anda memiliki waktu untuk menyortir dan mengembalikan pada tempatnya masing masing untuk menghadirkan ciri ciri lingkungan sehat.

Laci atau kabinet yang bisa anda gunakan bisa berupa keranjang atau laci televisi berukuran besar dengan penutp khusus bahkan ruang pada garasi di sudut rumah anda. Jika anda bisa cermat memilih laci atau ruang, maka ini juga bisa diijadikan elemen dekoratif untuk rumah anda. Jika memang anda tidak memiliki waktu, maka anda bisa menggunakan laci atau ruang temporer tersebut untuk menciptakan rumah bersih secara instan.

Beberapa tips rajin membersihkan rumah yang sudah kami berikan di atas bisa anda terapkan untuk hunian anda masing masing. Dengan begitu, tampilan rumah anda bisa selalu tampak bersih, enak dipandang dan tentunya menambah kenyamanan. Semoga bisa bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik