Sponsors Link

Mengintip 4 Cara Merawat Sofa pada Rumah Tinggal

merawat sofaSalah satu perabot yang tidak luput pada berbagai desain rumah minimalis termasuk rumah minimalis sederhana, adalah sofa. Sofa dapat dikatakan tergolong pada perabot rumah yang penting ada di berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Penempatan sofa biasanya diletakkan pada ruang tamu atau pun ruang keluarga. Sofa dinilai mampu menaikkan tampilan ruangan menjadi lebih indah. Perabot ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah lho! Sebab sofa dapat didapatkan dalam harga yang cukup murah hingga mahal sekalipun. Material sofa pun sangat beragam, diantaranya adalah sebagai berikut :

ads
  • Bahan katun. Sofa berbahan katun cukup populer dikalangan konsumen. Untuk membersihkan jenis sofa ini biasanya Anda hanya cukup menggunakan air bersih ataupun disetrika. Anda juga dapat membaca cara menghilangkan bau pada sofa kain serta cara membersihkan sofa dengan baking soda sebagai rekomendasi.
  • Bahan polyster. Sofa berbahan polyster cenderung lebih rentang terhadap air. Cara membersihkan sofa ini  dilakukan dengan dry cleaning.
  • Bahan sutra. Salah satu jenis bahan sofa adalah sofa berbahan sutra. Meskipun sofa jenis ini termasuk jarang digunkan karena lebih umum digunakan sebagai sarung bantal sofa. Begitu juga dengan sofa berbahan woll.
  • Bahan kulit. Sofa berbahan kulit bisa dikatakan paling populer dibeli diantara para konsumen. Sebab sofa jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan, terlebih sofa berwarna putih. Anda dapat membaca cara membersihkan sofa kulit putih untuk perawatannya.

Salah satu tips memilih sofa adalah menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Disamping sofa memiliki daya tarik yang tinggi pada ruangan, perawatn sofa juga penting supaya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu Anda membutuhkan tips dan trik yang tepat sebagai cara merawat sofa di dalam rumah. Mau tahu? Berikut ini adalah beberapa caranya, simak!

  1. Menghindari sinar matahari langsung

Meskipun populer, perawatan sofa dapat dikatakan cukup rumit. Salah satunya sofa tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Mengapa demikian? Karena paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat menyebabkan warna sofa memudar. Tidak menutup kemungkinan juga kulit sofa perlahan akan mengelupas.

  1. Menjauhkan dari binatang peliharaan

Apabila Anda memiliki binatang peliharaan di dalam rumah, sebaiknya hindari binatang tersebut pada sofa rumah Anda. Apabila tidak dijaga, maka tidak heran hewan peliharaan tersebut secara tidak sengaja akan menggores permukaan sofa. Hal ini tentunya dapat mengurangi keindahan sofa Anda. Untuk membersihkan sofa rumah dari debu, Anda juga dapat menggunakan alat kebersihkan rumah berupa vacuum cleaner.

  1. Menjemur di bawah sinar matahari

Meskipun tidak boleh terkena paparan sinar matahari, namun sofa juga perlu untuk di jemur. Setidaknya bagian bantalan kursi. Proses penjemuran dapat dilakukan selama satu minggu sekali dalam waktu kurang lebih satu jam. Ketika di jemur, Anda juga dapat memukul-mukul sofa bantal tersebut supaya debu yang ada menjadi keluar dan tidak menempel lagi. Namun jangan terlalu lama menjemurnya supaya warna pada sofa tidak memudar.

  1. Membersihkan noda yang menempel

Apabila Anda menemukan noda yang menempel pada sofa, segera bersihkan sesegera mungkin. Supaya noda tersebut tidak mengendap dan menjadi sulit untuk dibersihkan. Terlebih sofa yang terbuat dari bahan halus seperti sutra, linen, kulit dan juga beludru.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara merawat sofa yang baik. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot