Sponsors Link

8 Cara Memasang Lampu Gantung yang Baik dan Benar

lampu gantungDalam menyulap rumah biasa menjadi mewah, banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan warna cat rumah elegan saja sudah cukup. Namun ternyata tidak demikian. Ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya tarik jenis-jenis rumah tinggal. Salah satunya adalah dari segi tata lampu rumah minimalis, yang sangat elegan dan terkesan mewah. Biasanya rumah minimalis sederhana cenderung menggunakan lampu downlight di dalamnya, sebab salah satu kelebihan lampu downlight adalah dapat diaplikasikan dalam berbagai macam desain. Namun sekarang, tidak jarang juga yang menggunakan lampu gantung sebagai alternatifnya.

ads

Lampu gantung merupakan salah satu pilihan pencahayaan yang menarik dan memanfaatkn dukungan pemasangan dasar yang kuat pada bagian langit-langit atau plafon rumah. Lampu gantung memang memiliki bobot yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis lampu lain. Namun lampu ini akan memberikan daya tarik lebih pada interior rumah tinggal. Cara memasang lampu gantung sebenarnya sederhana dan mudah. Namun Anda tetap membutuhkan langkah tepat supaya pemasangan lebih efisien dan berjalan dengan cepat. Mau tahu? Berikut ini adalah cara memasang lampu gantung yang baik dan benar, simak!

  1. Memasang bagian dasar lampu

Pada lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya, sekruplah semua bagian lampu gantung secara bersamaan, kecuali untuk kanopi yang nantinya akan dilekatkan pada langit-langit. Namun pada proses ini jangan lebih dulu menyertakan bola lampu di dalamnya supaya proses pemasangan berjalan lebih mudah.

  1. Memendekkan bagian rantai

Apabila sudah selesai, pada tahap ini Anda dapat melihat gambaran lampu gantung selesai nantinya. Apabila dirasa jarak lampu gantung dengan plafon ruangan terlalu panjang, Anda dapat memendekkan rantai lampu tersebut. sebab lampu gantung yang terlalu panjang juga tidak bagi untuk tampilan ruangan keseluruhan.

  1. Pemasangan soket ekstensi

Ketika panjang rantai sudah dirasa cukup, Anda dapat berlanjut ke tahap selanjutnya, yakni memasang soket pada kotak pemasangan. Untuk memasang soket ekstensi pemasangan, yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyekrup ke dalam kotak persimpangan di lubang sekrup yang sudah tersedia. Lubang sekrup dapat berbeda-beda, sesuai dengan desain kotak persimpangannya.

  1. Menghubungkan kabel lampu

Dalam pemasangan lampu apapun, peranan kabel listrik tentunya sangat penting dalam mengalirkan daya kepada lampu tersebut. Untuk itu semua kabel lampu harus dihubungkan pada link rantai lainnya.  

  1. Memasang lampu

Setelah kabel lampu sudah disambungkan, langkah selanjutnya adalah memasang bola lampu.

  1. Memasang tembaga pada kabel

Pada sistem listrik rumah, tentunya Anda harus memiliki kabel arde tembaga yang tidak dilapisi atau telanjang. Kabel tersebut harus melilit sekrup landasan yang sudah menempel pada bagian kotak persimpangan.  Anda juga dapat menggunakan pengupas kawat untuk membuat kawat yang telanjang menjadi terekspos.

  1. Baut bagian lampu

Apabila semua urusan kabel listrik sudah selesai dan rampung, Anda dapat segera memasangkan kawat lampu gantung. Kemudian sekruplah pada baut atau kuncir mur untuk mengamankan lampu gantung tersebut pada bagian langit-langit. Proses pelaksanaan ini dapat dilakukan bervariasi, menyesuaikan dengan jenis lampu gantung yang digunakan.

  1. Uji coba lampu

Tahap pemasangan sudah selesai! Untuk menguji apakah lampu gantung sudah terpasang dengan sempunya, Anda dapat menghidupkan listrik pada lampu dan menikmati hasilnya! Apabila tidak menyala, kemungkinan pada proses pekerjaan terdapat kabel yang salah dihubungkan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan tenaga ahli dari tukang listrik.

Demikianlah beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai cara memasang lampu gantung yang benar dan aman. Selamat mencoba!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik