Sponsors Link

17 Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Setelah membeli atau membangun rumah, maka kita perlu tahu bagaimana Cara Menata Rumah agar tampak rapi dengan menata segala bagian ruang dari rumah. Rumah sendiri dapat memiliki ruang kamar, ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, ruang dapur, dan beberapa ruangan tambahan lainnya. Salah satu ruangan yang cukup penting adalah ruang tamu. Bahkan rasanya saat ini tidak ada rumah yang dibangun tanpa menyediakan atau memiliki fasilitas ruang tamu. Hal tersebut memang benar sebab sebagai manusia, kita merupakan makhluk sosial yang butuh selalu berinteraksi dalam segala pertemuan termasuk diantaranya di rumah.

ads

Karena hal tersebut tentu saat kita menempati rumah baru, maka ruang tamu menjadi sebuah objek ruang yang juga penting untuk ditata. Fungsi Ruang Tamu adalah untuk menyambut serta berbincang dengan keluarga jauh, sahabat atau kerabat, kolega atau rekan kerja, serta tempat berkumpul jika ada acara. Oleh karenanya bagi beberapa orang tentu menata ruang tamu sebaik mungkin juga prioritas utama.

Salah satu konsep menata yang sekarang banyak diminati adalah konsep ruangan minimalis. oleh karenanya, sebaiknya kita perlu mengetahui sebaiknya bagaimana Cara Menata Ruangan Rumah terutama untuk ruang tamu dengan Desain ruang tamu minimalis yang baik :

1. Ketahui dan sesuaikan ukuran ruangan

Ketika kita selesai membangun atau membeli rumah maka tentu ruang tamu telah terbentung dengan ukuran sesuai dengan batasan dinding. Oleh karenanya kita perlu mengetahui seberapa besar luas atau ukuran ruang tamu tersebut. Mengetahui bagaimana Cara Menata Rumah Sempit dengan Cara Menata Ruang Tamu ukuran kecil atau luas ruang tamu sangat penting peranannya. Kita harus terlebih dahulu mengetahui  dalam mendekor bagian dari ruang tamu tersebut, apalagi dengan konsep ruang tamu minimalis. Sebagaimana diketahui bahwa konsep ruang tamu minimalis merupakan konsep yang juga berlaku sama dengan bagian seluruh rumah dengan konsep minimalis. dimana kita memanfaatkan keterbatasan ukuran atau luas, namun membuat ruang tersebut terlihat lapang. (Baca juga: Desain kamar tidur minimalis)

Konsep utama yang perlu dipahami Cara Menata Rumah Minimalis terutama untuk ruang tamu adalah mengisi perabotan dengan Tips memilih pertisi ruangan minimalis yang sesuai dengan ukuran ruangan. Dalam hal ini maksudnya adalah kita tidak terlalu banyak mengisi perabotan yang dapat memenuhi ukuran ruangan, serta ukuran perabotan tersebut juga tidak terlalu besar, sehingga tampak sederhana dan tidak memenuhi tempat. Untuk itulah, Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis untuk ruang tamu perlu anda pelajari agar nantinya tidak ada Kesalahan dalam Desain Interior

Makna dari kedua hal tersebut adalah tampakan ruangan minimalis bukan dilihat dari banyaknya arau besarnya perabotan tersebut. Pada konsep minimalis, menampakkan dinding atau tembok yang telah dicat dan disesuaikan dengan warna perabotan adalah salah satu nilai utama. Sebab, menampakkan atau menampilkan kesan dari dinding rumah, atau membuat warna dinding rumah yang juga dapat berbaur dengan perabotan juga merupakan konsep minimalis sederhana. (Baca juga: Rumah minimalis)

Oleh karenanya, jangan sampai kita membeli perabotan yang banyak atau terlalu besar sehingga menutupi banyak dinding. Sebab justru akan membuat ruang tamu terlihat ramah dan jauh dari kesan minimalis. Disisi lain konsep minimalis yang dikembangkan juga sebenarnya dapat bermakna bahwa kita menggunakan segala sumber bahan ataupun perabotan dengan harga ekonomis, namun mampu membuat kesan ruang tamu tersebut terlihat mewah dipandangan orang.

