Sponsors Link

11 Cara Membersihkan Akuarium Akrilik agar Kinclong

Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan jika memakai akuarium yang terbuat dari bahan akrilik. Salah satu kelebihan akuarium akrilik adalah lebih kuat dan juga lebih fleksibel dibandingkan kaca sehingga tidak mudah bocor atau pecah. Selain itu, berat dari akuarium akrilik juga lebih kurang dari kaca sehingga lebih mudah dipindahkan ke mana saja. Namun dibalik semua manfaatnya, ada juga kekurangan dari akuarium akrilik yakni lebih mudah tergores sehingga ketika dibersihkan harus dilakukan dengan hati hati. Agar tidak salah, berikut akan kami berikan cara membersihkan akuarium akrilik selengkapnya untuk anda.

ads

1. Bersihkan Dengan Cuka

Cuka putih bisa digunakan untuk cara membersihkan akuarium akrilik. Cuka putih bisa membersihkan endapan mineral pada tangki dan cara menggunakannya juga cukup mudah yakni hanya meletakkan beberapa tetes cuka putih di atas handuk kecil kemudian usap handuk tersebut pada sepanjang dinding dan bagian bawah akuarium.

Selain itu, anda juga bisa mencairkan cuka putih di dalam air dan semprotkan pada dinding akuarium untuk membersihkan. Pastikan anda memakai kain katun yang lembut untuk membersihkan dan jangan pakai handuk kertas karena bisa menggores akuarium akrilik anda. Jika ada residu, maka anda perlu mengikisnya memakai pisau cukup plastik.

2. Scraper Alga

Dibandingkan anda memakai bahan bahan kimia tambahan yang mungkin bisa berbahaya untuk ikan dalam akuarium, ketika anda ingin membersihkan ganggang dari tangki akuarium, maka gunakan scraper alga tidak hanya sekedar menggunakan alat pembersih akuarium otomatis. Scraper alga ini bisa anda dapatkan di roko persediaan hewan peliharaan dan jangan beli di toko jenis lain karena mungkin sudah ditambahkan dengan residu bahan kimia yang bisa berbahaya untuk ikan dan bahkan bisa menggores akuarium akrilik anda.

3. Produk Komersial

Jika anda memutuskan untuk membeli produk pembersih komersil, maka pastikan produk komersil yang anda beli tersebut memang dirancang khusus untuk akuarium untuk cara membersihkan kaca akuarium dari kerak. Produk pembersih dengan amonia atau jeruk nipis bisa berbahaya dan membunuh ikan. Anda bisa menemukan pembersih ramah lingkungan yang dibuat khusus untuk membersihkan akuarium dalam bentuk semprotan atau tisu basah. Pastikan pada label tertera rekomendasi untuk akuarium akrilik. Selain itu, beberapa produk juga diformulasikan untuk menahan sidik jari dan juga mengusir debu sehingga bisa memberikan manfaat lebih.

4. Pakai Produk yang Tepat

Tidak seperti fishbowl atau akuarium kaca, akuarium akrilik sangat khusus ketika berbicara tentang cara membersihkannya. Spons biasa atau handuk kertas terlalu kasar untuk bahan lembut seperti akrilik namun tidak bisa digunakan untuk cara menjernihkan air aquarium. Hal ini juga berlaku pada pembersih rumah tangga biasa yang bisa meninggalkan bekas lecet pada akuarium anda.

Untuk membersihkan dengan cara aman, maka anda perlu berinvestasi dengan produk yang memang dirancang khusus untuk akrilik. Dibandingkan memakai spons tua, anda sebaiknya memakai kain katun yang lembut dan scraper plastik untuk memberikan sentuhan lembut pada dinding akuarium. Anda juga bisa menambahkan dengan cairan poles akrilik yang aman di pasaran untuk dipakai pada bagian luar akuarium anda agar lebih mengkilap.

