Sponsors Link

6 Tips Membuat Rumah Sederhana dan Unik

Rumah – tempat di mana kita tinggal dan menetap, berlindung dari pengaruh alam sekitar kita, dan juga tempat di mana kita mengistirahatkan diri kita setelah lelah melakukan aktivitas setiap harinya.

ads

Rumah juga adalah tempat di mana sebagian besar aktivitas kita berlangsung. Kita makan dan minum di dalam rumah setiap saat. Kita juga terkadang bekerja dan bermain bersama keluarga di dalam rumah.

Sebagai tempat kita menetap, melakukan berbagai aktivitas, serta beristirahat, rumah tentu saja memiliki beberapa fungsi penting.

  • Tempat kita berlindung dari pengaruh alam sekitar kita.
  • Tempat beristirahat setelah beraktivitas sepanjang hari.
  • Hunian tetap dimana kita juga melakukan aktivitas.

Sekarang ini, walaupun telah tersedia banyak sekali rumah siap huni yang dibangun oleh para developer, tetap saja sebagian orang masih lebih senang membangun rumah mereka sendiri, tentunya dengan selera masing-masing.

Sebelum Anda mulai membangun rumah impian Anda sendiri, ada beberapa tips yang patut Anda perhatikan sebelum membangun rumah sederhana Anda, yang akan diulas berikut ini mengenai tips menbuat rumah sederhana.

1. Lokasi Tanah dan Bangunan

dijual-tanah-200m2-depan-tol-petukanganTips pertama untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah menentukan lokasi tanah dan bangunan dimana Anda akan membuat atau membangun rumah hunian Anda.

Rumah sebagai tempat Anda tinggal dan menetap harus dan wajib dibangun di lokasi dan tanah yang tepat untuk menghindari kemungkinan bahaya rumah tusuk sate yang bisa saja terjadi pada saat proses pembuatan rumah sedang berlangsung.

Sebelum membuat rumah, Anda juga terlebih dahulu harus melengkapi beberapa syarat, agar nantinya rumah yang Anda buat atau bangun tidak mengalami masalah di kemudian hari, entah apakah masalah tersebut terkait tanah atau bangunan rumah Anda.

Baca juga Cara Jual Beli Tanah

2. Menentukan Desain

desain-rumah-minimalis-sederhana-5Tips kedua untuk Anda yang ingin tahu cara membangun rumah sederhana atau Cara Membuat Rumah Kayu Minimalis adalah menentukan desain dan juga model dari rumah yang akan menjadi tempat Anda tinggal.

Desain rumah bisa berupa rumah mewah dengan lantai yang terdiri dari 1 atau 2 lantai. Bisa juga berupa rumah minimalis yang nyaman dan juga sederhana. Namun, ada baiknya jika Anda membuat rumah dengan desain rumah minimalis berbagai type.

Mengapa Anda harus membuat rumah dengan desain rumah minimalis? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membangun rumah minimalis.

Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana sangatlah mudah dan simple. Karena, rumah minimalis tidak perlu memerlukan banyak perabotan dan furniture karena itu akan memakan tempat dan ruang. Jenis Rumah Minimalis Sederhana dan modern ini banyak menjadi pilihan masyarakat untuk membangun sebuah rumah.

Info terkait :


3. Menentukan Pintu

desain-pintu-rumah-minimalis-modern-6y4Tips ketiga untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah menentukan jenis Pintu Rumah Minimalis yang akan digunakan pada rumah Anda.

Sekarang ini, telah banyak jenis-jenis pintu rumah yang sudah disediakan untuk membuat rumah sederhana Anda. Ada yang membuat pintu geser dari triplek, ada juga yang membuat pintu aluminium kaca minimalis, dan ada juga Desain Pintu Geser dimana cara membuat pintu geser dengan bahan kayu di desain dengan hemat tempat.

Penentuan pintu rumah pada saat membuat rumah sangat penting, terutama menentukan Jenis Jenis Grill Rumah karena fungsi dari pintu rumah itu sendiri yang juga sangatlah penting bagi rumah Anda.(Baca : Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci)

  • Sebagai pembatas antar ruangan di dalam rumah.(Baca : Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis)
  • Sebagai akses keluar dan masuk dari dan/atau ke dalam rumah.
  • Sebagai tempat udara dan cahaya masuk

4. Menentukan Jendela

51Tips keempat untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah menentukan jendela.

Sama halnya dengan menentukan pintu rumah, menentukan jendela yang akan dipasang di rumah Anda juga sangat penting.

Sama seperti pada pintu rumah, sekarang ini telah banyak jenis-jenis jendela rumah yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan jendela bersekat enam minimalis dan unik. Anda juga bisa menggunakan jendela aluminium praktis dan modern. Penentuan jendela rumah ini penting dalam membuat rumah, karena fungsi dari jendela rumah sama dengan Fungsi Ventilasi Rumah

Fungsi jendela rumah :

  • Tempat masuknya cahaya.
  • Tempat udara bersirkulasi.
  • Membuat pandangan ke luar rumah jadi lebih luas.
  • Memberikan efek tenang dan santai di dalam rumah.
  • Mempermanis tampilan rumah.

5. Menentukan Kusen

kusen-alumunium-warna-coklat-2Tips kelima untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah menentukan kusen.

Menentukan kusen sangat penting dalam membuat rumah, karena kusen akan dipasang terlebih dahulu sebelum Anda memasang pintu dan jendela rumah.

Dalam menentukan kusen, Anda bisa menggunakan jenis-jenis kusen yang sudah banyak tersedia.

Anda bisa menggunakan kusen dengan cara membuat kusen kayu jati untuk kesan artistik dan elegan.

Anda juga bisa menggunakan kusen dengan cara membuat kusen aluminium minimalis untuk kesan praktis dan modern. Setelah membuatnya anda juga harus mengetahui Cara Memasang Kusen Aluminium karena pemasangan kusen kayu dan aluminium berbeda.

Sama seperti pada pintu dan jendela rumah, penentuan kusen sangatlah penting. Ini karena fungsi kusen juga penting dalam pembuatan rumah. Dan juga karena kusen akan dipasang terlebih dulu sebelum pintu dan jendela.

  • Sebagai konektor/penghubung antar ruangan.
  • Sirkulator udara dan sinar matahari.
  • Membuat tampilan rumah lebih menarik.

6. Memperhatikan Lingkungan

klenderTips keenam dan terakhir untuk Anda yang ingin membuat atau membangun rumah sederhana adalah memperhatikan lingkungan.

Memperhatikan lingkungan di sekitar lokasi rumah Anda sangatlah penting.

Dengan memperhatikan lingkungan di lokasi sekitar rumah Anda, Anda pun bisa mengetahui cara menjaga kebersihan rumah dan lingkungan yang tepat untuk rumah Anda.

Memperhatikan lingkungan di sekitar lokasi Anda membuat rumah sangatlah penting karena ada beberapa alasan yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Ada beberapa tips tambahan yang patut Anda perhatikan dalam membuat rumah sederhana idaman Anda.

  • Pastikan harga bahan-bahan dalam membuat rumah terjangkau.
  • Pekerjakan tukang bangunan.
  • Pergunakan jasa konsultan.

Artikel Lainnya :

Jika Anda sama sekali tidak mengerti mengenai bangunan dan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat rumah, Anda sebaiknya mempekerjakan tukang bangunan yang sudah ahli dan berpengalaman.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik