Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah Paling Tepat

Cara mengatasi kebocoran pada atap rumah sebenarnya tidak sulit, jika anda memperhatikan hal-hal yang menyebabkan kebocoran bisa terjadi. Seringkali banyak orang dipusingkan dengan intensitas kebocoran atap yang terlalu banyak. Terlebih lagi jika hujan turun sepanjang hari, tentunya diperlukan kesabaran untuk memperbaikinya.

ads

Baca juga :

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

cara-mengatasi-kebocoran-pada-atap-rumahKebocoran atap rumah bisa terjadi karena adanya beberapa hal seperti contohnya karena angin yang bertiup terlalu kencang sehingga membuat genteng menjadi begeser, banyaknya pohon yang berbuah di dekat atap rumah kemudian buahnya jatuh sehingga membuat genteng menjadi pecah atau pun hal-hal lainnya.

Untuk itu anda wajib melakukan pengecekan secara rutin. Jika mempunyai pohon yang rindang dekat dengan atap rumah anda, sebaiknya segera rapikan bagian-bagian cabangnya yang menjuntai ke atap. Anda bisa memangkasnya, agar resiko-resiko kebocoran pada atap setidaknya bisa dihindari. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi kebocoran pada atap rumah. Yuk simak penjelasannya bersama-sama!

1. Hindari Menanam Pohon Terlalu Dekat Dengan Rumah

Menanam pohon terlalu dekat dengan rumah akan memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah. Mengapa demikian? Pohon yang lama kelamaan tumbuh besar, rindang, lebat,  apalagi berbuah banyak, pasti akan merusak atap anda jika ditanam terlalu dekat dengan rumah. Bagian ranting yang tumbuh menjuntai ke atap rumah anda jika tertiup angin akan bergerak-gerak, maka secara tidak langsung akan membuat atap anda menjadi bergeser dari tempat semula, sehingga dapat memicu terjadinya kebocoran.

Selanjutnya jika sudah berbuah pasti ada resiko buah tersebut akan jatuh ke bagian atap rumah anda dan bisa membuat retakan atau bahkan pecah. Dengan demikian jika anda tidak tahu, maka waktu hujan turun atap anda akan mengalami kebocoran.

Baca juga :

2. Gunakan Atap Yang Memakai Sistem Waterproof

Dari kata waterproof kita sudah bisa lihat bahwa artinya adalah melindungi dari air. Nah sama halnya dengan atap yang menggunakan sistem waterproof, kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah seperti terjadi kebocoran. Atap waterproof terdiri dari berbagai macam variasi, jenis dan juga warna. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan tentunya menyesuaikan dengan budget yang anda siapkan. Atap waterproof juga sangat mudah ditemukan di toko-toko bangunan terdekat.

Namun jika memutuskan akan menggunakan atap yang mempunyai system waterproof, tentunya harus diimbangi dengan proses pemasangan yang benar dan tepat. Jika pemasangannya asal-asalanya hasilnya akan sama saja, karena sedikit celah saja akan menimbulkan kebocoron pada atap anda. Sehingga perlu diperbaiki, hal tersebut sama saja dengan kerja dua kali. Jadi sebaiknya pada saat pemasangan wajib dilakukan dengan teliti.

Baca juga :

Sponsors Link

3. Pasang Plastik Di Bawah Atap

Pasang Plastik Di Bawah AtapSebelum memasang atap anda bisa memberikan lapisan plastik terlebih dahulu. Setelah bagian rangka atap yang terbuat dari kayu atau pun baja ringan selesai terpasang, anda bisa memasangkan plastik dan dilanjutkan dengan atap. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang khususnya di daerah pedesaan yang lahannya masih luas, dan tentunya memiliki resiko kebocoran yang tinggi pada atap karena adanya angin yang bertiup cukup kencang.

Beda halnya di daerah perkotaan, wilayahnya yang sudah sangat padat, pastinya resiko terjadinya kebocoran pasti cenderung rendah. Angin yang bertiup kencang pun akan tertahan oleh banyaknya bangunan-bangunan bertingkat. Tapi jika anda ingin memasang plastik sebagai lapisan atap akan lebih baik untuk mencegah kebocoran.