5. Gosok Dengan Lembut

Menyeka dinding akuarium akrilik menjadi proses yang sangat rumit sehingga jangan sampai anda menggosok terlalu keras jika anda menemukan sudut sudut akuarium yang sangat sulit. Memberi tekanan yang lebih besar pada scrub nantinya bisa menyebabkan goresan yang juga harus diterapkan ketika anda memilih cara membuat aquarium sederhana.

6. Perhatikan Butiran Pasir

Meskipun ukuran sebutir pasir sangatlah kecil dan terlihat tidak berbahaya, namun ketika tersangkur di antara scrub pad dan dinding akuarium, maka bisa menimbulkan masalah. Agar anda bisa terhindar dari goresan pada akuarium karena pasir yang tidak disengaja, maka anda harus menyapu semua pasir dari dinding akuarium sebelum dibersihkan. Berhati hatilah untuk tidak mengaduk partikel ketika memoles di dekat bagian bawah akuarium akrilik anda.


7. Pakai Mag Floats

Mag floats atau juga bisa kain katun yang lembut bisa anda gunakan untuk membersihkan bagian dalam akuarium akrilik agar ganggang di dalam akuarium bisa hilang dan juga bisa digunakan untuk cara membersihkan kaca buram. Namun, hati hati agar tidak ada pasir dan kerikil yang masuk di antara mag float atau kain dan juga akuarium akrilik ketika membersihkan karena bisa meninggalkan goresan. Anda juga bisa memakai spons atau pembalut yang dibuat khusus untuk akuarium yang kompitabel dengan akrilik, namun pastikan untuk selalu membaca label dan petunjuk dengan teliti sebelum digunakan.

8. Gunakan Pemutih

Jika memang ukuran ganggang yang ada di dalam akuarium akrilik anda menjadi masalah besar, maka anda bisa mengosongkan seluruh tangki ikan dan rendam akuarium tersebut dengan air pemutih dengan perbandingan 1 bagian pemutih dan 20 bagian air selama 24 sampai 48 jam seperti yang biasa digunakan untuk cara membersihkan kaca yang berkerak. Lanjutkan dengan membersihkan alga memakai kain katun yang lembut. Hal yang harus anda ingat, ketika mengisi ulang akuarium akrilik, maka gunakan dua kali lipat jumlah air conditioner untuk mengakomodasi pemutih.

9. Kit Pelepas Goresan Akrilik

Jika secara tidak sengaja akuarium akrilik anda tergores, maka beli kit pelepas goresan akrilik. Ini sangat penting agar anda bisa menggosok goresan tersebut dan bahkan ada beberapa kit yang juga bisa dipakai dengan aman di bawah air tanpa perlu membahayakan kehidupan di dalam akuarium anda.


10. Pakai Polishing

Polishing atau amplas dengan tekstur halus dibutuhkan jika memang akuarium akrilik anda sudah terlanjur tergores. Untuk menggunakan alat ini, anda harus melakukannya dengan benar benar hati hati agar tidak menimbulkan goresan yang baru. Selain itu, kecermatan anda juga benar benar dibutuhkan ketika memakai amplas karena tidak semuanya bisa dipakai. Hindari menggunakan amplas dengan permukaan yang kasar dan jika anda ingin menambahkan cairan pembersih kaca, maka sebaiknya pilih yang aman untuk bahan plastik. Sebagai alternatif tambahan, anda juga bisa menggunakan pasta gigi warna putih untuk mengangkat plak pada lapisan akuarium akrilik.

11. Pakai Kanebo

Kanebo merupakan kain halus yang tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan kendaraan dan cara membersihkan keramik yang kusam, namun juga bisa digunakan untuk membersihkan lapisan akrilik pada akuarium anda. Kain kanebo sangat dianjurkan karena tidak menyebabkan akuarium tergores yang bisa anda gunakan untuk menggosok bagian atas dengan perlahan dan pastikan tidak ada benda keras yang menghalangi ketika membersihkan akuarium.

Beberapa cara membersihkan akuarium akrilik yang sudah kami jelaskan di atas sangat penting dilakukan agar tampilan akuarium akrilik anda tetap terlihat bagus dan minim goresan. Perawatan juga harus dilakukan dengan teratur untuk menjaga penampilan akuarium anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan