Sponsors Link

5 Cara Menata Barang Di Rumah Sempit Agar Tetap Rapi

Menata barang bisa anda lakukan pada setiap jenis-jenis rumah tinggal, termasuk rumah yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar alias sempit. Seseorang yang tidak memahami tentang cara menata barang di rumah sempit akan membuat rumahnya terlihat sesak dan pengap, padahal sebenarnya barang yang dimiliki tidak terlalu banyak, cuma karena penempatan posisi atau peletakan barang tersebut yang salah.

ads

Meskipun hal ini terkesan sepele, akan tetapi jika seseorang datang berkunjung ke rumah anda dan menemukan ternyata barang-barang di rumah anda tidak tertata dengan baik dan rapi, maka orang tersebut akan mulai berpikir bahwasanya rumah anda bukan termasuk ciri-ciri rumah sehat karena begitu sesak dan sempitnya ruangan anda.

Maka dari itulah, anda membutuhkan sebuah tips mengenai cara menata barang di rumah sempit agar nantinya meskipun anda memiliki barang yang cukup banyak, namun rumah anda tidak akan terlihat sesak dan pengap yang tentu orang-orang yang berkunjng ke rumah anda tidak sampai berpikiran bahwasanya rumah anda termasuk ciri-ciri rumah tidak sehat.

1. Menyesuaikan dengan ruangan anda

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika ingin menata barang-barang di rumah yang sempit adalah menyesuaikan barang-barang anda tersebut dengan ruangan yang ada di rumah anda. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa rumah yang sempit cenderung membuat kita lebih sulit ketika ingin menata barang-barang, terlebih jika barang-barang yang kita miliki jumlahnya banyak atau ukurannya yang besar.

Jika anda memaksakan hal tersebut, maka tidak heran jika kemudian rumah anda akan terlihat berantakan dan sesak karena anda memaksakan barang-barang anda tersebut untuk bisa diletakkan di dalam rumah. Karena itulah, yang harus anda lakukan adalah dengan menyesuaikan barang-barang yang ingin anda letakkan dengan ruangan rumah anda.

Anda bisa meletakkan barang-barang tersebut berdasarkan fungsi dan juga barang yang sering anda gunakan. Kami menyarankan agar anda membuat sebuah tempat penyimpanan tetap yang akan anda gunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang anda tersebut agar tidak terlihat menumpuk jadi satu yang memberikan kesan pengap. Selain itu, jika nantinya anda membutuhkan barang-barang tersebut, maka anda tidak perlu repot-repot mencarinya.

2. Menentukan skala prioritas

Salah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah bukan hanya bisa anda lakukan dengan menggunakan jenis-jenis lantai rumah yang bagus, melainkan juga bisa dengan memikirkan mengenai skala prioritas.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memikirkan barang-barang yang sering anda gunakan setiap harinya. Artinya, sesuaikan barang-barang tersebut dengan kebutuhan anda. Kami tidak menyarankan anda meletakkan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak anda gunakan lagi karena hal inilah yang akan membuat rumah anda seolah-olah kehabisan ruangan untuk penempatan perabotan atau barang-barang rumah yang lainnya.

Dan yang tidak kalah penting adalah sebelum anda membeli perabotan rumah, pastikan bahwa ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memakan banyak ruang yang malah nantinya akan menggeser penempatan barang-barang anda yang lainnya.

Sebaliknya, anda harus memilih dan menentukan barang-barang yang memiliki banyak manfaat dan sering anda gunakan, namun tidak memakan ruangan yang terlalu banyak. Inilah cara menata barang di rumah sempit yang bisa menjadi opsi terbaik untuk anda.

3. Memanfaatkan ruangan yang kosong

Meskipun pada dasarnya anda memiliki ruangan yang sempit, namun bukan berarti hal ini menghalangi anda untuk melihat mana kira-kira ruangan kosong yang bisa anda manfaatkan. Di dalam rumah anda tentu saja ada ruangan kosong yang jarang anda gunakan sehingga di sini penting bagi anda untuk lebih cermat di dalam menemukannya.

Salah satu ruangan kosong bisa anda jumpai ketika anda memiliki rumah yang termasuk jenis-jenis tangga rumah karena pada bagian bawah tangga tentu anda akan menemukan ruangan yang bisa jadikan sebagai peletakan atau penempatan barang-barang anda.

Beberapa perabotan yang bisa anda letakkan di bawah tangga tersebut seperti alat kebersihan rumah, antara lain sapu, ember, penyedot debu, pel, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini akan membuat ruangan anda yang lain tidak pengap karena anda bingung meletakkan alat-alat kebersihan rumah anda tersebut.


4. Merapikan rumah anda secara rutin

Tahukah anda bahwa salah satu cara menata barang di rumah sempit adalah dengan membiasakan diri merapikannya secara rutin? Kebiasaan ini selain berguna untuk membuat ruangan di rumah anda tetap rapi, hal ini juga akan membuat rumah anda selalu bersih sehinggat keluarga anda terhindar dari berbagai masalah atau gangguan yang bisa datang kapan saja, seperti debu, kotoran, dan lain sebagainya.

Yang harus anda lakukan adalah dengan membuat sebuah jadwal rutin setiap minggunya yang harus anda laksanakan guna membuat rumah anda tampa selalu bersih dan rapi. Jika anda kewalahan atau kesulitan melakukan kebiasaan ini karena anda juga memiliki jadwal yang cukup padat, maka anda bisa membagi tugas tersebut dengan anggota keluarga yang lainnya.

Dengan membersihkan rumah secara bersama-sama tentu bukan hanya akan membuat pekerjaan anda selesai lebih cepat, namun hal ini juga bisa menjadi sebuah pelajaran untuk membiasakan keluarga anda agar mereka selalu hidup bersih dan rapi.

5. Menggunakan lemari gantung

Rumah yang sempit bukan berarti akan membuat anda tidak bisa meletakkan dan menata barang-barang yang ada di dalam rumah anda tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan lemari gantung.

Lemari gantung memang saat ini menjadi salah satu tren yang mulai banyak dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki rumah minimalis atau rumah sempit karena lemari gantung akan menghemat space atau ruangan anda.

Cara membuat lemari gantung atau yang juga disebut dengan rak dinding melayang tidak terlalu sulit. Dan dengan memanfaatkan lemari gantung, maka tentu anda akan memiliki banyak ruangan yang nantinya bisa anda gunakan untuk meletakkan barang-barang anda yang lainnya.

Namun yang harus anda ingat adalah pastikan bahwasanya barang-barang anda tersebut tetap tertata rapi dan bukan malah memberikan kesan pengap dan sempit pada rumah anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Perabot