Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Sofa Kulit Putih Paling Jitu

sofat kulit putihSofa merupakan salah satu perabotan yang wajib ada di rumah. Selain sebagai tempat duduk-duduk di ruang tamu, sofa juga biasa diletakkan di ruang keluarga. Sofa kulit salah satu jenis bahan sofa yang cukup populer dan banyak digunakan. Terlebih jika sofa tersebut memiliki warna putih. Entah mengapa warna putih dapat menjadi daya tarik sendiri bagi para penikmat sofa. bahkan warna putih sangat digandrungi sebagai warna cat rumah elegan. Selain indah dan terkesan elegan, sofa kulit putih sangat fleksibel digunakan diberbagai tema jenis-jenis rumah tinggal, seperti gaya model rumah scandinavian, konsep arsitektur modern tropis atau rumah minimalis sederhana. Tak heran sofa kulit putih banyak di gandrungi oleh banyak orang.

ads

Sofa kulit putih termasuk salah satu furniture yang membutuhkan perawatan khusus agar kualitas dan kebersihannya tetap terjaga. Terlebih karena sofa tersebut terbuat dari bahan kulit dan berwarna putih. Membersihkan sofa kulit tidak hanya dilakukan dengan menggunakan lap basah. Cara membersihkan yang tidak sesuai justru dapat mempercepat sofa menjadi rusak dan lusuh. Penggunaan bahan-bahan seperti detergen dan pembersih lain yang memiliki kandungan ammonia juga patut dihindari. Untuk itu, bersama artikel ini Anda akan mengetahui cara membersihkan sofa kulit putih yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara-caranya, yakni :

  1. Membersihkan menggunakan vacuum cleaner

Vacuum cleaner tidak hanya digunakan untuk membersihkan furniture berbahan kain, akan tetapi juga dapat diterapkan untuk furniture sofa putih berbahan kulit. Caranya adalah dengan menggunakan ujung sikat lembut dari vacuum cleaner untuk menghisap semua kotoran dan debu yang menempel pada permukaan sofa. Jangan lupa juga untuk membersihkan pada bagian-bagian dalam sofa. Pastikan seluruh bagian sofa bersih dan tidak ada bagian yang Anda lewatkan. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan pipa berujung mungil untuk mengjangkau bagian-bagian yang sulit seperti pada lipatan sofa. Lakukan pembersihan secara hati-hati supaya tidak menggores permukaan kulit.

  1. Membersihkan menggunakan kain lembab

Sebenarnya membersihkan dengan menggunakan kain lembab tidak serta merta dapat membersihkan sofa secara menyeluruh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara yang baik dan benar. Yakni ketika Anda hendak membersihkan dengan kain lembab, pastikan Anda memberikan tekanan saat mengelap permukaan sofa. Setelah semua selesai di lap, diamkan dulu selama beberapa menit sampai permukaan sofa mengering. Jangan gunakan alat pengering seperti hair dryer atau menjemurnya dibawah terik sinar matahari. Hal ini dapat memicu hilangnya kelembaban material kulit sehingga permukaan mengalami pecah-pecah.

  1. Membersihkan menggunakan pembersih kulit

Pembersih kulit dapat Anda temukan banyak di pasaran atau toko swalayan, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari. Ingatlah untuk membeli pembersih khusus material kulit yang sudah teruji dan terjamin hasilnya. Pembersih khusus material kulit tersedia dalam beragam bentuk, ada yang berupa cairan, gel hingga lotion. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera yang Anda inginkan. Ketika hendak membersihkan, Anda dapat menggunakan alat bantu spons atu kain lap kering untuk mengoleskan pembersih tersebut pada permukaan sofa kulit putih. Gunakan gerakan memutar ketika membersihkan, kemudian angkat kotoran yang menempel dengan menggunakan kain yang maish bersih. Ingatlah untuk menghindari penggunaan kain berwarna supaya warna kain tidak meluntur dan justru malah menodai permukaan sofa kulit putih milik Anda.

Sponsors Link

  1. Membersihkan menggunakan pelembab

Memang produk-produk pembersih material kulit biasanya sudah memiliki kandungan pelembab atau conditioner di dalamnya. Namun, ada baiknya Anda menambahkan kadar pelembab bagi seluruh permukaan kulit sofa secara menyeluruh. Sebab pelembab memiliki kandungan yang baik untuk membantu menjaga kelembaban material kulit sofa Anda agar tidak mudah pecah serta mongering. Gunakanlah kain lembut yang masih bersih untuk membantu Anda mengaplikasikan pelembab ini. Tidak hanya dapat membersihkan sofa kulit putih Anda, pelembab juga akan membantu mengembalikan aroma alami dari sofa kulit.

  1. Membersihkan menggunakan alkohol

Bantuan alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan sofa. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menggunakan bantuan kapas. Selanjutnya bersihkan permukaan sofa menggunakannya secara perlahan dan merata.

Dalam membersihkan sofa kulit, jika Anda menggunakan pelembut kulit setelah membersihkan sofa Anda, pastikan produk yang Anda gunakan baik dan sudah teruji. Jangan terlalu sering menggunakan produk ini ketika pembersihan, cukup 6 atau 12 sekali penggunaan.

Sponsors Link

Beberapa cara diatas sebenarnya juga dapat Anda aplikasikan pada barang-barang atau furniture lain yang juga terbuat dari material kulit, baik material asli atau pun imitasi. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk material suade karena perlu menghindari penggunaan kain lembab. Pembersihan material ini membutuhkan material khusus. Dengan perawatan yang tepat, maka sofa kulit putih Anda akan lebih awat dan bertahan lebih lama. Demikianlah cara membersihkan sofa kulit putih yang baik dan benar. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot