Sponsors Link

5 Cara Membuat Tangga Rumah yang Baik dan Benar

tangga rumahTangga rumah merupakan salah satu elemen jenis-jenis rumah tinggal yang perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai jenis-jenis tangga rumah yang dapat digunakan, mulai dari yang terbuat dari berbagai jenis kayu konstruksi, baja, alumunium dan sebagainya. Tangga rumah tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antara lantai dasar dengan lantai yang berada dibawahnya, namun tangga rumah juga dapat mempercantik tampilan rumah minimalis sederhana Anda. Membuat tangga rumah sebenarnya tidak begitu sulit lho! Hal ini dapat dilakukan dengan baik apabila Anda mengetahui cara membuat tangga rumah atau cara membuat tangga beton bertulang.

ads

Sebelum mengetahui tahapan cara membuat tangga rumah yang baik dan benar, Anda perlu mengetahui alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan ini. Berikut ini adalah alat dan bahan yang perlu Anda siapkan, yakni:

– Pipa galvanis.

– Kayu ukuran 5/4 x 4 m.

– Polywood ukuran 12 mm.

– Minyak bekisting.

– Paku ukuran 5, 7, 10.

– Gergaji. – Meteran.

– Palu.

– Scaffolding set.

– Pipe support.

– Lot atau waterpass.

– Benang.

Setelah semua alat dan bahan tersebut telah dikumpulkan seluruhnya, Anda dapat langsung memulai proses pembuatan. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat tangga rumah, yakni:

  1. Tahap persiapan pekerjaan

Tahap persiapan yang perlu dilakukan adalah menyediakan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Jika perlu Anda dapat membuat list kebutuhannya supaya tidak ada bahan yang tertinggal. Jangan lupa untuk membersihkan area kerja dari sampah atau barang-barang yang tidak diperlukan supaya proses pembuatan tangga dapat berjalan dengan lancar.

  1. Pelat badan tangga

Pelat badan tangga sebenarnya tidak perlu melalui proses pabrikasi khusus. Sebab pembuatannya dapat dilakukan langsung pada area kerja. Maka dari itu, yang Anda perlu lakukan adalah membuat kemiringan pada badan tangga serta gunakan pipa galvanis dengan panjang yang disesuaikan pada bentang tangga. Pipa galvanis tersebut nanti akan disusun menyesuaikan kemiringan tangga.

Sponsors Link

  1. Dinding tangga

Dinding tangga kemudian dibuat sesuai dengan ukuran tangga (tebal pelat + tinggi trape tangga). Proses pabrikasinya serupa dengan pabrikasi dinding balok.

  1. Anak tangga

Untuk membuat anak tangga, Anda dapat menggunakan polywood dengan ketebalan 12 mm. Polywood tersebut kemudian dipotong menyesuaikan tinggi trape (optrade) serta lebar tangga. Setelah selesai polywood kemudian diberikan rangka.

Setelah melalui proses persiapan, maka pekerjaan akan dilajutkan dengan proses pelaksanaan dan pemasangan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, yakni:

  1. Bordes tangga

Sebelum Anda memulai proses pembuatan bordes tangga, yang perlu Anda lakukan adalah mengukur ketinggian tangga dari bawah lantai keatas. Sehingga Anda dapat menentukan alat apa saja yang dibutuhkan pada saat proses pemasangan. Pemasangan bordes tangga biasanya dimulai dari pekerjaan balok bordes. Cara pemasangannya tidak berbeda jauh dari pemasangan balok biasa. Lalu pada bagian antar dinding balok dipasangkan kayu berukuran 5/7 dengan jarak maksimum 25 cm. Kayu ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti pipa karena bentangnya pendek. Setelah kayu selesai dipasangkan, Anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan memasang polywood dengan ukuran yang sesuai dengan bordes tangga.

  1. Badan tangga

Bagian badan pada tangga terbagi menjadi dua bagian, yaitu penghubung antara bordes dengan lantai yang berada di bawahnya, serta penghubung bordes dengan lantai yang berada diatasnya.

  1. Dinding tangga dan bordes

Apabila pekerjaan bordes dan tangga telah selesai dilakukan, kemudian pada tangga dipasangkan dinding tangga pada sisi kanan dan kiri. Serta tidak lupa dinding bordes pada bagian atas bordes dan badan tangga.

Sponsors Link

  1. Trape atau dinding anak tangga

Pemasangan anak tangga dapat dilakukan apabila Anda telah melakukan proses pengecekan pada kemiringan tangga, elevasi bordes, penggambaran trape pada bagian dinding badan tangga serta pembesian. Dinding anak tangga dipasang pada dinding badan tangga menyesuaikan dengan tanda pada dinding badan tangga. Lalu dipaku dari arah dinding tangga kearah bagian dalam.

  1. Tahap pembongkaran

Tahap terakhir dari proses pembuatan tangga adalah tahap pembongkaran. Pembongkaran dinding badan tangga dan trape biasanya baru bisa dilakukan setelah beton berusia 12 jam. Namun untuk bagian badan tangga dan bordes, baru dapat dilakukan setelah melalui tujuh hari atau mendapatkan izin dari pihak yang berwewenang.

Proses pembongkaran balok bordes sebenarnya hampir serupa dengan proses pembongkaran balok biasa. Proses pembongkaran badan tangga serta bordes ini dapat dimulai dari pengendoran jack base serta U-head. Setelah itu baru diikuti dengan proses pembongkaran lader atau pipe support  serta kayu. Apabila kayu telah selesai dibongkar, baru setelahnya Anda dapat membongkar bagian polywoodnya. Setelah semua item selesai dilepaskan, barulah pekerjaan pembuatan tangga ini bisa dirapikan kembali.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat tangga rumah yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Desain