Sponsors Link

12 Kelebihan Polycarbonate dan Kekurangannya

atap polycarbonateMaterial Polycarbonate adalah salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah. Polycarbonate sangat fleksibel dan dapat digunakan dimana saja. Misalnya adalah kanopi outdoor, garasi rumah tinggal, patio atau gazebo, shelter bus, skylight, aula dan lain-lainya. Polycarbonate dapat juga digunakan sebagai salah satu dari jenis-jenis atap rumah minimalis. Akan tetapi, seperti halnya material lain pada umumnya polycarbonate juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah daftar kelebihan polycarbonate dan kekurangannya, simak!

ads

Kelebihan Polycarbonate

Polycarbonate biasa digunakan untuk penutup atap. Sesuai dengan namanya, atap polycarbonate adalah atap yang terbuat dari material polycarbonate. Pemakaian atap polycarbonate dapat mendatangkan beberapa keuntungan. Diantaranya adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya bersifat ringan, akan tetapi kuat dan kokoh sehingga aman untuk diaplikasikan dimana saja. Selain itu, penggunaan polycarbonate memiliki kelebihan-kelebihan lainnya, yaitu :

  1. Meredam radiasi panas matahari

Sifat utama dari atap ini adalah dapat memberikan perlindungan dari curah air hujan yang turun. Tidak hanya itu, polycarbonate juga dapat menyerap sinar matahari hampir sebesar sembilan puluh persen. Hal ini akan memberikan efek terhadap ruangan yang ada dibawahnya sehingga tetap hangat dan terang benderang. Berbeda jika dibandingkan dengan atap lain yang harus diberikan lubang terlebih dahulu sebagai celah cahaya masuk.

  1. Dicetak dalam bentuk lembaran

Polycarbonate dijual dalam bentuk lembaran. Ukurannya adalah sekitar 18,8 m x 2,1 m. Ada juga yang dijual dalam bentuk satuan meter persegi. Hal ini tentunya menguntungkan karena Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Ketebalannya pun beragam  mulai dari 5 mm, 6mm dan 10 mm.

  1. Pemasangan mudah

Pemasangan atap polycarbonet ternyata mudah, lho! Prosesnya sangat sederhana dan ceepat serta tidak membutuhkan waktu yang lama dibandingan dengan pemasangan atap biasa. Tahapan cara memasang atap polycarbonate tidak sulit jika anda mencobanya sendiri.

  1. Tahan lama & fleksible

Salah satu kelebihan lain dari polycarbonate adalah ia merupakan material yang memiliki daya tahan yang kuat. Jika terjadi perubahan cuaca, polycarbonate tidak akan terpengaruh sama sekali terhadap bentuk serta ukurannya. Selain itu, polycarbonate juga memiliki sifat yang fleksibel sehingga dapat dibentuk seusai dengan selera, keinginan atau pun kebutuhan yang Anda miliki. Umumnya, pengguna polycarbonate cenderung menyukai bentuk melengkung atau lurus/datar.

  1. Kesan modern

Jika Anda ingin menghadirkan kesan elegen dan modern tetapi tetap sederhana, atap ini merupakan pilihan yang cocok untuk melengkapi rumah Anda diantara jenis-jenis atap rumah lainnya. Selain itu, keunggulan lain dari polycarbonate adalah ia dapat diaplikasikan dibeberapa elemen penutup bangunan lain seperti media penutup pagar dan sebagainya.

  1. Tidak bocor

Tidak ada yang benar-benar dapat memprediksi kapan hujan akan datang. Sebagai pencegah rumah tetap aman dan nyaman, Anda harus memastikan rumah siap ketika hujan datang menerpa. Salah satunya adalah dengan memilih genteng atau penutup atap yang sesuai. Jika Anda menggunakan atap polycarbonate, tidak perlu khawatir akan mengalami kebocoran.

Sponsors Link

Bahkan dapat dikatakan bahwa resiko kebocoran dengan atap polycarbonate adalah hampir nol persen. Kecuali jika ada kesalahan dalam proses pemasangan atau munculnya lubang-lubang dipermukaan yang dibuat dengan sengaja. Bahkan ketika dibuat dalam bentuk yang datar dan tidak menggunakan sudut kemiringan pun, atap ini tetap tidak akan bisa bocor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena hujan tidak akan membawa masalah. Akan tetapi jika tetap bocor, Anda dapat membaca cara mengatasi kebocoran pada atap rumah untuk solusinya.

  1. Terdapat varian warna

Polycarbonate terdiri dari berbagai macam merk dan warna lho. Diantaranya adalah warna merah, kuning, hijau, biru, abu-abu, bening atau transparan dan masih banyak lagi. Pemilihan warna dapat Anda selaraskan dengan warna cat rumah elegan Anda agar tampil lebih indah dan menarik.

  1. Mudah di dapat

Mendapatkan material polycarbonate ternyata tidak sulit lho! Anda dapat membelinya ditoko-toko bahan bangunan biasa yang kini sudah banyak tersebar.

  1. Ramah lingkungan

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih merasa ragu terhadap penggunaan polycarbonate karena takut menyebabkan bahaya atau penyakit. Tenang! Polycarbonate tersusun dari bahan-bahan yang ramh lingkungan. Bahkan, material polycarbonate yang sudah tidak terpakai dapat didaur ulang kembali untuk polycarbonate baru.

Sponsors Link

  1. Bebas rayap

Anda tidak perlu khawatir rayap akan menggerogoti atap anda karena atap polycarbonate bebas rayap, lho! Polycarbonate tidak akan mudah lapuk sehingga terbebas dari serangan rayap.

Kekurangan Polycarbonate

Diantara kelebihan yang dimiliki polycarbonate, ia juga memiliki kekurangan lainnya, yaitu :

  1. Harga mahal

Sayang sekali, disamping kualitasnya yang sangat baik dan tinggi kisaran harga polycarbonate ternyata terbilang mahal. Ini tidak akan cocok untuk anda yang ingin cara membangun rumah dengan dana minim. Anda harus benar-benar menyesuaikan budget rumah anda jika anda bertekad tetap menggunakan polycarbonate sebagai tips hemat membangun rumah sendiri.

  1. Sulit dibersihkan

Pada proses pemasangannya, atap direkatkan dengan selotip supaya tidak menimbulkan rongga-rongga. Jika atap berongga makan akan memicu timbulnya jamur. Jika hal ini sudah ternyata, atap akan sangat sulit sekali untuk dibersihkan.

Demikianlah kelebihan polycarbonate dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Atap