Sponsors Link

10 Dekorasi Rumah Sederhana Tapi Mewah yang Mudah Dilakukan

Memiliki rumah sendiri yang sesuai dengan keinginan dan impian adalah pencapaian yang memuaskan bagi setiap orang. Lalu bagaimana jika Anda memiliki filosofi rumah minimalis sederhana, tapi impian rumah mewah masih terngiang-ngiang di kepala? Jangan resah dan gelisah, ada banyak cara untuk mendekorasi rumah Anda yang sederhana agar tampak mewah tanpa perlu mengeluarkan dana berlebih.

Ada banyak cara menata ruangan rumah dengan mudah tapi tetap nampak elegan dan tidak berlebihan. Renovasi kecil, tambahan dekorasi aksesori atau perubahan sedikit warna misalnya. Nah, tak perlu berlama-lama, yuk disimak 10 dekorasi rumah sederhana tapi mewah yang mudah dilakukan dan layak menjadi pilihan.

1. Pilih warna mewah elegan

Warna merupakan salah satu elemen desain yang paling menentukan tampilan suasana ruang  di dalamnya. Jika ingin menampilkan rumah mewah, dua tipe skema warna yang dapat dipilih adalah paduan netral nan lembut atau warna dramatis dan bold.

Anda dapat menggunakan paduan warna bumi seperti krem dan putih, warna monokrom seperti hitam, abu dan putih atau bahkann paduan warna bold seperti hitam, merah maupun emas. Tapi warna bold tidak untuk dinding mengeliling ya, hindari kesalahan dalam desain interior.

Semisal, Anda bisa menggunakan warna merah wallpaper corak di satu dinding sementara tiga dinding lain menggunakan warna yang lebih kalem seperti putih atau krem, lalu ditambahkan emas untuk aksen lampu, list dinding atau aksesori ruangan. Selalu gunakan warna cat rumah agar terlihat luas untuk rumah sederhana Anda.

2. Tentukan jenis pencahayaan buatan

Selain pencahayaan alami dari matahari yang masuk melalui jendela, setiap ruangan di dalam rumah tentu menggunakan pencahayaan ruangan dari lampu. Masalahnya, umumnya pemasangan lampu di rumah menggunakan jenis fitting yang biasa saja dan juga pilihan lampu yang standar. Untuk tampilan yang lebih mewah, Anda dapat menggunakan jenis fitting lampu gantung klasik atau lampu gantung dengan desain unik menarik yang mana dapat digunakan sebagai pusat perhatian maupun tampilan karya seni dalam ruangan Anda. Selain lampu gantung, Anda juga dapat menggunakan standing lamp atau lampu lantai yang kekinian. Anda dapat tempatkan standing lamp tersebut di ruang keluarga di dekat sofa untuk tampilan mewah dan elegan.

3. Gunakan wall décor

Wall décor atau dekorasi dinding berupa lukisan atau gambar print saat ini memang populer di dunia desain interior. Ada berbagai macam gambar yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari kaligrafi, gambar abstrak, gambar geometris sederhana, gambar tanaman hingga portrait diri sendiri. Anda bisa membeli wall décor di toko interior atau online shop yang memang banyak menjual berbagai jenis dekorasi dinding dengan berbagai ukuran. Atau jika ingin lebih murah, Anda dapat membuat sendiri seperti pada cara membuat hiasan dinding dari kertas atau membeli di toko barang bekas yang memang barangnya masih layak pakai seperti pada hiasan dinding dari barang bekas. Pilih wall décor dengan bingkai unik, vintage atau bingkai dengan warna emas. Jenis ini akan membuat ruangan Anda menjadi lebih mewah dan elegan. Anda juga dapat menata beberapa wall décor di satu dinding layaknya galeri di dalam rumah.

4. Pamer foto keluarga, kenapa tidak?

Selain menghias dinding dengan dekorasi lukisan, Anda juga dapat memperindah ruangan dengan foto keluarga. Tak hanya dinding, bahkan atas kabinet juga dapat dihiasi dengan foto aktivitas maupun transformasi keluarga Anda. Anda dapat memilih bingkai simpel berwarna emas ataupun putih untuk kesan lebih mewah.

