Sponsors Link

12 Tips Membersihkan Rumah Tanpa Pembantu dengan Cepat

Setelah berumah tangga atau berkeluarga, beberapa orang lebih memilih menggunakan jasa pembantu untuk mengurus segala kegiatan rumah tangga mereka. Dari mulai memasak, menyetrika,mencuci baju juga membersihkan rumah mereka. Berbagai macam alasan yang membuat mereka harus menggunakan jasa PRT atau Pembantu Rumah Tangga. Ada yang sibuk karena harus bekerja dan meniti karir, ada pula yang karena lebih memilih fokus merawat anak. Sehingga kebersihan rumah pun jadi keteteran.

ads

Namun, ada saat dimana anda mungkin akan ditinggalkan oleh pembantu. Misalkan pada saat Hari Raya, pembantu pasti meminta izin untuk mudik atau pulang kampung. Akhirnya, anda harus mengerjakan sendiri segala urusan yang sudah biasa dikerjakan pembantu. Saat ini lah para ibu merasa tertantang.

Ada juga beberapa orang yang memilih untuk tidak memakai jasa pembantu rumah tangga untuk mengurus rumahnya walaupun tetap harus bekerja. Nah, bukan berarti kesibukan anda bekerja itu menjadikan alasan rumah anda tidak terurus ya. Sesibuk apapun anda tetap harus menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah anda. Karena rumah adalah tempat untuk menghilangkan kelelahan bersama keluarga dari pekerjaan yang setiap hari harus anda jalani. Berikut ini, ada beberapa tips membersihkan rumah tanpa pembantu:

1. Meletakkan Baju pada Tempatnya

Tips yang satu ini merupakan hal yang paling sepele yang bisa anda kerjakan. Namun, terkadang hal ini sering dilupakan. Tidak sedikit orang yang saat mengganti pakaian lebih memilih untuk melemparkan pakaiannya ke kursi atau tempat tidur, ada juga yang sering meninggalkannya di lantai. Cobalah untuk meletakkan pakaian anda ke gantungan yang sudah ada di kamar ataupun lemari. Atau jika anda malas untuk langsung meletakkan ke mesin cuci, anda bisa menaruh ember kering atau keranjang untuk menaruh baju-baju kotor anda. Jika anda bisa melakukan kebiasaan yang satu ini, anda bisa menghemat waktu saat anda bersih-bersih nantinya. Anda tidak perlu mencari atau mengumpulkan baju-baju anda yang kotor saat anda akan mencuci pakaian.

Baca juga :

2. Luangkan Waktu Bersih-Bersih di Pagi Hari

Sebelum anda pergi untuk bekerja, anda bisa meluangkan waktu sebentar untuk membersihkan rumah anda. Anda bisa melakukan hal-hal kecil seperti menyapu, mencuci piring, ataupun membuang sampah. Hal ini bisa anda manfaatkan sebagai cara anda berolahraga di pagi hari. Selain itu, saat anda meninggalkan rumah dalam keadaan sudah rapi dan bersih, anda akan beristirahat dengan nyaman saat anda pulang kerja nantinya. Dalam keadaan sudah lelah, anda melihat rumah anda dalam keadaan berantakan pasti sangat tidak nyaman. Nah, berbeda jika anda melihat rumah anda dalam keadaan bersih, anda bisa lebih nyaman dan bisa langsung beristirahat.

Baca juga:

3. Jangan Biarkan Barang-Barang Berserakan

Tidak hanya pakaian yang harus anda rapikan dan anda letakkan pada tempatnya. Barang-barang lain yang terdapat pada rumah anda juga biasakan anda letakkan pada tempatnya. Misalnya, kaset, buku, majalah, atau toples-toples makanan. Anda bisa membiasakan setelah anda menggunakannya, letakkan kembali pada tempatnya. Dengan ini, anda bisa tetap melihat rumah anda rapi dan bersih. (Baca: Cara Membasmi Semut di Rumah)

4. Mencuci Pakaian Sebelum Tidur

Karena proses mencuci memerlukan waktu yang tidak sebentar, anda bisa menggunakan waktu sebelum anda tidur. Ataupun malam hari sambil anda menikmati siaran televisi. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan teknologi mesin cuci. Biarkan mesin cuci bekerja untuk membersihkan baju anda. Dan anda bisa santai menikmati waktu istirahat. Anda bisa menjemurnya di pagi hari. Dengan begitu, anda lebih menghemat waktu pagi hari anda untuk mengurus rumah. (Baca: Penyebab Banyak Semut di Rumah)

Sponsors Link

5. Segerakan Mencuci Alat Dapur

Untuk anda yang lebih memilih memasak daripada membeli makanan yang sudah matang. Anda bisa langsung membersihkan mencuci alat dapur yang telah anda pakai. Misalkan, saat anda sedang menggoreng, anda bisa mencuci piring ataupun alat memasak yang lain. Hal ini sangat menghemat waktu anda untuk membersihkan dapur setelah masak. Karena, jika anda menunda-nunda untuk membersihkannya. Alhasil, anda akan merasa semakin malas, ditambah lagi jika peralatan yang harus dicuci semakin banyak. Anda juga pasti akan merasa sangat lelah.

Hal ini juga berlaku saat anda selesai makan. Anda bisa langsung membersihkan dan mencuci alat makan anda. Dengan begitu, tempat mencuci piring tidak dipenuhi dengan peralatan kotor. Dan rumah, khususnya dapur anda terlihat lebih bersih dan sehat.

