Sponsors Link

Cara Membuat Gorden Minimalis Sebagai Pemanis Ruangan

Gorden selain menjadi pelengkap dari jendela juga merupakan salah satu Cara Menata Rumah untuk memberikan sentuhan ke dalam ruangan. Tips Memilih Gorden tentunya harus disesuaikan dengan Desain Ruang TamuDesain Interior Kamar Tidur yang Unik maupun dapur anda yang awalnya terlihat biasa saja, bisa disiasati dengan memberikan gorden bermotif unik.

ads

Jika anda memiliki desain rumah minimalis, akan lebih cocok dipadankan dengan gorden minimalis. Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu dan Gorden minimalis sama-sama cenderung memainkan garis-garis vertikal dan horizontal. Bagaimanakah cara membuat gorden minimalis sendiri? Berikut beberapa cara membuat gorden minimalis :

  1. Pola minimalis menggunakan kain perekat

Cara pertama dalam membuat gorden minimalis adalah menggunakan kain perekat. Anda dapat menemukan kain perekat dijual di toko-toko peralatan jahit atau toko kain. Kain perekat memiliki kandungan lem yang akan meleleh saat disetrika. Oleh karena itu, pembuatan gorden dengan kain perekat akan lebih cepat dibanding dengan mesin jahit. Kain perekat dapat menjadi solusi bagi anda yang tidak punya waktu atau minim keterampilan untuk menjahit gorden.(Baca : Cara Menjahit Gorden)

Adapun bahan yang perlu dipersiapkan yaitu tirai putih polos, pita ornamen, kain perekat dan gunting.

  • Pertama-tama, hamparkan kain gorden putih polos di lantai. Anda mungkin akan memerlukan ruangan yang cukup luas untuk membentangkannya, terutama jika ukuran gorden relatif besar.
  • Bila gorden tersebut sudah terbentang, anda dapat mulai menyetrikanya. Gorden perlu disetrika agar tidak ada kerutan atau lipatan yang menganggu sehingga kain gorden pun akan terlihat rapi. Jika lebar gorden terlihat terlalu besar bagi anda, anda dapat memotongnya untuk menyesuaikan dengan ruangan. Untuk ruang kamar tidur anda memilih jenis pola yang unik untuk Dekorasi Kamar tidur agar terlihat unik dan inspiratif.
  • Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan pola untuk diterapkan pada gorden. Contoh pola yang akan ditampilkan adalah berbentuk persegi empat. Untuk membantu anda menggambar pola, siapkan selembar kardus yang dipotong menjadi ukuran 15cm x 15cm. Potongan kardus atau karton ini juga sebagai panduan anda untuk menentukan seberapa jauhkah garis dari ujung tirai.
  • Setelah itu, mulailah merekatkan pita membentuk pola yang sudah ditentukan. Pita tersebut harus dilapisi oleh kain perekat terlebih dahulu agar dapat menempel saat disetrika.
  • Pita yang telah dilapisi kain perekat lalu diletakkan sesuai pola. Ketika pita menemui bagian pola yang membentuk sudut, janganlah melipat pita melainkan guntinglah dan sambung kembali. Saat akan menyetrika pita tersebut, beri lapisan kain yang cukup tebal di atas gorden. Hal ini bertujuan agar setrika tidak bergesekan langsung dengan pita.
  • Letakkan setrika kurang lebih selama sepuluh detik sebelum berpindah ke area selanjutnya, sehingga lem pada kain perekat bisa benar-benar meleleh dan merekat.

Baca juga :

Proses menyetrika harus dilakukan dengan sabar dan telaten, agar pita dapat menempel dengan sempurna. Anda perlu mengulangi proses ini untuk memastikan tidak ada bagian pita yang terlewat atau terlipat. Jika sudah selesai, anda pun bisa menggantung tirai tersebut di ruangan yang diinginkan. Kesalahan dalam Desain Interior untk ruangan terutama dalam memilih gorden tentunya butuh pertimbangan dan pengeahuan dalam menentukan pilihan pola dan model yang tepat.

2.  Menjahit sendiri gorden minimalis

IMG_2888Jika anda memilih untuk menjahit pita sendiri dibanding menyetrikanya menggunakan kain perekat, waktu yang diperlukan mungkin akan lebih lama namun hasil yang didapatkan pun akan lebih memuaskan pula. Menjahit sendiri gorden minimalis memungkinkan anda untuk membuat pola sesuai keinginan dan juga memastikan kualitas jahitan. Dengan proses mesin jahit, gorden akan lebih awet pula karena pita yang menjadi ornamen tidak mudah terlepas.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat gorden  minimalis yang dijahit kurang lebih sama dengan pembuatan tanpa mesin jahit. Bedanya adalah anda akan memerlukan banyak jarum pentul dan tentunya sebuah mesin jahit.


