Sponsors Link

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium yang Perlu Diperhatikan

kusen aluminium

Membangun sebuah rumah memang tidak semudah yang dibayangkan. Baik itu membangun rumah dengan sistem membeli perumahan atau membangun rumah di atas tanah pribadi. Pertimbangkan untuk memilih bahan-bahan dalam membangun rumah memang harus diutamakan. Hal ini juga melihat bahwa membangun rumah bisa menjadi investasi di masa depan.

ads

Saat ini berbagai material untuk membangun rumah juga sudah didesain dengan berbagai tujuan dan jenis rumah yang akan didirikan. Material rumah tidak hanya terdiri dari kaca, kayu, marmer dan penyusun lain. Beberapa desain produk material rumah dibuat menyesuaikan dengan tingkat kemajuan industri dan fungsinya. Salah satunya adalah bahan alumunium yang digunakan sebagai kusen pintu atau jendela.

Rumah yang model desain yang sederhana paling sering menggunakan bahan kusen alumunium. Tapi tidak menutup kemungkinan jika ingin membangun untuk rumah yang modern dengan ukuran yang lebih luas. Nah sebelum Anda benar-benar menggunakan kusen alumunium, maka lebih baik untuk tahu semua tentang detailnya. Berikut akan kami ungkap jelas mengenai kelebihan dan kekurangan kusen alumunium yang perlu diperhatikan.

Kelebihan

  • Tahan terhadap cuaca

Kusen alumunium bisa dipertimbangkan untuk membuat desain rumah minimalis maupun rumah dengan ukuran yang lebih luas. Kemudian bahan kusen alumunium sangat baik untuk rumah karena memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca. Terlebih kita tinggal di Indonesia, dimana terkadang cuaca sangat panas dan terkadang cukup dingin. Kusen ini tidak akan terkena efek ketika terkena panas matahari dalam waktu lama. Kemudian bentuknya kusen tidak akan berubah karena efek panas atau dingin, sehingga pintu juga awet karena kusen tidak melengkung.

  • Tahan lama

Dibandingkan dengan kusen kayu maka kusen alumunium memiliki sifat yang tahan terjadap hewan pengerat. Bahan alumunium juga sangat baik untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal karena sifatnya yang tahan lama. Karena itu penggunaan kusen alumunium sangat tepat untuk tempat-tempat yang lembab dan mudah berjamur, misalnya kamar mandi dan gudang. Jadi pastikan Anda lebih memilih kusen alumunium daripada kusen kayu untuk ruangan ini.

  • Ringan

Seringkali dinding rumah mudah rusak karena terbebani oleh kusen yang berat. Akhirnya mau atau tidak mau harus melakukan cara mengatasi tembok retak di sekitar kusen. Namun semua itu tidak perlu terjadi ketika Anda memilih kusen alumunium. Kusen alumunium sangat ringan sehingga tidak akan merusak tembok. Bahkan ketika Anda ingin memindahkan kusen alumunium maka cukup mudah, sehingga menghemat biaya renovasi.

  • Pilihan warna menarik

Jika Anda menggunakan kusen kayu maka biasanya hanya bisa diberi warna kayu dengan cara di beri plitur atau cat kayu. Namun jika Anda menggunakan kusen alumunium maka hasilnya bisa lebih baik lagi karena warna yang modern. Alumunium memiliki warna perak atau putih keperakan. Desain warna ini sesuai untuk model pintu sehingga sangat serasi. Kemudian juga bisa dirubah dengan cara di cat.

  • Perawatan mudah

Untuk merawat kusen alumunium sendiri juga sangat mudah sehingga tidak perlu diberi perlakuan khusus. Jika kotor maka Anda bisa membersihkan dengan air biasa atau dengan menyikat. Anda juga tidak perlu mengecat berulang kali sehingga sangat baik untuk berbagai jenis model rumah. Jadi dibandingkan dengan model kusen lain maka kusen alumunium cenderung lebih tahan lama.


  • Murah

Harga kusen alumunium sebenarnya juga lebih murah. Karena itu kusen alumunium bisa jadi bagian dari tips membuat rumah sederhana. Kusen alumunium bisa menghemat anggaran ketika membangun sebuah rumah. Tentu saja permainan untuk mengurangi biaya pembangunan rumah ini harus sesuai tujuan rumah Anda.

  • Cara pasang cepat

Jika dibandingkan dengan kusen kayu maka kusen alumunium juga mudah dipasang. Cara pemasangan sangat cepat dengan ukuran yang lebih akurat. Tukang tidak perlu memasang berulang kali sehingga juga menghemat anggaran.

Kekurangan

  • Desain terbatas

Desain dari kusen alumunium umumnya hanya itu-itu saja. Jika dilihat lagi maka hampir semua toko bahan bangunan hanya menawarkan kusen alumunium yang sama. Ini karena kusen alumunium dibuat secara khusus oleh pabrik sehingga terlihat sangat monoton. Dengan model ini memang tidak sesuai untuk semua pintu jadi biasanya hanya untuk bagian pintu kamar mandi saja.

  • Pemasangan kurang kuat

Kusen alumunium biasanya ditempelkan di tembok dengan sekrup khusus. Kemudian dipasang dengan alat fischer agar kusen menempel pada tembok dengan kuat. Kemudian bekas dari alat itu akan ditutup lagi dengan semen. Meskipun ini terlihat mudah dan aman, tapi sebenarnya ketika tekanan fischer terlalu kuat, maka bisa menyebabkan tembok rusak dari dalam.


  • Ukuran harus akurat

Karena kusen alumunium memang dibuat oleh pabrik maka ukurannya memang sangat akurat. Karena itu dalam proses pemasangan maka ukuran untuk tempat kusen harus dibuat secara detail dari awal. Jangan sampai tembok terlalu besar atau kecil sehingga kusen tidak muat. Jadi dalam proses pembuatan tembok membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Pemasangan harus presisi

Alat yang digunakan untuk memasang kusen alumunium memang harus digunakan dengan tepat. Karena itu biasanya hanya tukang khusus yang mau memasang model kusen seperti ini. Terlebih lagi jika kusen terlalu tipis maka biasanya akan mudah rusak dan pasti akan rugi.

  • Rentan bocor

Sebenarnya pemasangan kusen alumunium yang kurang tepat juga mudah bocor. Biasanya sambungan pada bagian siku kusen alumunium masih tersisa sedikit. Jika hujan deras maka biasanya akan bocor sehingga air biasa masuk. Karena itu biasanya tukang akan memasang alat yang dinamakan sealant khusus untuk bagian kusen dan kaca.

  • Hanya khusus untuk pintu tertentu

Seperti yang sudah dikatakan bahwa desain kusen ini kurang bervariasi. Efeknya kusen model ini hanya untuk jenis pintu tertentu dan terkadang rumah mewah atau rumah berukuran besar tidak cocok menggunakan model ini. Jadi sebenarnya model ini bisa digunakan secara terbatas saja.

Itulah semua kelebihan dan kekurangan kusen alumunium yang perlu diperhatikan. Jadi jika ingin mengggunakan kusen alumunium maka perhatikan beberapa materi tersebut agar tidak salah pilih.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar