Sponsors Link

9 Tata Ruang Rumah Menurut Feng Shui untuk Mendatangkan Nasib Baik

Menerapkan feng shui rumah agar rejeki lancar menjadi salah satu hal yang banyak diikuti oleh semua pemilik rumah. Feng shui memiliki kepercayaan khusus mengenai tata cara menata rumah dan semua ruangan dalam rumah tersebut. Fokus dari Feng Shui sendiri adalah untuk mencapai hidup yang seimbang dengan harmonisasi hidup yang lebih banyak mendatangkan nilai kebaikan.

Jika Anda percaya dengan kebiasaan penataan rumah yang baik maka sebenarnya ada banyak dampak positif untuk rumah itu sendiri. Kemudian manfaatnya juga bisa terjadi pada semua penghuni rumah. Lalu bagaimana tata ruang rumah menurut feng shui untuk mendatangkan nasib baik? Berikut tata cara yang bisa Anda lakukan.

  • Bagian pintu

Pintu menjadi jalan awal untuk masuk ke dalam rumah dan semua ruangan dalam rumah. Pintu memiliki peran yang sangat penting dalam ilmu penataan rumah berdasarkan feng shui. Pintu membantu aliran energi yang baik masuk ke dalam rumah dan energi negatif bisa keluar dari rumah. Ada beberapa aturan mengenai tata letak pintu dalam rumah, seperti: pintu depan dan pintu belakang sebaiknya tidak dipasang pada jalan yang sejajar. Kesalahan ini dipercaya bisa menghambat jalan rejeki dimana rejeki masuk selalu akan langsung keluar dan juga masalah kesehatan penghuni rumah. Kemudian pintu kamar tidur sebaiknya tidak bisa dilihat langsung oleh orang lain kecuali penghuni rumah yang masuk ke dalam. Begitu juga letak pintu kamar mandi dan dapur yang sebaiknya juga tersembunyi dari ruang tamu. Untuk pedoman pintu bisa mengikuti pintu masuk rumah menurut feng shui.

  • Perhatikan posisi jendela

Ternyata dalam feng shui aturan mengenai jendela juga tidak kalah pentingnya seperti aturan untuk pintu. Dalam hal ini ajaran feng shui menerapkan sebuah aturan bahwa sebaiknya jendela tidak terhalang oleh benda atau perabot apapun. Misalnya jangan meletakkan sofa pas dengan jendela, atau lemari, rak buku dan perabot lain. Ini bisa menghalangi jalan cahaya dari jendela dan menghalangi langkah untuk membersihkan jendela. Jendela yang terbuka lebar dan bersih akan membuat pertukaran udara dan cahaya menjadi sangat besar. Sebaiknya Anda memperhatikan cara ini untuk cara menata ruang tamu .

  • Mengatur elemen dasar dalam rumah

Untuk menata semua ruangan dalam rumah maka dalam kepercayaan feng shui ada 5 eleman dasar yang harus diikuti. Kelimanya adalah seperti air, api, tanah, logam dan kayu. Ketika Anda bisa menerapkan keseimbangan semua lima elemen dasar ini maka rumah bisa memiliki penataan yang sempurna termasuk untuk berbagai macam-macam konsep desain interior. Penerapan konsep elemen ini sebaiknya dilakukan untuk ruang tidur, kamar mandi dan dapur. Berbagai elemen ini bisa dipertimbangkan dari simbol, hiasan atau bahkan pemilihan warna cat tembok, warna keramik dan tata letak perabot dalam ruangan.

  • Perhatian konsep warna dalam ruangan

Jika Anda melihat rumah dengan tata feng shui yang sempurna maka rumah ini bisa terasa sejuk termasuk untuk rumah dengan ukuran yang kecil. Ternyata semua ini dipengaruhi dari konsep penataan warna dalam ruangan yang sangat seimbang berdasarkan elemen dasar dalam feng shui. Semua warna harus dikombinasikan dengan tepat sehingga membuat rumah memiliki energi positif. Misalnya saja untuk ruang tidur maka disarankan menggunakan konsep warna biru, putih, atau warna pastel lain. Kemudian untuk ruang tamu maka bisa menggunakan warna putih, kuning, dan warna yang memberi energi semangat. Untuk dapur bisa memiliki konsep warna hijau dan warna kayu. Permainan warna harus dilakukan dengan tepat agar rumah bisa membuat nyaman. Termasuk juga dengan memilih warna cat rumah yang indah dan sejuk.

  • Cermin untuk menambah kesan interior

Jika Anda masuk ke dalam rumah dengan interior yang sesuai prinsip Feng Shui maka mereka selalu memasang cermin pada sudut rumah tertentu. Ternyata cermin tidak hanya digunakan untuk bercermin saja. Dalam Feng shui ada pemahaman bahwa cermin bisa mendatangkan elemen cahaya dan energi yang sangat positif. Caranya adalah dengan memasang cermin pada sudut atau bagian rumah yang memiliki akses langsung pada cahaya. Cara ini akan membuat ruangan penuh dengan energi positif yang didapatkan dari cahaya. Sehingga efeknya sangat baik untuk semua penghuni rumah.

  • Terapkan prinsip minimalis

Dalam feng shui juga dipertimbangkan mengenai prinsip minimalis yang sangat penting untuk membuat rumah penuh dengan energi yang positif. Cara untuk menerapkan prinsip ini adalah meletakkan perabot yang diperlukan saja pada ruangan, memberi sedikit perabot tambahan untuk hiasan yang tidak menyita banyak ruangan dan menghilangkan perabot yang sama sekali tidak diperlukan. Dengan menerapkan ini maka rumah benar-benar menjadi nyaman, longgar dan rapi.

  • Penerapan warna keberuntungan untuk perabot

Selain melakukan konsep minimalis maka Anda juga harus mencoba untuk menerapkan pemilihan warna perabot yang sesuai. Misalnya untuk bagian ruang tamu maka bisa memilih bantal sofa merah, sofa kuning, karpet hijau dan perabot lain. Dengan menerapkan konsep warna ini maka bisa dipercaya mendatangkan banyak keuntungan, kesehatan dan kemakmuran untuk semua penghuni rumah.

  • Aksen untuk pintu rumah

Pintu menjadi bagian penting dalam tata ruang menurut feng shui. Pintu menjadi jalan rejeki dan kemakmuran. Karena itu model dan aksen untuk pintu utama atau pintu ruangan harus dipertimbangkan dengan baik. Misalnya memberi warna pintu yang menawan seperti warna kayu dan elemen warna kontras untuk kusen. Lalu terapkan hiasan pada pintu misalnya lampu di kanan dan kiri pintu.

  • Tanaman dalam rumah

Tanaman dalam rumah ternyata memberi pengaruh yang sangat baik untuk proses penataan feng shui. Kondisi ini yang akan membuat rumah menjadi sangat nyaman dan sejuk. Tanaman bisa dipilih seperti tanaman dalam pot jadi kebersihan ruangan tetap terjaga. Tanaman bisa diletakkan dalam pada ruang tamu, dekat pintu masuk dan area tunggu atau lobi sebelum masuk ke ruang tamu. Hal inilah yang akhirnya membuat ruangan menjadi lebih nyaman.

Itulah beberapa tata ruang rumah menurut feng shui untuk mendatangkan nasib baik. Dengan mengikuti aturan tersebut maka diharapkan ruangan bisa mendatangkan energi yang baik dan rejeki yang melimpah.

, ,



Oleh :
Kategori : Desain