Sponsors Link

8 Ide Model Ruang Tamu Instagramable yang Nyaman dan Menarik

Salah satu bagian rumah yang cukup pribadi tapi juga ingin ditonjolkan adalah ruang tamu. Ruang tamu hanya digunakan untuk menerima tamu karena itu biasanya hanya orang terdekat dan keluarga saja yang tahu. Tapi bukan tidak mungkin juga digunakan untuk menerima relasi kerja, bisnis dan keperluan lain. Dalam fengshui bahkan ruang tamu berhubungan langsung dengan aliran rejeki. Karena itu cara menata rumah terutama ruang tamu memang harus diperhatikan.

Terlebih sekarang banyak yang membagikan dekorasi dan desain ruang tamu ke banyak orang lewat akun sosial media, terutama Instagram. Akhirnya munculah tren yang dinamakan Instagramable yang akan membuat foto disukai banyak orang dan menjadi viral. Langsung saja berikut kami berikan informasi ruang tamu Instagramable berupa tips dan modelnya.

1. Warna Putih di Atas Putih

Ruang Tamu Instagramable

Konsep untuk memberi warna putih pada ruang tamu Instragramable memang banyak disukai semua orang. Anda bisa menerapkan konsep ini untuk desain ruang tamu minimalis atau mewah. Jadi sebagian besar ruang tamu ini memang diberi warna putih, mulai dari cat jendela kayu, langit-langit dan sofa.

Bahkan aksen seperti bantal santai dan karpet juga bisa dipilih berwarna putih. Tampilan cerah ini akan membuat ruangan lebih hangat dan bersemangat. Tentunya dengan pemilihan lantai berwarna coklat muda yang tampak serasi.

2. Gaya Scandinavian Tampak Mewah

Ruang Tamu Instagramable

Pilihan yang kedua adalah membuat ruang tamu dengan gaya interior dan aksen Scandinavian. Penggunaan dinding kaca besar yang diapit dengan dinding tembok kecil membuat ruangan tampak lebih longgar. Pada bagian ini tamu bisa melihat pemandangan di sekitar rumah Anda misalnya taman.

Tempatkan televisi layar datar di pojok ruangan berhadapan dengan sofa berwarna putih. Jangan lupa juga untuk memberi meja kopi kaca yang mungil agar lebih serasi. Juga karpet berbulu tebal yang membuat ruangan tampak sangat mewah.

3. Gaya Vintage dan Mewah

Ruang Tamu Instagramable

Ketika kita berpikir mengenai desain vintage maka beberapa ide akan muncul, seperti apa saja warna yang bisa digunakan dan perabot yang mengusung gaya vintage. Umumnya ruang tamu gaya vintage memang lebih sesuai untuk rumah minimalis. Karena unsur yang sangat lembut pada gaya vintage maka Anda bisa memberi dua buah sofa panjang yang berhadapan. Kemudian di bagian tengahnya diberi meja kecil untuk tempat hiasan dan hidangan ringan bagi tamu. Anda juga bisa menambahkan perapian esensial yang menambah gaya vintage. Tempatkan kaca besar di atas perapian dan hiasan dinding di sisi kanan dan kiri. Cara menata ruang tamu ini benar-benar cocok untuk akun desain interior Instagram Anda.

4. Gaya Bohemian yang Menawan

Ruang Tamu Instagramable

Selama ini banyak orang yang cenderung enggan memainkan warna untuk ruang tamu. Anda mungkin bisa mencoba untuk melawan kebiasaan ini dan menerapkan desain interior bergaya bohemian. Gaya ini memadukan warna –warna yang mencolok dan berkesan sangat muda.

Misalnya dengan membuat ruang tamu terbuka yang dekat dengan area dapur dan ruang keluarga. Kemudian pilih lantai coklat tua, sofa berwarna biru turqo muda dan aneka bantal duduk berwarna-warni. Untuk menonjolkan sisi bohemian maka pasangi karpet bermotif dengan aneka warna dan bentuk. Nah gaya ini pasti sangat pas untuk anak muda.  

5. Gaya Coffeeshop

Ruang Tamu Instagramable

Jika Anda pecinta minuman kopi maka tidak ada salahnya membuar ruang tamu seperti coffeeshop. Hanya saja untuk menghilangkan sisi menonjol dari coffeeshop maka Anda tidak perlu membuat bagian pembuat kopi di belakang atau depan sofa. Material dinding kayu dan karpet bernuansa coklat sangat sesuai untuk gaya ini.

Kemudian tambahkan dengan cahaya redup dari lampu duduk dan lampu tersembunyi di bagian dinding kayu. Hiasan seperti lukisan dan poster pasti akan mengesankan ruang tamu dengan gaya ini. Tambahan material penutup dinding dari kayu pasti akan membuat ruangan semakin menarik.

6. Gaya Retro yang Cantik

Ruang Tamu Instagramable

Jika Anda ingin mendapatkan jumlah pengikut dan penyuka yang banyak di Instagram dengan akun bertema interior maka bisa membuat ruang tamu bergaya retro. Mungkin ini ide yang jarang digunakan karena gaya ini biasanya diterapkan untuk ruang keluarga. Tapi dengan gaya retro sederhana ini Anda bisa mencobanya sendiri. Tutup dinding dengan wallpaper tekstur bata berwarna putih pada semua sisi dinding. Kemudian tambahkan dengan hiasan lukisan dinding berwarna kuning atau coklat. Untuk sofa bisa menggunakan satu sofa sudut yang besar dan tambahkan dua kursi di ujungnya. Karena mengusung gaya retro maka hiasi sofa dengan bantal berdesain monokrom dengan warna yang berbeda. Dengan tampilan gaya ini maka fungsi ruang tamu semakin menarik.

7. Gaya Klasik dan Modern

Ruang Tamu Instagramable

Memadukan dua gaya yang sangat bertolak belakang seperti gaya klasik dan modern pasti akan membuat ruang tamu semakin menarik. Gaya modern bisa digambarkan dari dinding dan jendela kaca lebar yang semuanya dibuat berwarna putih. Penggunaan gorden tipis dan lembut berwarna putih juga terlihat lebih modern.

Kemudian sentuhan desain klasik diterapkan untuk sofa mewah dan lembut berwarna coklat. Hindari menggunakan kursi tapi lebih memilih menggunakan sofa coklat tua. Tambahkan meja kopi lebar dengan kaki pendek yang menawan. Juga hiasan vas bunga pendek yang diletakkan di atas lemari hiasan.

8. Gaya Klasik dan Sederhana

Ruang Tamu Instagramable

Jika sebelumnya kita sudah memadukan gaya klasik dan modern maka sekarang Anda bisa mencoba gaya klasik dan sederhana. Pada dasarnya ruang tamu ini hanya berisi perabot sederhana seperti sofa dengan kaki kayu pendek berwarna biru muda dan lemari kayu dengan dinding kaca untuk tempat hiasan. Ruang tamu ini akan semakin menarik dengan tambahan dua kursi sederhana dan meja kopi berbahan kayu dan kaca yang sangat simpel. Sisi klasik bisa ditonjolkan dengan penggunakan lampu gantung bergaya Eropa.

Nah akhirnya mana saja ruang tamu Instagramable berupa tips dan modelnya yang ingin Anda coba sendiri. Hal yang paling penting saat memilih konsep ruang tamu ini adalah ukuran ruang tamu dan desain awal ruang tamu, sehingga Anda tidak perlu banyak melakukan renovasi ulang.

, ,
Oleh :
Kategori : Ruang Tamu