Baca juga :

ads

4. Atap Sebaiknya Mempunyai  Sudut Kemiringan Yang Tepat

Atap Sebaiknya Mempunyai  Sudut Kemiringan Yang TepatCara mengatasi kebocoran pada atap rumah kali ini juga patut diperhatikan. Pemasangan atap sebaiknya mempunyai kemiringan yang tepat, karena salah satu penyebab terjadinya kebocoran pada atap rumah adalah desain atap yang terlalu landai. Atap yang landai hanya cocok digunakan atau pun diterapkan pada desain pembuatan atap berbahan dasar cor.

Dengan menggunakan atap cor, perlu juga dilapisi dengan cat atau pun cairan berbahan dasar waterproof agar tidak merembes dan mencegah terjadinya kebocoran pada atap rumah anda. Namun untuk atap dengan bahan lainnya anda harus memperhatikan sudut kemiringan terlebih dahulu agar air bias mengalir dengan lancer saat hujan datang.

Baca juga :

5. Ganti Atap Yang Sudah Terlihat Rapuh

Atap yang terlihat rapuh kemungkinan besar akan memicu terjadi kebocoran pada atap rumah. Hal ini terjadi akibat dari atap yang mulai rapuh sehingga sangat mudah membuat air menjadi merembes dan pada akhirnya kebocoran bisa terjadi.

Selain itu dengan melakukan penggantian atap yang terlihat rapuh sebelum waktunya akan menjadi solusi terbaik sebelum terjadi kebocoran. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki bukan. Hal ini akan efektif dilakukan sebelum musim hujan tiba.

Baca juga :

6. Membersihkan Tumpukan Sampah Daun Yang Kering

Sampah daun kering seringkali banyak ditemukan dan menyangkut di bagian aliran air. Jika hal ini terjadi dan anda biarkan maka akan memicu terjadinya kebocoran pada atap rumah anda. Sebaiknya anda cek dan kemudian bersihkan bagian atap anda setidaknya satu bulan sekali.

Daun-daun kering yang menumpuk di bagian atap lama-kelamaan menjadi menumpuk akan menghambat jalannya aliran air, sehingga air hujan akan menggenang. Genangan air inilah yang nantinya akan menimbulkan terjadinya kebocoran.

Baca juga :

7. Buatlah Ventilasi Udara Yang Cukup

Ventilasi udara yang baik tentunya mempunyai dampak bagi atap anda secara keseluruhan. Pada saat musim kemarau tentunya panas yang mengenai bagian genting akan terkurung di dalam loteng sehingga menjadikan kondisi fisik genteng menjadi memburuk. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah membuat ventilasi yang cukup, agar udara panas yang terjebak di loteng bisa keluar. Sehingga bisa mengurangi dampak buruk dari udara panas tersebut. Buatlah ventilasi dengan mempertimbangkan berbagai hal agar nantinya bisa seimbang dan tetap enak dipandang mata.

Baca juga :

Sponsors Link

8. Perbaiki Pipa Saluran Air Beserta Talangnya

Melakukan perawatan adalah hal yang wajib dilakukan agar bisa mengurangi suatu perbaikan. Untuk melakukan perbaikan tentunya diperlukan budget tambahan sebagai cadangan, karena kita tidak tau dalam prosesnya seringkali membutuhkan adanya penggantian pada beberapa komponen tertentu yang kondisinya sudah tidak layak lagi.

Perbaikan pada pipi saluran pembuangan air dan bagian talang sangat perlu untuk dilakukan, terutama karena kondisinya sudah sangat rusak, misalnya talang sudah mulai keropos, pipa sudah pecah ataupun hal-hal lainnya. Jika anda membiarkannya saja tanpa memperbaiki, nantinya dikhawatirkan aliran air menjadi terganggu dan bisa menimbulkan kebocoran pada atap rumah anda.

9. Cat Atap Dengan Cat Anti Air

Cara selanjutnya adalah dengan melapisi atap rumah anda dengan cat anti air. Dengan demikian rumah anda akan aman dari kebocoran saat hujan besar melanda.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara mengatasi kebocoran pada atap rumah yang di ulas secara detail dan dikemas dengan menarik diharapkan bisa memudahkan anda dalam mempelajari serta memahami lebih dalam lagi sehingga mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi anda untuk menambah wawasan baru. Sampai disini ya artikel kali yang membahas mengenai cara untuk mengatasi kebocoran pada atap rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, August 2017 / 04:42 Oleh :
Kategori : Atap