Sponsors Link

6 Cara Pemasangan Plafon GRC pada Rumah Tinggal

plafon grcPlafon pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal biasa dikenal juga dengan istilah langit-langit rumah. Plafon merupakan suatu pembatas yang membagi antara bagian atap dengan ruang yang berada di bagian bawahnya. Selain berfungsi sebagai penutup bagian atas ruang, plafon juga biasa digunakan oleh rumah minimalis sederhana sebagai cara menyulap rumah biasa menjadi mewah. Karena memiliki dampak secara interior inilah yang menyebabkan pemilihan material  plafon menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan.

ads

Pada aplikasi di ruamh tinggal, terdapat berbagai jenis-jenis plafon rumah yang dapat Anda gunakan. Salah satu material plafon tersebut adalah plafon GRC. Bahan GRC atau Glassfiber Reinforced Cement merupakan material yang terbuat dari campuran bahan-bahan serat dan juga semen. Sehingga jika dilihat plafon GRC memiliki bahan dasar yang menyerupai beton. Namun yang menjadi pembeda diantara keduanya adalah bobot GRC yang jauh lebih ringan. Pada pembuatan beton, salah satu bahan dasar penyusunnya menggunakan tulangan baja. Akan tetapi pada kasus plafon GRC hanya menggunakan serat glassfiber sebagai komponen penguatnya.

Plafon GRC juga terkenal memiliki daya tahan lebih terhadap air, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasang plafon pada ruangan basah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi. Selain itu plafon GRC juga memiliki beberapa keuntungan lain yang patut dipertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bahannya mudah dibentuk. Salah satu keunggulan dari plafon GRC adalah sangat mudah dibentuk sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan berbagai konsep rumah tinggal seperti konsep arsitektur modern tropis, desain rumah modern eropa dan sebagainya.
  • Memiliki daya tahan yang lama. Selain mudah dibentuk, materil plafon GRC juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Umunya plafon yang terbuat dari bahan GRC dapat bertahan hingga kurun waktu 25 tahun pemakaian. Jauh lebih lama jika dibandingkan dengan penggunaan palfon gypsum.
  • Harganya terjangkau. Jika Anda menginginkan cara membangun rumah dengan dana minim atau pun tips hemat membangun rumah, plafon GRC dapat menjadi pilihan Anda. Sebab plafon GRC dapat dibeli dengan harganya yang terbilang murah. Hebat bukan?

Disamping beberapa point diatas, keunggulan lain yang dimiliki oleh plafon GRC adalah cara pemasangan plafon GRC yang terbilang mudah dan cukup sederhana. Jika Anda tertarik untuk menggunakan plafon GRC di rumah, berikut ini adalah penjelasan dari tahap-tahap pelaksanaan cara memasang plafon GRC yang baik dan benar, simak!

  1. Memetakan luasan plafon

Untuk memasang plafon pada sebuah ruangan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur dimensi ruangan tersebut terlebih dahulu. Berapakah panjang dan lebar ruangan tersebut? Proses pengukuran ini harus dilakukan secara teliti supaya nantinya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan yang dapat merugikan Anda.

  1. Memilih material GRC

Pilihlah material GRC yang Anda inginkan secukupnya saja. Selain itu, Anda juga perlu merencanakan plafon rumah agar desainnya sesuai dengan konsep hunian yang dipilih. Apakah model rumah scandinavan, berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya. Selain itu warna plafon juga harus disesuaikan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.

Sponsors Link

  1. Memasang rangka plafon

Setelah dimensi dan desain plafon sudah ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat rangka plafon. Anda dapat menggunakan berabagi jenis kayu untuk rangka plafon, atau juga dapat menggunakan rangka lain yang terbuat drai material metal hollow square. Jika Anda menggunakan material rangka kayu, pastikan kayu tersebut termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

  1. Memaku plafon

Ketika rangka kayu sudah selesai dipasang, langkat selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memasang plafon tersebut. Gunakanlah alat bantu berupa tangga lipat untuk mengerapkan planel plafon pada rangka kayu. Jika Anda menggunakan jenis rangka kayu, maka Anda perlu menggunakan paku khusus yang memiliki diameter 2 mm dengan panjang sebesar 25 mm serta memiliki kepala yang lebar dan juga digalnavis.

  1. Perhatikan bagian sambungan

Umumnya bagian sambungan antara plafon GRC satu dengan yang lainnya dapat dengan mudah mengalami keretakan. Sebagai pilihan, Anda dapat menggunakan sistem sambungan square, dimana pada setiap nat atau titik pertemuan panel akan digunakan kompon versaboard.

Sponsors Link

  1. Proses finishing

Jika semua langkah tersebut sudah selesai dilakukan, maka selesailah proses pembuatan plafon GRC. Untuk proses akhirnya, Anda dapat mengecat kembali permukaan plafon dengan warna yang diinginkan. Jangan lupa ketika pekerjaan sudah selesai, segera bersihkan kembali sampah hasil pekerjaan dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa sapu, kain pel dan sebagainya.

Dari beberapa penjabaran diatas dapat dilihat bahwa proses pemasangan plafon GRC memang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa keahlian khusus. Namun tetap, ketika sedang melakukan proses pemasangan berhati-hatilah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah cara pemasangan plafon GRC yang dapat Anda ketahui. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Atap