Sponsors Link

8 Desain Taman Depan Rumah Tanpa Pagar

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah rumah tinggal adalah pagar. Selain untuk faktor keamanan atau cara mencegah rumah kemalingan, pagar juga dapat memperindah tampilan rumah. Namun elemen konstruksi yang satu ini bukanlah satu hal yang wajib. Tampilan rumah masih akan tetap cantik tanpa menggunakan pagar.

Berbagai macam ide desain lansekap taman tanpa pagar dapat diaplikasikan untuk taman depan dengan berbagai gaya. Ide tersebut mulai dari tanaman pengganti pagar hingga  inovasi desain tangga. Pun ide dengan harga terjangkau hingga budget yang tidak terbatas. Berikut ini adalah beberapa desain lansekap taman depan rumah tanpa pagar terbaik dan terjangkau.

1. Pembatas beton sebagai kamuflase

Salah satu cara yang paling simpel untuk membuat taman depan tanpa pagar adalah dengan membatasinya dengan dinding beton seperti halnya cara membuat pagar tembok. Buka dinding beton yang tinggi, hanya dinding beton yang digunakan sebagai pembatas tanaman atau yang setinggi 2 hingga 3 anak tangga saja. Dengan demikian fasad rumah juga masih dapat terlihat dengan jelas.

Konsep seperti ini cocok untuk rumah dengan taman depan yang luas sehingga jarak antara pintu rumah dan trotoar jalan masih agak jauh. Dengan menggunakan pembatas yang bermaterial sama dengan jalan sirkulasi, taman akan semakin nampak serasi dan menyatu. Selain sebagai pembatas taman, dinding juga dapat dibentuk persegi untuk menandai bahwa tempat tersebut adalah area tanaman atau pepohonan.

2. Cantik dengan bunga

Tanaman bunga juga dapat digunakan sebagai pengganti pagar. Tanaman dapat membuat taman tampak lebih asri dan alami seperti pada tanaman untuk pagar rumah minimalis,  tanaman hias merambat untuk kanopi atau untuk tanaman hias untuk balkon. Anda dapat memilih jenis tanaman setinggi 30cm hingga 1 meter. Penataan tanaman pun dapat didesain sedemikian rupa, semisal dengan pembatas batu alam. Perawatan tanaman bunga ini pun juga termasuk lebih mudah karena cara merawat bunga tidak terlalu sulit daripada menggunakan pagar besi, kayu dan yang lain.

Tanaman yang baik untuk digunakan di luar atau bunga yang cocok ditanam di depan rumah, tentu saja adalah tanaman yang memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Beberapa pilihan tanaman bunga yang dapat digunakan sebagai pagar antara lain adalah bunga matahari, bunga sepatu, morning glory, jengger ayam, bougenville, kamboja, tabebuya, bunga pentas, bunga gaillardia, bunga mandevilla sendari, bunga sikat botol, dan lain sebagainya.

3. Asri dengan pagar dedaunan

Seperti halnya tanaman bunga, tanaman yang kaya akan dedaunan juga layak digunakan sebagai pagar, seperti misalnya jenis tanaman vertical garden. Anda juga dapat mengatur sendiri bentuk dan ketinggiannya, mulai dari 10 cm saja, hingga lebih dari 1 meter. Beberapa tanaman hijau yang cocok digunakan untuk pembatas halaman antara lain adalah pakis, soka, bayam merah, lidah mertua, palem, siklok.

4. Aman dengan permainan level

Taman depan tanpa pagar juga akan aman dengan permainan level ketinggian rumah. Anda dapat membuat rumah yang lebih tinggi dari jalan dengan tiga tingkat yang berbeda. Semisal 3 tingkat anak tangga dari jalan depan rumah, kemudian bordes, tiga tingkat anak tangga untuk taman di tengah, kemudian bordes lagi dan terakhir lima tingkat tangga menuju teras depan rumah. Untuk sirkulasi menuju garasi dapat menggunakan konsep ramp.

Selain membuat dasar rumah terlihat lebih jelas karena tempat yang tinggi, Anda juga dapat membuat konsep taman tampak semakin menarik dengan permainan letak tanaman. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan area taman tengah sebagai tempat duduk outdoor. Taman bawah dapat difungsikan sebagai tempat untuk meletakkan lampu taman dan kotak pos.

5. Luas dengan lahan terbuka

Selain permainan level, rumah tanpa pagar juga dapat disiasati dengan membuat taman yang lebih luas dengan teras yang jauh dari jalan. Manfaatkan area terbuka tersebut untuk menata rerumputan dan area tanaman perdu. Taman akan terlihat lebih lapang tanpa adanya pepohonan tinggi yang membatasi antara jalan dengan muka rumah. Bagian teras dapat difungsikan sebagai area duduk untuk menerima tamu. Sedangkan tanaman tinggi dapat diletakkan di bagian yang berbatasan dengan dinding tetangga atau samping rumah ataupun taman belakang rumah.

6. Tampil modern dengan paduan tangga dan lampu

Taman tanpa pagar depan dapat dibentuk agak mendaki dengan bantuan sirkulasi tangga dari jalan menuju pintu depan. Untuk tampilan lebih modern dan dramatis, Anda dapat meletakkan lampu taman yang ditanam di dinding anak tangga. Dengan begitu sirkulasi akan semakin tampak ketika malam hari.

Penataan lahan taman tanpa rumput dan hanya menggunakan batuan juga dapat menjadi terobosan yang unik dan menarik. seperti halnya taman gurun, Anda dapat mengkombinasikan konsep ini degnan menggunakan tanaman perdu berbentuk jarum. Alternatif lain adalah dengan menggunakan tanaman jenis kaktus atau sukulen. Tambahkan satu atau dua pohon tinggi yang dilengkapi lampu sorot agar taman tampak lebih indah.

7. Tandai dengan sirkuasi pemisah

Tanpa menggunakan pagar yang termasuk salah satu cara membangun rumah dengan dana minim, taman depan rumah dapat ditandai dengan sirkulasi pemisah untuk membedakan taman pribadi dengan taman umum. Sirkulasi tersebut dapat menyerupai trotoar namun tanpa perbedaan ketinggian lantai. Material yang digunakan pun juga bermacam-macam. Mulai dari batu kali, batu potong, aspal, ubin kasar, dan lain sebagainya.

Untuk area tanaman pribadi, Anda dapat tidak menggunakan pembatas sama sekali ataupun menggunakan pembatas seperti bata, batako, batu dan lain sebagainya. Pilih banyak tanaman perdu agar tanaman tersebut tidak menghalangi pandangan dari jendela. Atau jika ingin menggunakan pohon tinggi, letakkan pohon tersebut di tempat yang pas dengan dinding.

8. Isi jarak dengan urban farming

urban farmingSelain taman dengan lapangan terbuka seperti poin sebelumnya, Anda dapat menggunakan konsep urban farming untuk mengisi kekosongan lahan dan sebagai pembatas antara area luar dengan teras rumah. Konsep ini dapat disuguhkan dengan kotak kayu yang diisi dengan berbagai jenis tanaman sayuran.

Itulah tadi beberapa desain taman depan rumah tanpa pagar terbaik yang dapat membuat tampilan taman Anda makin cantik dan asri seperti pada cara membuat pagar bambu sendiri. Selalu sesuaikan konsep yang Anda pilih dengan gaya rumah atau tampilan fasad rumah Anda. Selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Taman