Sponsors Link

8 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding

Sponsors Link

Agar senantiasa nyaman, rumah anda perlu mendapat sentuhan untuk mempercantik setiap sisi bangunannya, salah satu caranya adalah dengan melekatkan wallpaper dinding sebagai pemanis ruangan. Fungsi Wallpaper rumah dapat lebih dari sekedar ornamen saja, namun banyak lagi kegunaan lainnya seperti yang dapat anda baca pada artikel macam-macam fungsi wallpaper dinding.
Sebelum menentukan untuk memasang wallpaper, simak beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

ads

Kelebihan Menggunakan Wallpaper Dinding

Ada beberapa kelebihan dari memasang wallpaper dinding yang perlu anda ketahui, Rumah Lia telah menemukan empat keuntungan wallpaper diantaranya.

1. Praktis untuk menutupi retak, lubang dan cela pada dinding

Pernahkah anda temukan retakan pada dinding serta lubang akibat bekas paku maupun benturan di rumah anda? Ya, hal tersebut memang mengurangi estetika pada hunian anda. Fungsi Wallpaper dapat menyamarkannya dengan apik dan praktis pula, sehingga dinding rumah tampak lebih menarik. Beberapa motif wallpaper pun dicetak dengan tekstur menyerupai dinding atau batu bata. Adapun jika dinding rumah anda memiliki terlalu banyak retakan, fungsi wallpaper merupakan Cara Mengatasi Tembok Retak dan menutupinya. Mungkin perlu adanya penanganan khusus sebelum dilapisi dengan wallpaper dinding karena ada beragam bahaya dari tembok rumah yang retak.

2. Beragam pilihan jenis wallpaper dinding yang dapat disesuaikan dengan selera

Setiap bangunan rumah memiliki karakternya masing-masing yang menjadi representasi dari pemiliknya. Ada rumah bertema minimalis, floral hingga industrial. Agar semakin hidup, salah satu komponen yang perlu ditonjolkan adalah dinding. Wallpaper memiliki beragam jenis motif dan warna mulai dari warna – warna polos sampai perpaduan berbagai motif seperti garis-garis, monokrom maupun kartun

Anda hanya perlu menemukan wallpaper yang menjadi selera anda dan tentunya juga senada dengan tema rumah anda. Wallpaper juga dapat menjadi alat untuk menyiasati rumah anda, misalnya rumah yang relatif kecil dapat memilih wallpaper dinding yang cenderung berwarna terang sehingga dapat memberi kesan luas dan lapang. Pada ruang yang kecil dan sempit juga bisa disiasati pada pemilihan furniture seperti sofa, karena ada model sofa untuk ruang tamu kecil dan sempit.

Info wallpaper :

3. Wallpaper dapat bertahan lama

Terutama jika dipasang dengan cermat dan rapi, wallpaper yang melapisi dinding rumah anda dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, bahkan hingga 15 tahun. Jika dengan cat dinding anda perlu mengecat ulang tiap kali warnanya memudar, anda tidak perlu khawatir dengan wallpaper rumah yang tidak akan memudar seiring berjalannya waktu. Daya tahan wallpaper yang sangat lama dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang tidak memiliki waktu atau tenaga untuk mengecat ulang dinding setiap dua atau tiga tahun sekali.

4. Sesuai untuk rumah dengan anak-anak

Jika anda memiliki anak-anak balita yang gemar membuat ‘mahakarya’ di dinding rumah, anda dapat memilih wallpaper dengan bahan khusus seperti vinyl yang permukaannya lebih mudah dibersihkan dari kotoran. Ada juga wallpaper yang bersifat tahan air atau water-resistant. Hal ini tentu lebih ringan daripada harus mengecat ulang dinding rumah anda tiap kali si kecil berulah. Kemudian, selain sebagai cara untuk mendesain kamar anak, wallpaper juga dapat menjadi sarana edukasi. Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur sangat membantu sekali. Anda bisa menyesuaikan motif wallpaper dinding kamar anak seperti dengan motif alphabet, angka atau buah-buahan yang dapat menambah pengetahuan anak. Motif-motif tersebut tentu akan menambah semarak ruang tidur buah hati anda.

Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding

Setelah menilai kelebihan yang anda peroleh dari menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding rumah, perhatikan juga hal-hal di bawah ini yang merupakan kekurangan dalam penerapan wallpaper dinding.

1. Menimbulkan bekas jika tidak dikelupas dengan cara khusus

Jika anda memutuskan untuk mengganti wallpaper rumah, baik karena jenuh ataupun sudah usang, pastikan anda tidak sembarangan mengelupasnya. Anda tentu tidak ingin wallpaper tersebut meninggalkan bekas di dinding bukan? Kelupaslah dengan hati-hati atau lebih baik anda dapat meminta pertolongan professional yang lebih berpengalaman untuk menggantinya, mereka akan lebih handal dan menggunakan perkakas serta teknik khusus sehingga wallpaper dapat dikelupas secara sempurna tidak berbekas. 

Sponsors Link

2. Relatif mahal

Warna warni dan beragam motif wallpaper memang sangat meggoda untuk menjadi pelapis dinding rumah anda. Akan tetapi, anda harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memberi suasana baru ke hunian anda menggunakan wallpaper. Jenis wallpaper dinding dengan harga paling murah pun, jika dibandingkan dengan membeli sekaleng cat akan lebih mahal harganya.

Selain itu, anda juga mungkin perlu membayar tenaga untuk memasang wallpaper karena tidak setiap orang dapat memasangnya sendiri. Oleh karena itu, ketika membeli wallpaper dinding pastikan motif atau warna yang anda pilih benar-benar sesuai dan cocok agar hasil yang didapatkan seimbang dengan dana yang telah dikeluarkan untuk mempermak rumah anda. 

3. Mudah mengelupas dalam ruangan yang lembab

Wallpaper memang memiliki daya tahan yang lebih lama jika dibandingkan dengan cat tembok, namun satu hal yang perlu diperhatikan bahwa dalam kondisi tertentu wallpaper juga tidak mampu bertahan. Kondisi yang harus dihindari yaitu ruangan dengan kelembaban tinggi seperti kamar mandi atau dapur. Bahan perekat pada wallpaper dapat menguap sehingga mengakibatkan kertas mudah mengelupas dan menjadi tidak awet. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menempelkan wallpaper di ruang dapur dan kamar mandi jika tidak ingin wallpaper anda menjadi mudah mengelupas.

Jika ingin tetap memberi aksen pada dapur atau kamar mandi, anda dapat memilih keramik yang juga memiliki beragam motif menarik. Keramik tentu akan lebih sesuai untuk menjadi pelapis dinding di ruangan-ruangan tersebut serta dapat Mencegah dinding lembab dan berjamur.

Agar menghindari suhu ruangan yang terlalu lembab, anda juga harus memperhatikan fungsi ventilasi rumah sebagai sirkulasi udara. Dengan begitu, tidak hanya kondisi wallpaper rumah yang akan awet namun juga rumah anda akan terhindar dari ciri-ciri rumah tidak sehat.

Baca info ruang lembab dan tipsnya :

Sponsors Link

4. Perlu persiapan yang ekstra

Berbeda dengan mengecat rumah yang hanya memerlukan kuas dan cat saja, pemasangan wallpaper membutuhkan persiapan yang ekstra terutama jika perlu mengganti wallpaper lama dengan yang baru. Mengganti wallpaper lama membutuhkan alat-alat seperti spray, spons, kikir dan sebagainya. Waktu yang diperlukan juga lebih lama dibanding dengan melakukan pengecatan dengan cat dinding.

Ketika akan memasang wallpaper, anda harus memastikan ukurannya agar sesuai dengan dinding, lalu mengguntingnya barulah wallpaper dinding siap ditempel. Jangan lupa perhatikan dinding yang bersinggungan dengan jendela dan pintu, karena tiap pintu memiliki jenis-jenis yang berbeda Anda juga perlu memperhatikan tiap tiap ujung wallpaper menempel dengan sempurna, tidak tertekuk atau terlipat. Pemasangan kertas dinding yang merata dan tepat hingga tiap sisi akan membuatnya lebih tahan lama.

Artikel Terkait :


Artikel Lainnya


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 22nd, August 2016 / 14:49 Oleh :
Kategori : Dinding Tembok