Sponsors Link

11 Inspirasi Sederhana untuk Ruang Tamu Mungil agar Lebih Lapang

Ruang tamu mungil yang umumnya berukuran 3×3, kurang lebih, dapat dibilang adalah ruang yang terbatas. Memiliki ruang tamu mungil dengan banyak ide di pikiran memang terasa membatasi kreasi kita untuk menata interiornya.

ads

Tapi tidak perlu khawatir, selain mengikuti tips cara menata ruang tamu maupaun cara menata rumah minimalis, berikut ini adalah tambahan 11 inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil agar lebih lapang, indah dan nyaman.

1. Dominasi warna putih

Warna putih adalah warna yang aman digunakan untuk ruang-ruang sempit. Hal ini dikarenakan putih menimbulkan kesan yang ringan. Aplikasi warna putih dapat ditempatkan untuk warna dinding, sofa atau penutup bantalan kursi Anda. Penambahan aksen alami seperti motif kayu atau rotan akan menambah indahnya ruang tamu mungil Anda.

2. Tampak modern minimalis dengan warna monokrom

Nah, selain warna putih, Anda juga dapat menggunakan paduan warna monokrom untuk ruang tamu mungil Anda. Terlebih jika Anda adalah penggemar berat ruangan modern minimalis yang  memiliki rumah minimalis. Warna monokrom yang digunakan berkisar antara rangkaian warna putih, abu-abu muda, abu-abu tua dan hitam. Tapi untuk ruang tamu yang mungil, ada baiknya warna hitam tidak terlalu medominasi. Anda dapat mengaplikasikan warna hitam pada bingkai gambar, bantalan sofa atau kaki meja. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan dominasi warna putih pada dinding atau perabot yang berukuran besar.

3. Klasik elegan

Lawan dari modern minimalis adalah klasik. Bagi penggemar interior klasik, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan gaya ini untuk ruang tamu mungil Anda. Gaya klasik masih bisa digunakan lho, hanya saja musti memilah-milah kembali mana yang baik diaplikasikan dan mana yang tidak.

Gunakan warna pastel untuk ruang tamu mini klasik, warna-warna bumi seperti krem, coklat muda, beige, olive ataupun coklat tua. Untuk penggunaan wallpaper, Anda dapat menempatkan wallpaper di salah satu sisi ruangan saja, tidak perlu keempat sisinya seperti pada tips memilih wallpaper dinding pada ruang tamu.

Pemilihan motifnya pun gunakan yang sederhana, seperti geometri vertikal. Jika inigin menggunakan floral, pilih motif dengan ukuran yang kecil, karena bunga besar akan semakin membuat ruangan terlihat berat. Untuk dekorasi aksesori, gunakan bentuk yang simpel dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini agar membuat ruangan Anda tidak terkesan terlalu penuh.

4. Vintage ala rumah nenek

Lain lagi dengan penggemar vintage yang memiliki ruang tamu sempit. Seperti halnya pilihan warna klasik yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat juga menggunakan warna-warna bumi. Padukan dengan lantai dan dinding berwarna putih. Gunakan dinding kaca untuk kesan yang lebih modern.

5. Gunakan cermin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cermin dapat membuat ruang yang sempit menjadi lapang. Tidak percaya? Coba tengok unit beberapa unit di apartemen yang memang banyak menggunakan dinding cermin agar ruang apartemen yang sempit terlihat lebih lapang atau pada cara menata ruangan kamar yang sempit.

Tempatkan cermin di salah satu dinding Anda. Tidak hanya cermin gantung, dinding dengan cermin sepanjang lantai hingga langit-langit pun akan nampak cantik dan voila! ruang Anda terlihat semakin lapang kan? Untuk cermin gantung atau standing mirror ada baiknya untuk menggunakan cermin frameless dan tidak menggunakan frame yang terlalu besar dan banyak ukiran agar ruangan tidak terkesan penuh.

