Sponsors Link

Mengintip 6 Cara Mengatasi Tanaman Layu

tanaman layuSalah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah adalah memiliki halaman rumah yang dihiasi dengan berbagai jenis bunga untuk taman. Memiliki taman yang indah tentunya idaman semua orang. Selain itu dengan adanya area hijau pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal juga dapat membangun ciri-ciri lingkungan sehat disekitar.  Namun faktor keindahan bukanlah hal yang penting jika dibandingkan dengan cara merawat tanaman hias. Sebab kesuburan tanaman sangat berpengaruh tidak hanya pada tanaman itu sendiri namun juga pada tampilan keindahan. Apabila Anda tidak mengetahui cara merawat yang benar, maka lama kelamaan tanaman akan menjadi layu hingga akhirnya mati.

ads

Akan tetapi terkadang, meskipun sudah dirawat dengan sedemikian rupa, tanaman tersebut masih saja layu dan berubah menjadi coklat. Tanaman layu dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah tanaman tersebut kekurangan nutrisi makanan. Seperti halnya makhluk hidup yang lain, tanaman juga membutuhkan kadar nutrisi yang cukup. Jika tidak diperbaharui dalam kurun waktu tertentu, kandungan nutrisi yang ada pada tanaman tersebut akan semakin menipis. Hal inilah yang memicu tanaman menjadi tidak sehat dan lama kelamaan layu.

Tanaman yang layu tentunya bukan pertanda yang menyenangkan. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Anda perlu mengetahui cara mengatasi tanaman layu yang baik dan benar. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa caranya, simak!

  1. Memindahkan ke pot yang baru

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan memindahkan tanaman tersebut pada pot yang barut. Ashton Ritchie, seorang ahli tanaman dan rumput di Scotts Miracle-Go berpendapat bahwa memindahkan tanaman yang sudah layu kepada pot dengan tanah yang baru dapat memberikan perbedaan signifikan pada tanaman. Anda dapat menggunakan pot yang berukuran lebih besar supaya akar memiliki ruang untuk tumbuh dengan baik.

  1. Memberi makanan yang lebih baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu faktor yang dapat menyebabkan tanaman layu adalah kekurangan nutrisi. Dengan memberikan asupan makanan yang sehat tentu akan membuat tanaman tumbuh lebih sehat dan segar. Anda perlu memberikan pupuk yang terbaik dan memiliki kualiatas terpercaya. Ingatlah untuk tidak tergesa-gesa dalam memberikan pupuk supaya tanaman tidak terlalu banyak mendapatkan asupan dalam satu rentang waktu.

  1. Jangan terkena sinar matahari langsung

Tanaman memang membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya. Namun bukan berarti sinar matahari yang diberikan menjadi berlebihan. Anda juga perlu mengontrol banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh tanaman tersebut. Untuk itu tanaman sebaiknya diletakkan pada daerah yang teduh yang menerima sinar matahari cukup dan tidak berlebih.

  1. Mengontrol proses penyiraman

Kebutuhan air pada berbagai jenis tanaman dapat berbeda-beda. Contohnya adalah tanaman kaktus yang tidak terlalu membutuhkan banyak air dan sebagainya. Untuk itu Anda perlu mengenali karakteristik tanaman yang Anda gunakan. Apakah tanaman tersebut membutuhkan air yang banyak atau tidak. Jika tanaman rumah layu, maka Anda masih belum mengenal kebutuhan tanaman tersebut.

Sponsors Link

  1. Membersihkan dari hama

Tumbuhan menjadi layu ternyata juga dapat disebabkan oleh hama dan bakteri. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman hias pengusir serangga dan tanaman yang tidak disukai lalat disekitaran tanaman Anda. Dengan begitu hama tidak akan berani mendekat.

  1. Meletakkan pada green house

Beberapa tanaman akan tumbuh lebih baik apabila hidup di lingkungan yang lebih lembab. Untuk itu Anda dapat membuat greenhouse sebagai tempat menampung tanaman tersebut. Anda dapat membaca cara membuat green house sebagai solusinya.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi tanaman layu. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Taman