Sponsors Link

8 Model Ruang Keluarga dengan Penataan yang Simpel Tapi Menarik

Ruang keluarga dianggap sebagai ruangan yang sangat penting dalam rumah. Ruang ini menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil bersantai dan melepas lelah sepulang beraktifitas. Sementara anak-anak menyukai ruangan ini karena bisa menonton televisi sambil bersantai, makan atau bahkan membaca buku.

Karena itu desain ruangn keluarga harus dipertimbangkan sejak awal. Termasuk jika Anda merancang rumah minimalis sederhana maka Anda tetap bisa membuat ruangan dengan menyatukan dengan ruangan lain. Hanya saja konsep dari ruang keluarga sebenarnya tidak harus dibuat mewah, justru konsep yang sederhana lebih menarik karena sifatnya yang santai. Berikut ini adalah beberapa daftar ruang keluarga dengan penataan yang simpel dan menarik.

1. Ruang Simpel Tampak Mewah

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Menyusun ruangan keluarga yang simpel bukan berarti harus sangat sederhana dan tidak nyaman. Justru karena dibuat sederhana maka harus nyaman dan bisa diberi unsur kemewahan yang bisa dinikmati dengan keluarga. Salah satunya adalah membuat ruangan sederhana di apartemen atau rumah minimalis. Dinding bata abu-abu dengan tekstur kasar bisa dijadikan dinding utama untuk meletakkan televisi LED berlayar lebar.

Kemudian pada bagian depannya harus dipasangi sofa empuk dengan bangku yang rendah. Letakkan meja bulat sederhana di atas karpet yang lembut. Penerangan ruangan tidak hanya mengandalkan cahaya lampu tapi juga jendela kaca yang lebar. Karena berbeda dengan fungsi ruang tamu maka bisa dibuat menjadi lebih santai.

2. Ruang Keluarga dan Ruang Baca

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Kebiasaan membaca tentu sangat bagus untuk keluarga. Bayangkan Anda membaca bersama keluarga sambil minum kopi di ruang keluarga rumah Anda sendiri. Jadi konsep ruangan ini adalah membuat ruang keluarga yang santai tampak seperti perpustakaan pribadi. Satu rak buku besar harus dipasang memenuhi dinding ruangan. Kemudian pada bagian tengah rak bisa digunakan untuk memasang televisi. Tata sebuah sofa santai yang lebar dan empuk untuk tempat duduk keluarga. Juga karpet bulu yang sangat halus dibagian bawahnya. Ditambah dengan jendela kaca yang membuat Anda bisa menikmati taman samping rumah yang sederhana dan asri.

3. Gaya Alami dan Sederhana

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Konsep alami dan sederhana bisa menjadi pilihan ide yang sangat menarik. Terutama jika Anda memiliki rumah dengan ukuran yang sempit dan tidak ingin menyiak-nyiakan ruangan yang masih tersisa. Di ruangan yang kecil ini Anda bisa menempatkan televisi yang diletakkan menghadap satu sofa sederhana. Kemudian untuk menonjolkan sisi alami maka tambahkan tanaman hijau kecil dalam pot yang di tata pada rak sederhana dibawah televisi. Sumber cahaya dari jendela atau pintu kaca akan memberi kesan ruangan tampak sangat dekat dengan alam.

4. Ruang Keluarga Dekat Teras Samping

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Salah satu ciri khas ruang keluarga adalah letaknya yang tidak langsung terlihat dari pintu utama. Nah Anda bisa menempatkan ruang keluarga yang berada di sisi rumah dekat dengan teras samping. Dengan tampilan gaya vintage pada bagian dinding batu, perapian sederhana dan televisi maka akan terlihat sangat sederhana. Jika keluarga hanya memiliki empat atau tiga anggota keluarga saja maka Anda bisa memilih sofa rendah dengan sudut kecil. Tentu saja Anda tetap harus memasang karpet yang membuat tampilan ruang lebih berkesan. Akses pintu langsung ke teras samping bisa dibuka dan udara bisa masuk ke ruangan sepanjang waktu. Pada sisi samping ini Anda juga bisa membuat model desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur.

5. Mewah dan Nyaman

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Ide untuk membuat ruang keluarga yang nyaman dan mewah bisa menjadi hal yang sangat menarik. Pada konsep ini Anda tidak perlu menggunakan perabot yang banyak tapi cukup perabot yang diperlukan saja. Misalnya dengan sofa rendah tanpa kaki, karpet bulu dibawah sofa, dan meja kopi yang sederhana. Tentu saja Anda bisa menempatkan televisi di depan sofa. Jika Anda suka membaca buku dan memiliki beberapa koleksi maka tambahkan rak buku sederhana di samping televisi. Saat Anda bosan menonton tv, Anda bisa berbaring di sofa sambil membaca buku.

6. Tema Tropis dan Simpel

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Jika Anda ingin menghabiskan waktu dengan keluarga tapi juga tidak ingin merasa bosan maka bisa mencoba menggunakan tema tropis. Tema tropis ini akan lebih menarik dengan melengkapi dua bunga palem di sisi kanan dan kiri sofa. Tanaman ini mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air atau cahaya matahari. Juga bisa digunakan sebagai cara menata bunga di depan rumah. Jenis sofa yang sesuai adalah sofa tipis dengan kaki yang cukup tinggi untuk dua orang saja. Namun Anda bisa menambahkan sofa duduk yang santai dan karpet pada bagian bawah. Di ruangan ini Anda bisa bersantai dan menghabiskan waktu istirahat. 

7. Ruang Keluarga dekat Ruang Makan

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Ketika Anda tidak ingin menggunakan banyak sekat di rumah maka Anda bisa menyatukan ruang keluarga dan ruang makan. Konsep ini memang sangat sederhana tapi justru berkesan sangat mewah dan menawan. Jadi satu sisi digunakan untuk ruang makan yang dekat dengan dapur, kemudian sisi yang lain digunakan untuk ruang keluarga yang lengkap dengan sofa sederhana dan televisi. Ruang keluarga harus dibuat dengan identitas khusus misalnya karpet bulu sebagai batas, hiasan dinding di dekat sofa seperti foto keluarga atau hiasan yang lain. Sebuah meja kopi juga bisa menegaskan itu sebagai ruang keluarga.

8. Ruang Keluarga Berlantai Kayu  

Ruang Keluarga Dengan Penataan Yang Simpel

Ruang keluarga dengan lantai kayu mungkin akan membuat Anda menerima kesan pedesaan yang menarik. Tapi jika Anda hidup di perkotaan maka juga bisa tetap menambahkan sisi modern. Sofa satu deret yang nyaman bisa diletakkan dekat dengan jendela kaca, kemudian pasangi rak buku di sudut tembok sehingga juga akan menghemat ruangan. Anda bisa menambahkan satu meja minum dengan kursi yang sederhana. Pastinya konsep ini akan lebih menarik jika ruang keluarga langsung terhubung dengan teras samping.

Itulah beberapa model ruang keluarga dengan penataan yang simpel dan menarik. Anda bisa memilih model ruang keluarga mana yang ingin Anda gunakan. Pastikan semuanya seimbang dengan anggaran yang Anda siapkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Desain