6. Jendela besar

Selain cermin, elemen desain yang merupakan inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil agar lebih lapang adalah penggunaan jendela besar. Jendela besar yang memperlihatkan pemandangan luar rumah akan membuat ruang lebih menyatu dengan lingkungan. Akan lebih baik jika jendela besar ini tidak menggunakan tirai agar kesan lapang dapat tetap dipertahankan. Namun jika Anda merasa tidak aman, Anda dapat menggunakan tirai polos yang tidak bermotif dengan gantungan yang juga sederhana. Tempatkan tirai agak di atas jendela dengan panjang yang menyentuh lantai. Dengan begitu ruang tamu mungil ada akan berkesan tinggi.


7. Karpet polos

Selain tirai polos, untuk Anda para penggemar karpet, Anda juga dapat menggunakan pilihan karpet yang juga berwarna polos. Pillih warna yang sesuai dengan warna keseluruhan ruang tamu Anda atau Anda juga dapat menggunakan warna-warna netral terang seperti putih, abu-abu muda atau krem. Ikuti tips memilih karpet ruang tamu agar Anda dapat mendapatkan desain yang apik dan sesuai dengan selera.

8. Perabot mini untuk ruang tamu mini

Ada baiknya jika mendekorasi interior ruang yang mungil Anda memilih perabot yang tidak terlalu besar. Pilih perabot yang memiliki kesan ringan. Kesan ringan ini dapat dilihat dari ukuran yang tidak terlalu jumbo, model perabot yang simpel dengan tidak banyak ukiran atau detail dan finishingnya yang berwarna ringan, tidak heboh. Anda bisa menggunakan model Scandinavian yang didominasi dengan kayu berwarna cerah atau contoh model sofa untuk ruang tamu kecil. Selain itu lampu standing minimalis dengan finishing bahan besi atau chrome yang berbentuk simpel dapat dijadikan paduan yang sempurna.

9. Moveable furniture

Tak hanya perabot mini, pilihan untuk menggunakan moveable furniture atau perabot yang dapat dengan mudah dipindahkan juga cocok untuk ruang tamu mungil. Salah satu contohnya adalah meja dengan roda. Anda dapat menaruhnya di sudut jika meja tersebut tidak sedang digunakan. Dengan begini ruang tamu mungil Anda akan terlihat lebih lapang.

10. Gunakan furnitur built-in

Apakah itu furnitur built-in? Furnitur built-in adalah perabot yang paten dan tidak dapat dipindah. Untuk ruang tamu Anda yang mungil, akan lebih cantik bila menggunakan kursi built-in yang ditempatkan di kedua sisi ruang. Dengan begitu ruang tamu mungil Anda akan tampak lebih luas tanpa termakan area sirkulasi. Meja yang dibutuhkan juga dapat menggunakan meja built-in yang ditempatkan di sudut antara busa bangku. Agar dapat lebih memaksimalkan fungsi, Anda dapat menambahkan laci atau kabinet berpintu di bagian bawah kursi sebagai tempat penyimpanan.

11. Hiasi dengan tanaman gantung

Bagi Anda pecinta tanaman hias yang gemar menaruh tanaman di dalam rumah, ada satu solusi apik untuk ruang tamu Anda, yaitu dengan menggunakan tanaman gantung. Saat ini banyak pilihan yang unik dan cantik untuk menggantung tanaman di dalam rumah, tidak hanya menggunakan pot plastik gantung atau gantungan dengan kawat.

Ada pilihan berupa hiasan tali yang unik dan cantik. Dengan menggantung tanaman, Anda akan lebih menghemat space di bawah atau di perabot yang lain. Sehingga tanaman Anda tidak makan tempat yang memang sudah terbatas di ruang tamu.

Itulah tadi beberapa inspirasi sederhana untuk ruang tamu mungil agar lebih lapang agar tetap tampak elegan. Menghias ruangan tidak perlu dengan sesuatu yang mahal, cukup pintar-pintar memiliha barang dan warna seperti pada tips menata rumah. Cukup mudah bukan?

, , , ,



Oleh :
Kategori : Ruang Tamu