Sponsors Link

4 Fungsi Ruang Tamu Rumah yang Mengesankan

Fungsi ruang tamu rumah ibarat wajah seseorang. Harus ditata dengan desain sebaik semanis mungkin untuk menyambut tamu yang datang. Pada dasarnya ruang tamu didesain untuk menghormati dan menjamu tamu istimewa yang berkunjung ke rumah. Ada empat fungsi ruang tamu yang perlu Anda ketahui untuk mengatur dan menata ruang tamu Anda. Utamanya bila Anda dan keluarga memiliki banyak kerabat, teman, dan rekan kerja yang sering datang berkunjung untuk menjalin kerjasama dan kekerabatan.

Ruang tamu formal difungsikan untuk menerima kolega dan rekan kerja. Ruang tamu informal untuk kerabat jauh dan sahabat yang memiliki hubungan emosional dekat dengan keluarga Anda. Ruang tamu santai difungsikan untuk obrolan santai bersama sahabat atau tamu-tamu kecil keluarga besar. Ruang tamu beranda lebih difungsikan sebagai ruang tunggu atau menerima tamu-tamu asing yang belum dikenal dekat oleh anggota keluarga. Anda perlu mengetahui keempat fungsi ruang tamu berikut sebelum menata ruangan-ruangan Anda secara permanen. (baca: Desain Ruang Tamu Minimalis yang Unik dan Mewah)

Ruang Tamu Formal

Fungsi ruang tamu formal adalah untuk menerima kedatangan kolega dan rekan kerja yang datang berkunjung. Baik untuk membicarakan masalah kantor ataupun masalah pribadi dan keluarga. Penataan ruang tamu formal biasanya dengan gaya melingkar atau berhadapan. Sebuah meja di tengah sebagai tempat minuman dan hidangan bagi tamu Anda. Hal ini memudahkan pembicaraan antar Anda dan tamu. (baca: Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan Sempit)

Ruang tamu formal ini umumnya terletak di ruang terdepan sebuah rumah, setelah pintu masuk. Sifatnya wajib ada dalam sebuah rumah. Dengan fungsinya sebagai ruang tamu formal tentunya pemilik rumah akan menciptakan suasana formal klasik dalam desain interiornya. Perabot utama yang wajib ada adalah sofa, meja, dan pajangan untuk mempercantik ruangan dan memunculkan kepribadian keluarga yang tinggal di dalamnya. (baca: Cara Menata Ruang Tamu Ukuran Kecil dan Besar)

Ruang Tamu Informal

Fungsi ruang  tamu informal bisa memiliki fungsi selain menjamu tamu. Ruang tamu informal ini bisa menjadi tempat berkumpul bersama, bersantai, sekaligus hiburan. Para tamu yang dijamu dalam ruang tamu informal ini tentunya para kerabat dan sahabat yang telah memiliki kedekatan dengan keluarga. Kunjungan keluarga tentunya tidak hanya sebentar. Agar tidak monoton menjamu kerabat hanya dengan perbincangan di ruangan formal, Anda perlu menyediakan ruang tamu informal agar terasa nyaman dan lebih santai. Sesuai fungsinya sebagai ruang tamu informal dan bersifat santai, perabot tambahan yang bisa disediakan adalah televisi atau home theater. (baca: Tips Memilih Sofa yang Awet dan Nyaman)

Letak ruang tamu informal ini bisa terletak di ruang tengah atau menyatu dengan ruang keluarga. Perabot yang dipilih untuk ruang tamu informal ini biasanya dipilih yang memiliki kesan santai. Sofa yang dipilih adalah sofa yang memiliki kenyamanan. Meja tidak wajib ada dalam ruangan tamu informal ini. Namun pilih sofa dengan meja yang bisa diletakkan fleksibel. (baca: Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis Modern dan Etnik)

Ruang Tamu Beranda

Fungsi ruang tamu beranda adalah sebagai sebagai tempat tunggu tamu. Letaknya di teras beranda rumah sebelum pintu masuk. Biasanya ruang tamu beranda disediakan apabila pemilik rumah adalah orang sibuk. Sehingga tamu yang datang perlu menunggu selama beberapa waktu sebelum pemilik rumah menemuinya.

Pilihan kursi yang tepat untuk ruang tamu beranda ini adalah beberapa kursi besi yang bisa dipindah dengan meja kaca di tengah. Ruang tamu beranda ini biasanya dipakai untuk menerima tamu-tamu asing yang kedatangannya tidak terlalu lama, seperti sales person. (baca: Tips Menata Rumah Agar Rapi)

Ruang Tamu Santai

Fungsi ruang tamu santai adalah sebagai tempat menerima tamu sekaligus area bersantai. Letaknya bisa di sisi halaman belakang rumah menghadap kebun. Sofa, bangku atau kursi tidak wajib ada di sini. Untuk memberikan suasana lain, karpet lebih nyaman diletakkan disini.