  • Tahap pertama, bentangkan kain gorden di atas meja atau di lantai.
  • Dengan pola yang sama seperti diatas, mulailah meletakkan pita dan menyematkan jarum pentul untuk menahannya. Dengan adanya jarum pentul, pita tidak akan mudah bergeser dari tempatnya.
  • Sematkan jarum pentul setiap sepuluh sentimeter. Pada bagian sudut, bentuklah lipatan diagonal dan sematkan kembali menggunakan jarum.
  • Jika pita telah membentuk pola secara keseluruhan, anda bisa mulai menjahitnya.
  • Jahitlah kedua sisi pita, perhatikan untuk tidak melenceng keluar pola saat anda menjahit. Sesuaikan pula benang jahit yang digunakan agar senada dengan warna pita.
  • Terakhir, untuk memastikan agar pita tidak mengkerut, anda perlu menyetrika seluruh bagian pita dengan telaten. Setrikalah secara menyeluruh hingga setiap ujung pita. Saat menyetrika, anda juga bisa sekaligus memeriksa kembali apakah terdapat bagian pita yang jahitannya terlepas atau melenceng.

3. Mengecat gorden dengan pola minimalis

fancy-design-stripes-pattern-white-and-black-colors-curtains-double-panels-curtains-silver-color-metal-curtains-rod-cream-color-wall-paint-glass-window-with-blinds-black-white-striped-curtains-decoraAlternatif lainnya dalam membuat gorden minimalis adalah dengan mengecatnya sendiri. Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur khusus untuk pola cat pada gorden adalah yang sesuai dengan model minimalis adalah pola garis-garis horizontal. Pola tersebut mudah dan relatif simpel. Ketika akan mengecat gorden, anda dapat menggunakan cat akrilik maupun cat semprot. Jika anda menggunakan cat semprot, tahap pengecatan kurang lebih sama dengan proses yang menggunakan cat akrilik. Adapun yang perlu diperhatikan adalah, pastikan untuk menutup rapat bagian selain pola agar tidak ternodai cat semprot. Jangkauan cat semprot lebih luas dibanding cat roller, tentu anda tidak ingin bagian gorden yang seharusnya polos menjadi ternodai cat semprot. Tetapi, ada Cara Menghilangkan Cat jika gorden anda terkena noda cat semprot.


  • Sebelum memulai mengecat, peralatan yang harus disiapkan antara lain cat akrilik, lakban, penggaris dan roller untuk mengecat.
  • Selanjutnya, anda perlu menentukan ukuran lebar garis yang diinginkan. Lebar garis bisa mengikuti lebar roller sehingga proses pengecatan menjadi lebih efisien.
  • Setelah menentukan lebar garis, berikan lakban sebagai pembatasnya. Lakban berfungsi untuk membatasi bagian yang perlu dicat dengan yang tidak.
  • Kemudian ketika selesai merekatkan lakban, anda dapat memulai proses pengecatan. Tuangkan cat kedalam wadah datar, jika dirasa terlalu kental anda dapat mencairkannya dengan thinner.
  • Gunakan roller untuk mengecat gorden minimalis tersebut. Ulangi proses pengecatan untuk memberikan tampilan warna yang semakin kuat.

Gorden minimalis yang telah selesai pun siap untuk digantung di jendela anda. Untuk menggantung gorden anda bisa menggunakan cincin jepit atau cincin yang disematkan sebagai lubang pada gorden. Pilihannya tergantung pada model jendela anda. Anda juga bisa membuat jendela minimalis sendiri jika hunian anda dirasa membutuhkan jendela lebih banyak untuk ventilasi rumah (baca: fungsi ventilasi rumah bagi kesehatan dan penghuni).

Untuk jenis jendela,ada baiknya anda mendesain jendela anda dengan model jendela bersekat enam dengan desain minimlasi dan unik. Ini akan menambah nilai arsitektur tersendiri untuk hasil pembuatan gorden minimalis yang telah anda buat. (Baca : Cara Membuat Jendela Bersekat Enam)

Artikel Lainnya :

Setelah anda mengetahui berbagai cara untuk membuat gorden minimalis, anda kemudian dapat menerapkannya sebagai pemanis ruangan rumah anda. Gorden minimalis bisa diletakkan pada kamar tidur minimalis anak dan dewasa. Jika anda memiliki tipe rumah minimalis, anda perlu menyimak juga apa saja jenis tangga minimalis dan atap rumah terbaru minimalis. Saat memasang gorden, anda juga perlu menyesuaikan dengan wallpaper rumah agar tidak terlalu ramai (baca: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding).

Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur yang disesuaikan dengan desain gorden tentunya akan memberikan sentuhan yang unik dan menarik. Atau bisa juga dengan Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas untuk ruang rumah anda atau ruang tidur agar tampak lebih menarik dan cantik.

, , ,



Oleh :
Kategori : Jendela