Sponsors Link

6 Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Bersih

Tinggal di lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang bisa membiasakan diri untuk menjaga lingkungan tempat tinggalnya untuk tetap bersih. Maka dari itu diperlukan kesadaran untuk mendapatkan lingkungan yang bersih sehingga tempat tinggal yang ditempati ini tetap sehat. Untuk bisa membuat tempat tinggal bisa dihuni dengan nyaman tentunya perlu membiasakan diri untuk menjaga kebersihan rumah. Berikut ciri – ciri lingkungan sehat versi Rumah Lia :

ads

1. Lebih Nyaman Ditempati

Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan yang sehat dan bersih akan membuat tempat tinggal menjadi nyaman untuk ditempati. Keberadaan suatu tempat tinggal tentunya akan memiliki beberapa ruangan. Dan di antara ruangan – ruangan tersebut selalu ada tempat favorit, ruangan seperti kamar tidur  atau ruang tamu. Ruang tamu yang kecil dan sempit pun bisa akan membuat sudut rumah menjadi lebih nyaman untuk ditempati apabila memiliki lingkungan yang bersih. Bagian dalam maupun bagian luar akan terasa nyaman untuk ditempati sehingga bisa dijadikan tempat beristirahat yang menenangkan sekalipun ukurannya tidak besar. (Baca: Rumah Kayu Minimalis ).

2. Memiliki Aroma Yang Segar

Tempat tinggal yang bersih akan membuat aroma di sekitar ruangan menjadi lebih segar. Bukan hanya pengaturan fungsi ventilasi rumah saja yang memiliki pengaruh, hal ini bisa terjadi karena setiap benda tertata dengan rapi sehingga tidak menumpuk dan tidak menyebabkan hewan atau serangga bersarang dan menimbulkan bau yang tidak enak untuk hidung. Hal ini akan membuat penghuni rumah pun bebas menarik nafas dalam – dalam tanpa ada aroma tidak sedap yang mengganggu. Itulah Ciri-Ciri Rumah Sehat dan lingkungan yang bersih yang sangat berpengaruh untuk menjauhkan dari energi negatif. (Baca : Cara Membersihkan Rumah dari Energi Negatif ).

3. Bebas Dari Debu

Tidak pelak keberadaan debu bisa mudah sekali ditemukan. Apalagi di sebuah tempat tinggal yang sangat jarang dibersihkan. Apabila setiap area tempat tinggal dibersihkan secara teratur dengan Cara Membersihkan Debu dengan efektif, tentu dengan cara seperti itu tidak akan meninggalkan debu yang bisa terlihat di atas furniture atau Peralatan Rumah Tangga. Untuk (Baca : Cara Perawatan Dapur)

Adanya debu di atas perabotan rumah tentu bukanlah pemandangan yang ingin dilihat oleh tamu pada saat berkunjung. Cara menata rumah dengan perabotan yang teratur juga bisa membuat mood selalu dalam keadaan baik.

Baca juga :

4. Bisa Menjadi Tempat Kumpul Yang Seru

Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan adalah dengan membersihakn area tempat tinggal menjadi bersih, sehingga bisa membuat penghuninya merasa nyaman dalam melakukan aktivitas apapun. Aktivitas bersama keluarga dari dalam tempat tinggal sendiri akan menguatkan ikatan antara keluarga. Sehingga keberadaan tempat atau rumah akan semakin berarti dan akan selalu dijaga oleh masing – masing anggota keluarga.  Desain Rumah Minimalis merupakan desain rumah masa kini dengan aksen minimalis akan semakin membuat aktivitas keluarga semakin dimanfaatkan di dalam rumah.

5. Jauh Dari Hewan Pengerat

Hewan pengerat di dalam rumah yang  biasa dikenal dengan tikus memang sepertinya mudah ditemukan di rumah. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya area – area tertentu yang berada di dalam rumah yang kurang terurus. Seperti adanya gudang atau bagian dapur yang tidak terawat. Sehingga hal ini bisa membuat tikus betah dan juga berkembang biak. Namun, beberapa area di tempat tinggal juga bisa menjadi tempat tinggal semut sehingga semut lebih cepat keluar ketika ada makanan atau minuman yang tumpah. Hal yang harus anda lakukan adalah mengetahui Cara Membasmi Semut di Rumah dan juga Cara Membasmi Semut Api.

Artikel terkait :

6. Memiliki Saluran Pembuangan Yang Lancar Dan Baik

Saluran pembuangan yang benar tentunya sangat penting. Karena sistem pembuangan yang buruk bisa mengganggu kualitas air yang digunakan di dalam rumah. Sehingga, saluran pembuangan yang lancar dan baik menunjukkan bahwa tidak ada sampah atau kotoran yang tersangkut sehingga bisa menutup sirkulasi air. (Baca : Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat).