Bantalan duduk segitiga atau kotak dan sebuah meja pendek cukup nyaman diletakkan disini. Ruang tamu santai ini bisa difungsikan sebagai tempat bersantai keluarga atau pada saat banyak keluarga besar berkumpul. (baca: Cara Menata Rumah Sempit agar Terlihat Luas)

Penataan Ruang Tamu

Penataan ruang tamu harus sesuai fungsinya. Utamanya pilihan jenis tempat duduk untuk melengkapi wajah dan tampilan ruangan. Pemilihan tempat duduk, meja, karpet, lantai, dan perabot lainnya perlu diperhitungkan baik-baik.

  1. Tempat duduk

Memilih sofa atau kursi kayu kontemporer untuk ruang tamu Anda perlu diperhitungkan baik-baik. Bila ruangan Anda cukup luas, ruang tamu bisa dibagimenjadi dua bagian. Masing-masing sudut diberi dua set tempat duduk untuk keperluan saat kedatangan banyak tamu. Keberadaan single chair, kursi goyang, atau bangku  bisa menambah kenyaman ruang tamu. (baca: Kesalahan dalam Desain Interior Rumah Sederhana)

  1. Meja

Meja di ruang tamu berfungsi untuk meletakkan minuman dan hidangan untuk menghormati para tamu. Meja menjadi perabot wajib ada di ruang tamu formal tempat rekan kerja mampir untuk membicarakan pekerjaan dan lain sebagainya. Letak minuman dan hidangan harus di dekat tamu agar tidak menimbulkan rasa sungkan.

Beda dengan ruang tamu informal yang peletakan meja bisa di sudut lain tanpa tamu merasa sungkan untuk mengambil hidangan yang telah disediakan. Selain meja dan kursi yang wajib ada, gorden adalah pemanis ruang tamu yang perlu Anda perhitungkan cara memilihnya. (baca: Cara Membuat Gorden Minimalis Sebagai Pemanis Ruangan)

  1. Lantai

Pemilihan jenis lantai untuk ruang tamu bisa berupa lantai porselin atau lantai kayu. Pemilihan material ini harus disesuaikan dengan perabot yang telah Anda punya. Kelebihan lantai porselin adalah lebih mudah dibersihkan menggunakan sapu dan pel daripada lantai kayu. Selain itu untuk daerah panas, lantai porselin bisa menyejukkan ruangan. Sedangkan lantai kayu cocok untuk rumah yang bernuansa etnik dan alami.

Lantai kayu perlu perawatan ekstra agar kilau pliturnya tidak cepat pudar. Bersihkan lantai kayu dari debu menggunakan vacum cleaner daripada menggunakan kain pel basah. Debu dan kecoa adalah musuh utama yang wajib Anda ketahui cara membasminya dari dalam rumah. (baca: Cara Membasmi Kecoa di Rumah Secara Alami)

  1. Karpet

Memberikan sentuhan karpet untuk mempercantik ruang tamu juga memberikan kesan elegan para ruang tamu. Selain itu juga bisa menjadi pelengkap dekorasi lantai rumah. Namun Anda perlu melakukan pembersihan karpet dari debu dan pasir yang masuk setiap hari menggunakan penyedot debu. Setiap bulan karpet wajib diganti dan dicucikan ke laundry atau dicuci sendiri agar tungau dan jamur tidak sempat berkembang biak. (baca: Ciri-Ciri Rumah Tidak Sehat Wajib Anda Ketahui)

  1. Dekorasi

Dekorasi dan pajangan yang biasa diletakkan di ruang tamu menunjukkan siapa Anda dan keluarga. Pilihlah dekorasi yang sesuai dengan kepribadian Anda. Misalkan saja lukisan atau patung pahatan yang ada di ruangan menunjukkan Anda pecinta seni. Pajangan kristal yang Anda letakkan dalam vas bunga dan hiasannya menunjukkan Anda orang yang dinamis. Bila Anda menyukai suasana alami, tambahkan dekorasi tanaman hijau di ruangan. (baca: Cara Membuat Hiasan Dinding Ruangan dan Kamar)

Fungsi ruang tamu utamanya adalah menjamu tamu. Namun Anda bisa membagi fungsi ruang tamu sebagai tempat informal, tempat bersantai, dan tempat menunggu. Dengan memahami fungsi itu, Anda bisa menata ruang tamu sesuai keinginan Anda. Semoga bermanfaat.



Artikel Lainnya



, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ruang Tamu