Sponsors Link

6 Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit dan Kecil

Memiliki kamar sendiri tentu adalah hal biasa saat ini, terutama ketika pindah ke rumah baru atau baru selesai membangun rumah. Namun terkadang kondisi ruangan kamar yang kecil membuat kita sering bingung untuk mengisinya karena takut akan Kesalahan dalam Desain Interior akan semakin membuat kamar menjadi sempit. Sebenarnya ada beberapa cara atau metode Cara Mendesain Kamar agar kita bisa memasukkan perabotan kamar namun tetap menjaga tidak terlalu banyak menggunakan ruang kamar. Desain Kamar Tidur Minimalis sangat cocok sekali untuk kamar tidur yang sempit dan kecil.(Baca juga: Desain kamar tidur utama)

ads

Beberapa metode Cara Menata Kamar Tidur antara lain:

1. Tempat tidur

 Salah satu perabotan yang wajib mengisi kamar tidur tentunya adalah tempat tidur atau kasur. Oleh karenanya ketika mulai menyusun atau menata kamar, sebaiknya kita atur dari perabotan utama. Untuk Dekorasi kamar yang utama adalah menyesuaikan ukuran kamar yang kecil dengan memilih tempat tidur yang cocok. Tips menata kamar tidur sebaiknya kita memilih tempat tidur yang tidak begitu besar atau memiliki banyak hiasan. Cukup yang simpel dan datar, agar bisa dirapatkan ke dinding. Selain itu, kita lihat lagi fungsi tempat tidur atau kasur tadi. Jika yang menempati kamar tersebut hanya kita sendiri, maka sebaiknya kita membeli kasur yang berukuran untuk satu orang.

Jika kita memiliki teman sekamar misalnya (saudara atau teman kos), kita bisa memilih kasur ukuran satu orang namun dibawahnya terdapat fasilitas kasur tarik sehingga bisa digunakan sebagai pilihan. Di lengkapi pula dengan laci pada bgian pinggirnya, sehingga dapat menyimpan barang.

Tips Memilih Kasur selanjutnya adalah tempat tidur lain yang berukuran satu orang dengan bentuk bertingkat sehingga bisa di tempati di atas dan di bawah. Hal ini cenderung akan lebih menghemat tempat dalam kamar. Tips yang paling sederhana adalah menggunakan kasur tanpa tempat tidur (ranjang). Jadi ketika selesai digunakan kasur kemudian dapat dimiringkan ke dinding. (Baca juga: Cara menghias kamar)

Bahkan setelah majunya kreativitas pertukangan, kasur banyak yang diaplikasikan pada furniture dinding yang bisa dibuka dan dilipat ke dinding (menjadi sebuah furniture atau lemari) setelah dipakai. Hal ini menjadi solusi bagi anda yang menginginkan model tempat tidur tetap elegan dengan kesan mewah, namun tetap dapat dirapikan sesuai luasnya kamar.(Baca : Desain Kamar Tidur Utama Minimalis)

2. Lemari

Cara menata kamar tidur selanjutnya adalah peletakan lemari. Lemari tentunya perabotan yang juga penting untuk ditempatkan di dalam kamar. lemari menjadi tempat menaruh pakaian serta beberapa barang-barang lain milik kita. Dalam membeli lemari kita sebaiknya menyesauaikan dengan jumlah barang yang ingin kita simpan didalamnya. Hal ini bertujuan agar kita tidak terlanjur membeli lemari yang berukuran besar. Pada prinsipnnya, semakin banyak barang, tentu semakin besar pula lemari yang ingin kita gunakan. Oleh karenanya jika kita memiliki terlalu banyak barang, pikirkanlah alternatif penyimpanan pada lemari lain yang bisa dijadikan tempat penyimpanan.

Tetapi jika kemungkinan membeli lemari besar tidak dapat dihindari maka sebaiknya pilihlah lemari yang lebih cocok dengan situasi kamar yang kecil. Pilihlah lemari dengan ukuran panjang maksimal sepanjang dinding kamar, lebar lemari jangan terlalu lebar (lebih bagus memilih yang panjanng daripada lebar), serta lebih tinggi. Sehingga walaupun lemari tidak terlalu lebar, penyimpanan masih bisa banyak dikarenakan lemari memiliki bentuk yang lebih pangjang dan lebih tinggi. Tips tersebut merupakan Tips Menata Kamar Tidur agar nyaman.


