Sponsors Link

7 Cara Membersihkan Keramik Motif Batu

keramik motif batuBicara soal material rumah, Anda pasti mengenal material satu ini. Keramik merupakan salah satu material favorit yang sering digunakan sebagai material penutup dinding dan juga pelapis lantai. Maka tidak heran jika Anda menemukan keramik pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal seperti rumah minimalis sederhana dan juga berbagai desain rumah minimalis lainnya. Sebab keramik banyak digunakan pada rumah untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah. Tidak hanya itu, alasan utama mengapa keramik banyak digunakan karena keramik sangat mudah untuk dibersihkan. Varian motif yang ditawarkan keramik juga sangat beragam dan dapat digunakan pada ruang tamu, teras, kamar mandi dan sebagainya.

ads

Salah satu motif yang dimiliki oleh keramik adalah motif batu. Apabila Anda menginginkan nuansa rumah yang alami dan natural, keramik motif batu adalah jawabannya. Keramik ini juga sangat multifungsi dan dapat diletakkan di berbagai ruangan tanpa harus takut kotor. Mengapa demikian? Sebab terdapat beberapa tips ampuh sebagai cara membersihkan keramik motif batu. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa tips dan triknya, simak!

  1. Menghilangkan goresan pada lantai

Tanpa kita sadari terkadang lantai rumah bisa saja terkena goresan-goresan. Jika sudah begini, apakah mungkin mengembalikan permukaan keramik seperti semula? Jawabannya adalah bisa! Bagaimana caranya? Yakni dengan menggunakan campuran baking soda dan sedikit pasta gigi putih yang bukan berbentuk gel. Oleskan keduanya pada permukaan keramik yang tergores. Gosok berkali-kali hingga goresan tersebut hilang dan noda menjadi bersih.

  1. Mengatasi lantai yang kusam

Lantai kusam memang permasalahan umum yang sering terjadi pada lantai rumah, tak terkecuali lantai keramik. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan larutan cuka pada lantai. Oleskan larutan tersebut menggunakan alat kebersihan rumah berupa lap basah. Selanjutnya tunggu dalam beberapa saat dan bilas dengan menggunakan lap kering. Setelah itu lantai belum dapat digunakan kembali, namun basuh kembali dengan menggunakan lap basah supaya bau yang ditimbulkan oleh cuka dapat menghilang.

  1. Membersihkan cipratan minyak

Noda cipratan minyak sering kali menyerang lantai keramik yang diletakkan pada area dapur. Untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan menggunakan tepung terigu. Taburkan tepung terigu secukupnya pada permukaan keramik yang terkena cipratan minyak. Selanjutnya Anda dapat membersihkannya kembali dengan menggunakan lap kering. Maka lantai akan kembali bersih seperti semula. Agar tepung terigu benar-benar hilang, Anda juga dapat membersihkannya dengan menggunakan kain basah.

  1. Menggunakan larutan air lemon dan cuka

Lemon dan cuka merupakan dua bahan yang sering dijumpai di rumah. Namun siapa sangka kedua bahan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih lantai keramik. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan lemon dan cuka ke dalam air hangat secukupnya. Campuran tersebut lalu dimasukkan ke dalam botol spray. Lalu semprotkan larutan tersebut pada permukaan keramik yang hendak dibersihkan. Ratakan dengan menggunakan kain biasa atau dengan kain pel.

  1. Menggunakan larutan air dan baking soda

Baking soda tidak hanya ampuh digunakan sebagai bahan pembersih kaca, cara membersihkan keramik yang kusam, cara membersihkan sofa dengan baking soda namun juga ampuh untuk membersihkan keramik motif batu. Caranya adalah dengan membuat larutan baking soda dengan air ke dalam botol semprot. Campur keduanya hingga merata, lalu semprotkan pada permukaan keramik yang kotor dan terkena noda. Sebelum dibilas tunggu beberapa saat hingga baking soda benar-benar telah bereaksi. Baru setelahnya Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan sikat cuci. Namun gunakanlah sikat yang lembut.

Sponsors Link

  1. Menggunakan larutan air panas dan detergen

Apabila keramik hanya dipenuhi dengan noda minuman berupa kopi dan teh, maka Anda dapat menggunakan campuran air panas dengan detergen sebagai penangkalnya. Cara ini terbilang ampuh digunakan dan juga tidak merusak lapisan glazur pada keramik. Campurkan air hangat dan detergen secukupnya, baru selanjutnya basuhkan larutan tersebut pada permukaan keramik dengan menggunakan kain microfiber. Tunggulah beberapa saat dan Anda dapat melihat perubahannya.

  1. Menggunakan larutan baking soda dan cuka

Campuran larutan pembersih antara baking soda dengan cuka biasanya digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi. Sebab lantai kamar mandi sangat rentan terkena kotoran dan endapan lumut. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan pada bagian yang kotor. Perpaduan bahan alami ini dinilai ampuh untuk membersihkan lantai keramik di kamar mandi. Apabila kotoran yang menempel terlampau banyak, Anda dapat melebihkan kadar baking soda pada campuran.

Kebersihan rumah adalah salah satu ciri-ciri rumah sehat yang tidak bisa diabaikan. Kebersihan tersebut juga dapat tercermin dari lantai rumah tinggal yang biasa dipijak sehari-harinya. Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara membersihkan keramik motif batu. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan