Sponsors Link

Cara Mengkilapkan Cat Tembok yang Baik dan Benar

mengkilapkan catCat rumah memang banyak digunakan sebagai salah satu cara untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah. Tidak hanya itu, penggunaan cat rumah biasanya dapat menjadi karakteristik jenis gaya arsitektur rumah yang digunakan. Desain rumah minimalis cenderung menggunakan warna cat putih dan sebagainya. Namun sebenarnya cat itu tersendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah cat biasa dengan cat glossy. Apakah yang dimaksud dengan cat glossy? Cat glossy adalah jenis cat dinding yang memberikan tampilan akhir kilau.

ads

Dalam memlih cat mengkilap untuk tembok di berbagai jenis-jenis rumah tinggal, bukan hanya faktor warna saja yang diperhatikan, namun juga tingkat kilaunya. Jangan sampai warna cat terlalu mengkilap hingga mengganggu penglihatan pengguna. Beberapa jenis-jenis cat rumah yang memiliki kilap dikenal dengan cat glossy. Beberapa keunggulan dan kekurangan dari cat glossy adalah sebagai berikut :

  • Memiliki tingkat kilau yang beragam. Cat glossy biasanya memiliki tingkat kilap yang beragam, yakni terbagi menjadi dua tingkat. Kita mengenalnya dengan super glossy dan glossy. Bahkan pada beberapa merek cat kilap juga menyediakan tiga kategori kilau, yakni diantaranya adalah super gloss, glossy serta semi glossy. Tingkat kilau sebaiknya disesuaikan dengan selera Anda.
  • Tidak berbasis minyak. Dahulu, cat kilap identik dengan kandungan minyak yang berada di dalamnya. Namun sekarang, cat kilau tidak memiliki minyak. Sudah banyak cat kilau yang berbasis air bahkan dengan tingkat kilau yang sangat baik.
  • Tidak cocok diterapkan pada semua ruang. Karena memiliki warna yang berkilau, jenis cat ini tidak cocok diterapkan pada berbagai konsep interior rumah. Apabila Anda menginginkan nuansa yang hangat, maka warna cat glossy tidak sesuai dengan konsep yang Anda inginkan ini. Cat mengkilap lebih cocok digunakan untuk menampilkan kesan mewah dan elegan.
  • Dapat dijangkau dengan harga murah. Keunggulan lain yang dimiliki oleh jenis cat ini adalah harganya yang murah. Bahkan dikatakan bahwa semakin rendah kilau yang diinginkan, maka semakin mahal pula harga catnya. Maka dari itu, tidak heran jika rentang harga cat tembok matte dengan glossy sering kali besar.
  • Mudah dibersihkan. Selain harganya yang murah, cat glossy juga mudah untuk dibersihkan. Inilah salah satu keunggulan lain yang dimilikinya. Sebab noda yang menempel mudah dibersihkan bahkan tidak meninggalkan noda sama sekali. Namun hal ini juga masih tergantung dengan merek cat yang Anda pilih.
  • Memiliki permukaan yang licin. Karena menghasilkan tampilan yang mengkilau, maka permukaan tembok akan memiliki tekstur yang halus dan licin ketika disentuh. Jenis cat ini juga tidak rentan mengalami pengapuran, terlebih pada cat-cat satin seperti matte.
  • Harus menghindari cat finishing. Meskipun mudah untuk dibersihkan, cat kilau yang tinggi akan sangat rentan pada saat finishing. Sebab, cat ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya sehingga apabila terdapat bagian dinding yang tidak rata, hal ini akan terlihat dengan begitu jelas. Maka dari itu, proses pekerjaan dinding harus dilakukan dengan seksama dan teliti jika Anda ingin menggunakan cat kilau.

Cara mengkilapkan cat tembok sebenarnya dapat dilakukan dengan cara mengecat tembok rumah dengan menggunakan cat glossy. Meski demikian, ada beberapa langkah mengecat dinding glossy yang harus Anda lakukan, yakni:

Sponsors Link

  1. Membersihkan dinding

Jika ingin mengecat rumah dengan cat kilau, permukaan dinding harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan alat kebersihan rumah berupa vacuum cleaner atau juga dapat menggunakan sapu. Dinding dibersihkan terlebih dahulu dengan tujuan permukaan dinding atau tembol tidak terlihat kusam dan tetap mulus.

  1. Menggunakan bantuan lakban

Setelah dinding telah selesai dibersihkan, langkah selanjutnya adalah menggunakan lakban atau doble tip ketika hendak memulai proses pengecatan. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk mengurangi cat tumpah ke lantai sehingga tidak sulit untuk dibersihkan.

  1. Menggunakan plamir atau dempul

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan dempul tembok atau juga plamir. Plamir digunakan untuk menutupi lubang-lubang kecil yang ada di permukaan tembok. Plamir juga dapat digunakan untuk menutupi bagian retak yang terkadang muncul. Untuk mendapatkan plamir Anda dapat menemukannya pada toko bangunan. Proses plamir tembok dapat diketahui dalam cara plamir tembok.

Sponsors Link

  1. Menggunakan kuas berkualitas

Agar proses cat tembok dapat berjalan dengan mulus, pekerjaan juga perlu dilengkapi dengan alat yang berkualitas. mulai dari roll hingga kuas agar dapat membantu proses pengecatan berjalan lebih lancar. Sediakan juga kuas dalam berbagai ukuran agar semua sela-sela kecil dapat diwarnai dengan rapi.

  1. Melapisi cat dasar

Sebelum mengecat dinding dengan cat glossy, Anda perlu menyiapkan cat putih terlebih dahulu. Sehingga bila akan ditimpa dengan warna yang lain warna cat akan tetap unggul. Warna cat putih juga baik agar tampilan dinding terlihat lebih mengkilap.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mengkilapkan cat tembok yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,