Artikel terkait :

2. Pilih cat yang tepat

Memilih atau menggunakan wallpaper juga sangat berperan dengan konsep rumah minimalis. pewarnaan ruang tamu minimalis dapat dengan Cara Memilih Warna Cat menggunakan kombinasi warna, baik warna mencolok atau cerah. Namun kombinasi warna tersebut dibuat tampak saling menyatu atau seolah menampilkan sebuah kombinasi pasangan warna yang cocok. warna dinding sedapat mungkin dibuat berkesan hidup atau memberikan nilai yang dapat dipandang orang lain.

Selain itu, kita perlu memikirkan Warna Cat Rumah Elegan untuk desain ruang tamu minimalis, apa yang mungkin cocok dengan warna perabot yang akan dibeli. Jangan mengecat dinding dengan warna yang sulit dicari dalam membeli perabotan. Sebab keselarasan warna dinding dengan perabot menampilkan kesan sederhana dan lapang. Pilihlah Cat Tembok Anti Lembab dan jamur, agar dinding anda awet dan tidak mudah jamuran. Selalu rajin mengganti cat dinding adalah satu Cara Mengatasi Dinding Tembok Lembab Dan Berjamur

3. Pilih sofa atau kursi

 Tips Memilih Sofa dalam membeli perabotan khususnya sofa atau kursi perlu pertimbangan dan pemikiran, model dan warna apa yang sesuai untuk Model sofa untuk ruang tamu kecil atau kursi dengan warna cat dinding. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan kesan warna yang tidak terlalu ramai. Warna tersebut tidak harus sama, namun dapat membuat orang yang memandangnya merasa cocok. sebab, sofa atau kursi tersebut akan menjadi objek pandangan dengan latar warna cat dinding. Hal ini ibarat kita menggambar atau memotret suatu objek yang memiliki latar sesuai dengan objek tersebut. (Baca juga: Model sofa untuk ruang tamu kecil)

Model sofa berbentuk setengah lingkarang banyak digunakan untuk mendesain ruang tamu minimalis karena desainnya yang sangat irit tempat dengan hanya beberapa sofa. Untuk model kursi minimalis, biasanya kursi minimalis hanya terdiri dari 2 kursi yang berukuran panjang atau model biasa dengan ukuran kecil.

Sponsors Link

4. Pilih hiasan ruang

Dalam menata ruang tamu dengan konsep minimalis, kita juga dapat menempatkan hiasan pada ruang tamu. Contohnya saja seperti Hiasan Dinding Dari Barang Bekas dengan Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas. Namun disini hiasan yang digunakan bukan suatu objek benda yang berukuran besar. Berbeda dengan kebanyakan rumah kebanyakan dibawah tahun 2010-an yang cenderung menempatkan objek besar, misalnya sebuah lemari kaca besar yang kemudian diisi dengan hiasan berupa patung atau miniatur kaca, keramik-keramik, atau boneka-boneka. Pada konsep hiasan ruang tamu minimalis dibuat lebih sederhana dan tidak terlalu ramai. Disini, funsgi hiasan ditekankan hanya sebagai pelengkap nilai visual, bukan sebagai objek utama dari visual ruangan.

Pada ruang tamu sendiri, kita bisa menempatkan rak buku kecil dengan buku-buku yang secara monoton tersusun rapi, atau sebuah vas bunga kecil, hiasan kerajinan tangan sederhana, atau bahkan sebuah gambar atau semacam lukisan. Pada konsep ruangan minimalis, kebanyakan saat ini menggunakan hiasan dinding seperti lukisan sebagai hiasan ruangan. Hal tersebut selain memberikan kesan sederhana, juga tidak membuat ruangan tampak terlalu ramai. Disisi lain, pemanfaatan jenis-jenis hiasan dinding sebenarnya lebih mendukung konsep ruang minimalis. dimana hiasan dinding tidak membutuhkan tempat atau ruang lantai yang cukup banyak dalam penempatannya.