Baca juga :

6. Jangan Menggunakan Dekorasi Kasur yang Berlebihan

Mungkin terlihat menyenangkan jika kasur anda penuh dengan bantal ataupun boneka sebagai dekorasi. Namun, hal itu akan membuat anda harus lebih ekstra dalam membersihkan kasur di pagi hari. Jika anda hanya menggunakan bantal ataupun selimut secukupnya, anda bisa lebih cepat dalam membereskan tempat tidur anda.(Baca juga: Penyebab Kecoa Datang ke Rumah )

7. Mengurangi Mainan Anak

Untuk anda yang sudah mempunyai anak, anda bisa mengurangi mainan anak anda. Memang, anak-anak pasti akan menyukai semua mainan yang ia miliki. Anda bisa memberi ke anak secara bergantian. Mainan yang tidak digunakan saat itu, bisa anda simpan dalam kardus ataupun box dan letakkan pada tempat yang tidak terjangkau oleh anak. Dengan begitu, rumah anda tidak dipenuhi dengan mainan-mainan yang berserakan. Anak pun bisa lebih bebas bergerak. (Baca juga: Fungsi ruang Tamu)

ads

8. Membuat Peraturan yang Baru

Ketika ditinggalkan oleh pembantu, anda bisa membuat peraturan yang baru. Hal ini ditujukan untuk mengurangi beban yang harus anda kerjakan. Anda bisa membuat peraturan seperti dalam hal mencuci piring. Buatlah peraturan kepada anak-anak untuk mencuci piringnya sendiri ketika habis makan. Ataupun, anda bisa mengajari anak anda dengan merapikan kamar tidurnya sendiri ketika mereka bangun. (Baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis)

Jika mereka menolak, peran anda sebagai ibu yang baik harus selalu dijalankan. Anda bisa menemani mereka dalam mencuci piring ataupun membersihkan kamar tidur mereka. Sampai akhirnya mereka memulai kebiasaan mereka sendiri. Cara yang satu ini juga dapat memberikan sebuah pendidikan dalam mengembangkan hal yang baik terhadap anak.

9. Bersihkan Kamar Mandi pada Malam Hari

Kamar mandi bisa anda bersihkan saat malam hari. Terutama saat anak-anak atau anggota keluarga lainnya sudah tidur. Hal ini dikarenakan saat malam hari, aktivitas untuk ke kamar mandi lebih sedikit bahkan bisa dikatakan tidak ada. Jadi, anda bisa lebih leluasa dalam membersihkan kamar mandi, tanpa anda khawatir akan ada yang mengganggu. Dengan cara membersihkan kamar mandi pada malam hari juga akan membuat anda bisa lebih santai di akhir pekan. Anda jadi bisa mempunyai waktu ekstra untuk berkumpul ataupun liburan bersama keluarga kesayangan anda. (Baca juga : Cara Menata Ruang Tamu)

10. Membersihkan Bagian Atas Terlebih Dahulu

Jangan sampai anda membersihkan lantai terlebih dahulu, namun keadaan langit-langit ataupun meja masih kotor. Jika hal ini dilakukan akan sangat memakan waktu anda. Anda kan kembali mengulangi menyapu dan itu akan sangat melelahkan. Mulailah dengan membersihkan langit-langit rumah anda, lemari, meja-meja dan juga bagian atas yang berdebu. Setelah hal itu anda lakukan dan sudah bersih, barulah anda melakukan penyapuan lantai dan mengepel. Jadi, anda tidak melakukan hal yang sia-sia dan membuang-buang waktu anda.

11. Pilihlah Alat yang Tepat

Dalam hal bersih-bersih, anda juga harus lebih cerdas dalam hal memilih peralatan yang akan anda gunakan. Misalnya, untuk membersihkan debu dan perabotan. Anda bisa menggunakan 2 lap di tangan yaitu lap kering dan juga lap basah. Gunakan lap basah untuk menghapus debu dan lap kering untuk menghilangkan sisa air dan juga residu. (Baca juga: Cara Menata Ruang Tamu Minimalis)

Untuk menyapu, anda bisa menggunakan sapu yang ringan agar tangan anda tidak mudah capek ataupun lelah. Gunakan juga sapu yang mudah menjangkau sela-sela atau sudut-sudut rumah. Gunakan pel yang meresap air. Hal ini dapat membuat lantai bisa lebih bersih dan juga cepat kering. Jika anda menggunakan pel yang tidak meresap air, alhasil lantai anda justru akan terlihat lebih kotor dan tidak cepat kering.

12. Setel Musik Saat Bersih-Bersih

Agar anda tidak terlalu lelah dan boring. Anda bisa menyetel alat musik untuk menemani pekerjaan bersih-bersih anda. Setel lagu favorit. Dan disarankan lagu yang ceria dan energik. Karena, anda bisa lebih happy ataupun senang dalam melakukan pekerjaan yang lumayan menguras energi tersebut. Anda bisa lebih enjoy tentunya.  Saat anda merasa enjoy ataupun nyaman, anda bisa dengan cepat membereskan pekerjaan bersih-bersih anda. (Baca juga: Cara Menata Kamar Tidur)

Demikian tips membersihkan rumah tanpa pembantu, agar rumah Anda tetap sehat dan bersih. Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa tips di atas untuk diterapkan. Semoga bisa membantu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kebersihan