Sponsors Link

5 Pengaman Pintu Rumah Tinggal Paling Ampuh

keamanan rumah tinggalBerbagai macam bahaya bisa saja terjadi pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Baik bahaya yang terjadi di dalam rumah maupun berasal dari luar rumah. Bahaya tersebut dapat berupa kebakaran, pencurian, bencana alam dan sebagainya. Sebab kejahatan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, oleh karenanya sebagai pemilik rumah Anda harus berusaha menanggulangi masalah tersebut. Melihat hal tersebut keamanan rumah menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih fungsi utama sebuah rumah adalah melindungi penghuninya dari berbagai macam bahaya serta memberikan kenyamanan dan rasa aman. Tidak hanya menyulap rumah biasa menjadi mewah, namun pemasangan alat pengamanan rumah juga perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah dengan memasang pengaman pintu rumah untuk cara mencegah rumah kemalingan.

ads

Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan rumah Anda kemalingan? Hal ini perlu Anda ketahui dan pelajari supaya faktor-faktor tersebut tidak membahayakan keselamatan rumah minimalis sederhana Anda. Diantara penyebab rumah kemalingan adalah sebagai berikut :

  • Nama pemilik rumah terpampang. Menyediakan nama pemilik rumah pada bagian depan rumah ternyata dapat membawa keuntungan dan kerugian. Keuntungannya adalah dapat memudahkan orang-orang terdekat untuk menemukan rumah Anda. Namun hal ini ternyata dapat dimanfaatkan oleh orang-orang jahat untuk mengakses rumah Anda lebih jauh.
  • Memberikan kunci rumah pada pembantu. Pembantu rumah tangga terbagi menjadi dua macam. Ada yang menetap di rumah dan pulang dalam jangka waktu tertentu dan ada pula yang pulang pergi. Memberikan kunci rumah terhadap pembantu juga harus dipertimbangkan secara matang. Karena apabila menyerahkan pada orang yang salah, maka kunci tersebut bisa disalahgunakan oleh orang-orang tertentu.
  • Lampu rumah mati pada malam hari. Lampu rumah yang mati dapat menjadi celah untuk pencuri masuk ke dalam rumah. Meskipun demikian, survey memaparkan bahwa sebagian besar kasus pencurian sebenarnya terjadi pada siang hari ketika pemilik rumah sedang tidak ada.

Meski sudah mengantisipasi datangnya pencuri di dalam rumah, namun kemungkinan tersebut masih tetap ada. Oleh karena itu pengamanan terhadap rumah sangatlah penting. Terlebih pada bagian pintu, karena pintu merupakan jalan utama masuknya pencuri ke dalam rumah. Bersama dengan artikel ini, Anda akan mengenal beberapa pengaman pintu rumah yang wajib Anda ketahui. Penasaran? Ini dia daftarnya, simak!

  1. Teralis Pintu

Selain teralis jendela, terdapat pula teralis pintu yang memiliki fungsi serupa. Teralis pintu tidak hanya baik digunakan sebagai bentuk pengaman pintu rumah, namun dari segi estetika teralis pintu dapat meningkatkan tampilan rumah menjadi lebih menarik. Teralis pintu sangat cocok diterapkan pada berbagai desain rumah minimalis. Fungsi teralis pintu dapat menjadi pertahanan kedua pintu rumah. Jadi apabila pintu pertama rumah berhasil di jebol, masih ada pintu kedua sebagai pengamannya.

  1. Finger print

Finger print atau door lock merupakan salah satu jenis alat yang digunakan sebagai pengunci pintu berbasis sidik jari. Untuk membuka pintu rumah yang menggunakan finger print, Anda perlu menempelkan sidik jari pada mesin pemindai. Sistem perekam sidik jari pada alat tersebut akan memindai apakah sidik jari tersebut termasuk ke dalam sidik jari yang sudah terdaftarkan di mesin. Apabila tidak maka secara otomatis pintu rumah tidak akan terbuka. Fitur menarik yang dimiliki oleh finger print ini banyak digunakan oleh bangunan yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi seperti hotel, kantor, bahkan hingga rumah mewah sekali pun.

Sponsors Link

  1. Kunci deadbolt

Kunci deadbolt dapat diaplikasikan pada berbagai jenis-jenis pintu rumah, kecuali pintu geser. Keunggulan yang dimiliki oleh kunci ini adalah kualitasnya sangat tinggi, terlebih kunci ini dipasang setidaknya sepanjang 2,5 cm. Alasan yang membuat kunci ini menjadi menarik adalah kunci ini sebenarnya tidak memiliki kunci. Kunci ini juga tidak dapat dirusak kecuali Anda merusak bagian pintu rumah, kusen pintu serta kunci itu sendiri.

  1. Alarm pintu

Alarm nirkabel merupakan alat yang dapat memberikan sinyal berupa sirine apabila di dalam rumah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sinyal ini nantinya dapat dihubungkan pada pemadam kebakaran dan juga kepolisian, sehingga masalah yang terjadi dapat dengan cepat diselesaikan. Alarm ini dapat berkedap-kedip menyerupai dengan ambulance. Untuk pelekatannya, alarm lebih baik ditaruh pada lokasi yang strategis. Jangan lupa untuk memberikan petunjuk penggunaan dan perawatan yang baik agar alarm dapat berfungsi secara maksimal.

  1. CCTV

Keberadaan CCTV di pasaran kini dapat dikatakan memberikan keuntungan yang sangat banyak, terlebih perihal keamanan rumah tinggal. Dengan adanya CCTV di dalam rumah, Anda dapat mengontrol titik tertentu yang rawan akan maling melalui layar monitor. CCTV ini biasanya juga diletakkan pada tempat-tempat umum seperti ATM, pusat perbelanjaan, parkiran dan sebagainya. Pada pemakaian CCTV di rumah tinggal tentunya dapat menguntungkan dan termasuk ke dalam salah satu pengaman pintu rumah.

Demikianlah beberapa jenis pengaman pintu rumah yang dapat Anda gunakan dalam menjaga kemanan rumah tercinta. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Keamanan