Baca juga :

Sponsors Link

5. Penerangan ruang

Konsep penerangan ruangan tamu minimalis sebaiknya dibuat cerah atau terang. Hal ini bertujuan agar dapat membuat seluruh warna ruang dapat terlihat hidup dan menyatu. Dengan adanya cahaya, maka permainan kombinasi warna yang kita terapkan baik dalam pengecatan dinding maupun perabotan dapat terlihat hidup dan memberikan kesan yang kuat. Selain itu, ruang yang terang memberikan kesan yang hangat, serta bersih. Sehingga dapat membuat orang yang berada diruangan tersebut dapat bersemangat. Pencahayaan sendiri dapat menggunakan sistem :green energi” dengan artian menggunakan sumber yang natural.

Pada siang hari kita bisa memanfaatkan sumber penerangan dari cahaya matahari. Sebisa mungkin cahaya matahari tidak langsung dapat masuk ke ruangan. Oleh karenanya, pada konsep ini diperlukan ruang tamu yang memiliki struktur ventilasi atau jendela yang lebih lapang sehingga bisa cahaya bisa masuk dari luar rumah. Sedangkan pada malam hari, kita dapat menggunakan penerangan lampu. Untuk warna pencahayaannya sebaiknya kita menggunakan bohlam atau lampu yang memiliki warna pancaran putih. Hal tersebut dapat memberikan kesan cerah, serta mampu membuat warna ruangan tampak netral.

6. Pilih desain jendela dan pintu

Pilihlah Pintu Rumah desain pintu model 2 pintu dengan jendela yang besar, agar ruang tamu terlihat luas. Atau anda juga bisa membuat Desain Pintu Geser yang sangat hemat tempat dengan ukuran ruang tamu anda yang kecil. Cara Membuat Pintu dan jendela bisa dengan kayu, triplek, atau dengan aluminium. Memilih  Jenis-Jenis Pintu dan rumah khusus untuk pintu ruang tamu tentunya harus dipertimbangkan secara mantang.

Artikel terkait tentang pintu dan jendela:

7. Pilihan model tirai

Untuk pemilihan model tirai ada dua pilihan model tirai yaitu model kupu-kupu dan pita. Dua jenis model tersebut banyak digunakan untuk desain ruangan minimalis. Bentuknya yang manis dengan warna-warna pilihan yang bisa disesuaikan dengan warna cat dinding atau warna sofa/kursi. Atau, dengan model tirai biasa tapi memiliki motif bunga dengan warna yang terang dan juga dengan warna polos tanpa motifpun bisa anda padukan dengan warna cat rumah atau sofa/kursi ruang tamu anda.

Tips Memilih Gorden tentulah harus disiasati dengan berbagai pililhan warna, model yang sesuai dengan ruangan yang akan kita pasang, seperti pada ruangan tamu. Untuk bahan, biasanya bahan yang digunakan adalah bahan linen yang tentunya sangat tebal dan lembut. Atau, jika anda merupakan wanita kreatif, Cara Membuat Gorden Minimalis bisa anda coba dengan kreasi dan ide anda sendiri. (baca : Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu)
8. Pilihan wallpaper yang tepat
Wallpaper bisa dijadikan pengganti cat jika anda ingin merubah suasana tamu anda menjadi lebih rame dan ceria. Fungsi Wallpaper Rumah sebagai pengganti cat bisa berfungsi untuk menutupi dinding yang retak atau bolong karena paku. Ada banyak pilihan motif wallpaper yang cocok untuk ruang tamu anda. Hanya saja, harga wallpaper sangat mahal jika dibandingkan dengan cat. Tetapi, masih banyak mereka menggunakan wallpaper walaupun tergolong mahal.
Cara lain cara menata ruang tamu minimalis :
  • Tambahkan karpet pada ruang tamu agar rapi
  • Tambahkan rak buku jika anda hobi membaca buku. Anda bisa letakkan di sudut ruangan
  • Jangan ada penyekat ruangan jika anda ingin ruangan tetap luas

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 15:53 Oleh :
Kategori : Ruang Tamu