5. Percantik ruangan dengan tirai

Tanpa tirai, maka ruang Anda akan terlihat seperti ruang yang belum rampung pengerjaannya. Tirai adalah salah satu pilihan paling mudah untuk membuat ruang sederhana agar tampak lebih mewah. Untuk menampilkan kesan mewah, hindari memilih tirai yang transparan. Pilih tirai dari bahan linen, katun ataupun sutra. Anda juga dapat menggunakan gantungan berwarna emas, silver atau bronzer untuk kesan yang lebih “mahal”.

Jika tidak terlalu sreg degnan tirai kain, Anda juga dapat menggunakan tirai bambu atau kayu. Sesuaikan saja dengan konsep ruangan yang Anda miliki agar interior semakin selaras. Untuk pemasangannya, ada baiknya untuk menggantung tirai dekat dengan plafon agar secara visual ruangan terkesan tinggi dan besar.

6. Tambahkan crown molding

Apakah ada yang bertanya-tanya dan tidak tahu crown molding itu jenis apa? Crown molding merupakan material yang menghubungkan dinding dengan plafon dan umumnya diletakkan mengeliling di atas ruangan. Dengan menggunakan crowm molding, ruangan yang semula biasa saja akan tampak lebih mewah dan klasik. Hal ini dikarenakan kemewahan terletak pada detail sebagai kuncinya. Untuk menambah efek mewah pada ruangan, Anda dapat menggabungkan beberapa jenis molding  menjadi satu, misalnya chair rails, crown ataupun ceiling beams. Untuk harga yang lebih terjangkau, Anda dapat menggunakan crown molding yang terbuat dari bahan plastik.

7. Bersih dari instalasi listrik

Nah, dekorasi rumah sederhana tapi mewah yang mudah dilakukan selanjutnya adalah bersihkan ruang dari kabel-kabel yang berseliweran dan dapat mengganggu keindahan visual ruangan. Upayakan untuk menyembunyikan kabel di belakang perabot dengan rapi. Atau Anda juga dapat menggunakan pipa pembungkus kabel yang berbentuk kotak dan berwarna putih yang biasa dijual di toko listrik terdekat.

8. Dekorasi mewah atau sederhana?

Pilihan dekorasi aksesori merupakan poin penting yang krusial, karena aksesori adalah elemen yang bisa membuat serba salah. Minim membuat ruang kosong, banyak membuat ruang tampak norak dan berat, pun dengan pilihan detail maupun warna aksesori itu sendiri. Jika Anda ingin memiliki ruangan yang mewah namun elegan, pilih aksesori dengan bentuk sederhana tapi memiliki warna keemasan. Tapi ingat, kuantitasnya jangan terlalu banyak ya!

9. Percantik dapur dengan meja bar

Untuk menghemat tempat makan, solusi yang dapat digunakan untuk rumah sederhana agar tampak lebih mewah adalah dengan menggunakan meja bar di dapur. Jadi selain mewah dan berkelas, kantong juga tetap aman karena dapat menghemat uang untuk membeli satu set meja makan bukan?

10. Lemari display untuk pajangan

Jika Anda memiliki banyak aksesori atau pajangan, Anda bisa menempatkan koleksi tersebut di satu lemari display kaca dan letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga seperti pada cara menata ruang tamu minimalis. Dengan begini ruangan akan menjadi lebih ringkas dan barang tidak terlalu banyak tercecer di setiap sudut rumah. Pajangan koleksi dapat menjadi elemen interior yang menarik bila Anda juga pintar memilih lemari display yang berkelas.

Nah, itu tadi beberapa dekorasi rumah sederhana tapi mewah yang mudah dilakukan dan sudah barang tentu akan semakin mempercantik interior rumah Anda. Pastikan konsep yang Anda pilih sesuai dengan budget tips membuat rumah sederhana dan sesuai juga dengan kesukaan Anda maupun anggota keluarga lain agar Anda dan keluarga selalu merasa nyaman dan betah di rumah. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Desain