3. Meja rias

 Desain Kamar Tidur selanjutnya adalah meja rias. Tentu bagi wanita, keberadaan perabotan ini sangat penting. Namun kadang ukuran kamar yang tidak memadai menyebabkan perabotan yang satu ini tidak dapat masuk lagi di dalam kamar. Hal ini tentu menyebabkan terganggunya diri dalam menata penampilan. Namun kita tidak perlu risau. Alternatif lain untuk Dekorasi Kamar yaitu lemari, yang dapat dicoba adalah dengan mendesain bagian lemari kamar menjadi dapat dimanfaatkan sebagai meja rias. Pada bagian dalam pintu lemari kita bisa menempatkan cermin kaca sehingga ketika kita mau bercermin, kita tinggal membuka pintunya. Sedangkan untuk melakukan tata rias, kita bisa memodifikasi lemari dengan mengubah rak pada bagian yang setinggi panggul kita yang dibut menjadi dua lapis, dimana lapisan bawah dapat ditarik keluar (layaknya laci keyboard komputer). (Baca juga: Tips menata rumah)

Lapisan atas pada rak tersebut dapat digunakan sebagai tempat alat make up. Sedangkan lapisan kedua (dibawahnya) hanya lapisan yang dapat ditarik untuk meluaskan lapisan atas sebagai meja rias. Tidak kurang pula kita bisa menempatkan pencahayan seperti lampu pada bagian dalam lemari tersebut yang bisa digunakan saat kita berias. Oleh karenanya adanya alternatif ini, kita hanya cukup menambahkan bangku kecil ke dalam kamar kita. (Baca juga: Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur)

Baca juga :

4. Pencahayaan dan pengecatan dinding

Cara mendekorasi kamar selanjutnya supaya ruangan kamar yang sempit memiliki kesan yang luas, maka kita bisa menyiasati berdasarkan efek visual dengan mengubah pencahayaan dan pengecatan dinding. Tips Memilih Cat  Yang Bagus Untuk Kamar Tidur sebaiknya kita menggunakan warna dinding lembut dan terang misalnya Cara Memilih Warna Cat dengan warna-warna hijau muda, warna cream, atau warna ungu terang. Untuk pilihan cat, pilihlah Cat Tembok Anti Lembab dan jamur, agar tembok tidak mudah rusak.

Untuk pencahayaan, sebaiknya kita menggunakan pencahayaan lampu putih yang terang. Semakin terang dan cerahnya ruangan, membuat kita tidak akan merasa bahwa ruangan kamar tidur tersebut tidak terasa sempit. Hal ini telah banyak dicoba oleh orang-orang yang memiliki masalah ruang kamar yang kecil.


Baca juga:

5. Hiasan kamar

Munkin kita biasa suka menambahkan berbagai hiasan pada ruangan, tidak terkecuali dengan kamar. dalam menempatkan hiasan pada kamar dengan ukuran kecil atau sempit, sebaiknya kita tidak menggunakan hiasan yang cenderung memakan tempat seperti vas bunga, patung dan lain sebagainya. Hiasan yang bisa kita gunakan adalah yang tidak memakan tempat seperti hiasan dinding. Kita bisa memasang hiasan dinding tergantung kesukaan kita serta dapat disesuaikan dengan keuangan kita. Hiasan dinding yang dapat dipasang bisa mulai dari poster, foto-foto, lukisan, kaligrafi. Atau anda bisa membuat sendiri  Cara membuat hiasan dinding dengan Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas, atau membuat Hiasan Dinding Dari Barang Bekas dan berbagai kerajinan hiasan dinding lainnya. Hal ini dapat membuat nilai tambah secara visual, namun tetap menjaga tidak menggunakan banyak dari ruang kamar.

6. Memilih barang tambahan

Cara agar menjaga ruangan kamar tidak semakin sempit adalah dengan memilih barang tambahan yang tidak perlu di taruh di dalam kamar atau bisa ditempatkan di ruangan lain di luar kamar. kita sering menampung barang-barang yang sebenarnya tidak perlu ditempatkan di dalam kamar berhubung luas kamar tidak begitu besar. Contoh misalnya kita menaruh telvisi dengan set videogame atau videomusik yang sebenranya bisa ditempatkan diruang keluarga atau diruang lain. Hal ini mungkin mengurangi privasi, namun hal ini dapat diterapkan untuk menjaga keluasan kamar. Beberapa barang lain yang bisa ditempatkan diluar kamar juga misalnya set komputer dan misalnya buku-buku dan raknya. Padahal buku-buku dan raknya tersebut dapat ditaruh diruang keluarga dan disusun rapi hingga dapat menjadi hiasan menambah ilai visual ruangan.

Artikel lainnya :

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik