Sponsors Link

10 Cara Membuat Pintu Geser Kayu Hemat Tempat

Sponsors Link

Salah satu dari berbagai Desain Rumah Minimalis terutama untuk jenis-jenis pintu rumah adalah Desain Pintu Geser. Salah satu dari berbagai Desain Rumah Minimalis terutama untuk jenis-jenis pintu rumah adalah pintu geser. Pintu geser tidak memerlukan area yang cukup besar untuk membukanya, oleh karena itu pintu model ini biasanya dibuat untuk Pintu Rumah Minimalis dan sangat cocok diletakkan di ruangan rumah yang sempit. Namun bukan berarti rumah yang luas tidak cocok menggunakan pintu geser. Pintu geser dapat terbuat dari kaca, kayu atau aluminium.Cara Membuat Pintu Geser dari TriplekCara Membuat Pintu Aluminium , dan Cara Membuat Pintu Geser Kayu. Salah satu model pintu geser yang dapat anda buat sendiri adalah yang terbuat dari kayu. Bagaimanakah caranya? Berikut langkah-langkah yang perlu anda ikuti untuk cara membuat pintu geser kayu : .

ads
  1. Penempatan pintu yang sesuai

3d rendering the empty room

Mula-mula, tentukan penempatan pintu geser di rumah anda. Jika anda berniat mengganti pintu lama dengan pintu geser kayu baru, pastikan untuk melepasnya dengan teliti sehingga tidak merusak kusen terutama jika pintu lama tersebut menggunakan engsel putar.

Karena nantinya kusen tersebut juga akan dipakai oleh pintu geser kayu, engsel harus terlepas sempurna. Anda akan perlu pula memeriksa kondisi dinding sekitar kusen, apakah terdapat retakan atau tidak. Segeralah perbaiki retakan karena tembok yang retak itu berbahaya. (baca: bahaya tembok rumah retak)

Artikel kusen:

  1. Pemilihan jenis kayu yang diinginkan

p3Ada beragam jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat pintu. Mulai dari kayu jati, kayu meranti ataupun kayu ulin. Tiap kayu memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dilihat dari ukuran kayu, kualitas serta asal kayu tersebut.

Selain itu, masing-masing kayu memiliki warna yang sepintas berbeda. Kayu meranti merah memiliki serat yang timbul jelas dan berwarna kemerahan sementara kayu ulin berserat halus dengan warna cokelat muda.  Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk memilih kayu yang ringan agar pintu geser mudah untuk digerakkan.

  1. Pembuatan kerangka

b3Jika anda telah memilih kayu untuk pintu geser, tahapan selanjutnya yaitu pembuatan kerangka. Kerangka yang akan dibuat harus disesuaikan dengan kusen di dinding. Ukuran standar adalah 180 cm x 50 cm. Anda akan memerlukan 7 bilah kayu dengan panjang yang berbeda. Empat buah kayu dipotong sesuai ukuran kusen sementara dua kayu dipotong dengan ukuran setengah dari panjang kusen.

Sepotong kayu terakhir dipotong sesuai lebar kusen yang ada. Kemudian, potong pula dua buah triplek berukuran 180 cm x 50 cm yang nantinya akan berfungsi menutupi kerangka kayu. Gunakan gergaji kayu untuk memotong dan jangan sampai ukurannya meleset agar kayu tidak terbuang sia- Jangan lupa untuk mengamplas kayu untuk menghilangkan serat-serat yang mencuat.

  1. Penyusunan kerangka pintu

screendoorTahap lanjutan dari pemotongan kayu untuk kerangka adalah penyusunan kayu tersebut menjadi kerangka pintu utuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 7 bilah kayu yang terbagi ke dalam tiga bagian. Bagian yang harus disusun pertama yaitu empat buah kayu yang berukuran sesuai kusen. Gabungkanlah menjadi bentuk persegi panjang menggunakan paku kayu.

Lalu, sebilah kayu selebar kusen diletakkan persis di tengah kerangka persegi panjang. Jangan lupa untuk memasang paku agar tidak bergeser-geser. Terakhir, dua buah kayu dengan panjang setengah dari total panjang kusen akan dipasang secara horizontal di tengah kerangka. Pada tahap ini, kerangka akan membentuk empat sekat. Selanjutnya, pasang triplek di kedua sisi kerangka. Triplek harus menutupi seluruh kerangka kayu.

  1. Poles pintu dengan cat

how-to-paint-pine-furnitureKini pintu yang anda buat hampir selesai. Untuk menambah estetika, poleslah pintu tersebut dengan cat kayu. Jangan lupa untuk mengamplas terlebih dahulu pintu yang sudah jadi agar lapisannya halus dan memudahkan proses pengecatan.

Anda dapat menyesuaikan dengan selera, apakah ingin memilih Warna Cat Rumah Elegan atau netral, seperti cokelat ataupun warna-warna semarak seperti merah atau biru. Sesuaikan cat dengan interior rumah anda agar senada. Jika ruangan rumah menggunakan wallpaper (baca: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding), sebisa mungkin warna cat juga disesuaikan agar memberi kesan yang indah. Warna pintu yang kontras dengan wallpaper akan membuat ruangan terasa ramai dan sempit, dan anda harus pintar bagaimana Cara Memilih Warna Cat.

Info tips cat :

Sponsors Link

  1. Tambahkan roda dan gagang pintu

p6Yang membedakan pintu geser dengan pintu konvensional adalah penggunaan roda yang memungkinkan pintu dapat digeser. Maka, ketika selesai mengecat pintu anda kemudian perlu menambahkan roda di sisi bawah pintu. Diperlukan dua buah untuk dipasang. Satu buah pada ujung kanan dan satu di ujung kiri.

Perlu diingat, saat membeli roda baiknya anda memilih roda yang cukup kuat untuk menopang berat pintu. Roda pada pintu dipasang menggunakan sekrup ulir, maka akan perlu bor untuk memberi lubang. Setelah roda, pasangkan gagang pintu di kedua sisi kayu. Gagang pintu yang dibutuhkan adalah yang sederhana tanpa lubang kunci, biasanya gagang untuk pintu geser berbentuk cekungan ke dalam.

  1. Berikan cincin untuk menyangga

p4Berbeda dengan jenis pintu konvensional yang menggunakan engsel untuk dapat membuka dan menutup, pintu geser akan memerlukan rel serta roda yang memungkinkan pergerakan pintu. Pada bagian atas pintu geser, nantinya akan menjadi penyangga pintu tersebut. Sebelum disangga, sematkan cincin besi paling tidak sebanyak dua buah di tiap ujung atas pintu.

Semakin lebar pintu geser tentu semakin membutuhkan banyak cincin besi agar seimbang. Pasanglah cincin besi tersebut dengan kuat menggunakan sekrup. Cincin besi ini harus mampu menahan berat pintu, maka pastikanlah terpasang sempurna. Dengan adanya cincin besi, maka pintu geser akan dapat menggantung pada pipa besi yang ditempelkan pada dinnding

  1. Memasang Pipa besi

p5Aksesoris untuk memasang pintu geser memang lebih banyak dibanding pintu engsel. Selain cincin besi, anda masih harus memasang pipa besi di dinding. Pipa besi berfugsi sebagai penyangga pintu geser di bagian atas, maka letak pemasangannya adalah di bagian atas kusen pintu. Pasanglah pipa besi setidaknya dua kali lipat dari lebar kusen. Namun jika anda ingin pintu dapat bergeser ke dua sisi yaitu kiri dan kanan, maka pipa besi harus memiliki panjang setidaknya tiga kali lipat lebar kusen. Untuk memasang pipa besi ke dinding, gunakan material yang berfungsi untuk menghubungkan pipa dengan dinding sebagaimana yang tampak pada gambar di samping. Pipa besi tersebut nantinya akan dipasangi pintu melalui cincin besi yang sebelumnya telah disematkan pada bagian atas pintu geser. (Artikel terkait : Cara Menghilangkan Karat Pada BesiCara Menghilangkan Cat Pada Besi)

Sponsors Link

9. Menggabungkan pintu dengan kusen

p8Kini saatnya untuk menyatukan pintu dengan kusen. Anda mungkin akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengangkat pintu ini, apalagi jika pintu terbuat dari material kayu yang berat seperti kayu jati.

Cara menyatukan pintu dengan kusen pertama-tama masukkan pintu ke pipa besi melewati cincin yang telah terpasang di bagian atas. Sementara cincin masuk, sesuaikan roda dengan gerendel bawah.  Roda dan cincin harus masuk bersamaan kemudian geser pintu hingga berada di dalam kusen. Ketika keduanya telah terpasang maka pintu geser sudah siap digunakan.

10. Periksa kembali pintu geser 

 p7Akhirnya seluruh tahapan membuat pintu geser kayu telah anda selesaikan. Kini saatnya untuk mengecek apakah pntu geser tersebut dapat beroperasi dengan baik. Cobalah untuk mengetesnya dengan menggeser bolak-balik ke tiap arah. Jika pintu dapat berjalan tanpa hambatan, maka pintu geser pun siap digunakan

Jika anda ingin menggunakan pintu geser sebagai pintu utama rumah, pastikan pintu tersebut dapat terkunci rapat untuk mencegah rumah kemalingan. Bagi rumah dengan desain minimalis, akan lebih cocok jika pintu geser terbuat dari aluminium.

Artikel Lainnya :

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Pintu