7. Membiasakan Diri Menjaga Kebersihan Rumah

Cara Menjaga Kebersihan Halaman Rumah dan tempat tinggal adalah tanggung jawab penghuninya dan harus anda ketahui. Meskipun, ada asisten rumah tangga yang bisa ikut membantu membersihkan rumah. Namun, yang paling bertanggung jawab adalah pemilik yang juga menjadi penghuni rumah. Untuk bisa membersihkan rumah secara teratur sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu Cara Menjaga Kebersihan Rumah. Kemudian, lakukan pembagian tugas pada penghuni rumah sehingga membersihkan rumah ini  akan terasa lebih ringan. Seperti kata pepatah bersih pangkal sehat. Maka dengan menjaga kebersihan secara tidak langsung menjaga tubuh untuk tetap sehat. (Baca : Ciri – Ciri Rumah Sehat ).


Maka dari itu, apabila membersihkan rumah adalah suatu hal yang berat untuk dilakukan sendiri, lakukan beberapa hal di bawah ini bersama keluarga.

  • Membagi Tugas Pada Penghuni Lainnya Di Rumah

Keberadaan anggota keluarga yang banyak tentunya akan menjadi keuntungan dalam pembagian tugas membersihkan rumah. Karena masing – masing akan memiliki peran untuk membersihkan area rumah termasuk yang berada di dalamnya. Pembagian ini bisa dimulai dari pembagian tugas yang paling berat diberikan kepada kepala keluarga yaitu ayah, kemudian akan semakin menurun tingkat kesulitannya ke ibu dan juga anak – anak.

  • Membagi Area Kebersihan

Area rumah yang luas mungkin terkadang membuat penghuni rumah merasa sedikit malas untuk mulai membersihkannya. Namun, hal ini bisa disiasati dengan membagi area – area mana saja yang akan dibersihkan. Mulai dari area depan rumah atau teras, area kamar dan ruang keluarga, area belakang atau dapur, juga termasuk area kamar mandi. Dengan membagi area – area tempat tinggal yang akan dibersihkan ini tentu akan membuat kegiatan membersihkan tempat tinggal ini menjadi lebih terarah dan tertata untuk dilakukan bersama anggota keluarga. (Baca : Cara Perawatan DapurCara Merawat Kolam Renang di Rumah, Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi  ).

  • Membuat Jadwal Kebersihan

Mungkin membuat jadwal kebersihan terdengar seperti anak sekolah yang memiliki kewajiban untuk piket membersihkan kelas. Namun, hal ini bisa menjadi hal yang efektif apabila hal ini diterapkan secara disiplin oleh penghuni rumah. Di antara kesibukan penghuni rumah tentu ada suatu waktu dimana kesibukan tidak terlalu padat. Sehingga, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan area tempat tinggal meskipun di rumah yang sederhana. (Baca :  Tips Membuat Rumah Sederhana ).


  • Lakukan Secara Teratur

Meskipun kesibukan penghuni rumah ini berlangsung setiap hari, namun membersihkan area rumah juga perlu dilakukan secara teratur. Karena, debu dan kotoran yang muncul juga tidak bisa hilang dengan sendirinya tanpa dibersihkan terlebih dahulu.

Dan apabila dibiarkan terlalu lama kotoran dan debu akan semakin menebal dan pada akhirnya lebih sulit untuk dibersihkan. Selain kebersihan kamar, desain kamar tidur di rumah juga bisa membuat tempat beristirahat menjadi lebih nyaman.

Ada juga hal yang lain yang mungkin terdengar sangat sepele untuk dijalani yaitu membuang sampah pada tempatnya. Terkadang, karena lokasi tempat sampah berada jauh dari tempat kita sedang berada pada saat itu membuat cara yang paling cepat dan mudah yaitu dengan meletakkan sampah di suatu sudut rumah.

Walaupun pada akhirnya akan dibuang juga, ada baiknya sampah itu langsung dibuang ke tempatnya. Sehingga tidak ada binatang seperti semut, kecoak atau tikus yang akan mencari makanan di tumpukan sampah tersebut. Karena benda – benda yang diletakkan menumpuk akan mengundang hewan – hewan yang mengganggu untuk berkumpul bahkan berkembang biak. Dan hal ini tentu bukanlah hal yang diinginkan oleh para penghuni rumah ( Baca : Penyebab Kecoa Datang Ke Rumah).

Artikel Lainnya :

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan