Sponsors Link

9 Cara Cepat Jual Rumah Menurut Islam yang Menguntungkan

Memiliki rumah memang pasti diinginkan semua orang. Rumah bisa menjadi investasi yang sangat menggiurkan. Ketika Anda membutuhkan dana dan memiliki rumah maka Anda bisa menjual kembali rumah tersebut. Bahkan ada juga orang yang secara sengaja memiliki beberapa rumah untuk dijadikan kontrakan atau dijual kembali. Tentunya dengan pertimbangan yang baik maka harga rumah bisa bervariasi sesuai dengan jenis-jenis rumah tinggal.

Namun terkadang menjual rumah juga perlu usaha yang sangat keras. Ada rumah yang sudah akan dijual dan ditawarkan ke banyak calon pembeli namun tidak laku juga. Banyak orang yang berpikir bahwa menjual rumah juga bisa seperti pekerjaan yang sulit dan membuat stres saja. Sebenarnya dalam agama Islam memang ada ketentuan untuk menjual rumah. Cara ini jika dilakukan maka bisa membuat langkah menjual rumah menjadi hal yang sangat mudah. Karena itu akan kami jelaskan mengenai cara cepat jual rumah menurut Islam yang menguntungkan.

  • Perbanyak ibadah wajib dan sunah

Menjual rumah sama seperti ketika akan membeli rumah. Artinya dari segi pembeli dan penjual memang harus bersikap hati-hati agar tidak salah langkah. Salah satu cara yang sangat disarankan sebelum mencoba menjual rumah adalah dengan memperbanyak ibadah. Ibadah wajib seperti sholat wajib lima waktu harus dikerjakan tepat dan sebaiknya tidak terlambat. Kemudian ditambah dengan ibadah sunnah seperti sholat sunnah dan puasa sunnah. Tujuannya adalah memperbanyak ibadah dan berserah pada Allah SWT agar keinginan menjual rumah segera dikabulkan. Langkah ini juga dilakukan sebagai cara membeli rumah tanpa hutang.

  • Doa untuk keinginan agar dikabulkan

Langkah selanjutnya adalah mencoba mengamalkan doa-doa yang bertujuan agar keinginan segera dikabulkan. Doa ini dibaca setelah sholat wajib dan juga setiap saat. Ada dua doa yang bisa dilakukan yaitu:

Doa dari Surat Al-Hajj Ayat 27 – 28, untuk cara dan bacaan doa ini maka lihat Al Quran agar tidak salah. Inti dari doa ini adalah memohon agar diberi kemudahan dalam mendapatkan rejeki dari Allah dan keutamaan untuk membagi sebagian rejeki yang didapatkan.

Doa dari Surat At-Taubah Ayat 128 – 129, yang lafalnya “Laqod Jaa-Akum Rasuulum Min Anfusikum Aziizun Alaihi Maa Anittum Harii-Shun Alaikum Bilmu’miniina Rauufur Rahiim.Fain Tawallau Faqul Hasbiyallaahu Laailaaha Illaa Huwa Alaihi Tawakkaltu Wahuwa Rabbul Arsyil Azhiim”.

Doa ini intinya memohon kemudahan dan belas kasihan dari Allah SWT dalam memudahkan semua urusan. Dan juga kewajiban untuk bertawakal kepada Allah atas semua ujian.

  • Menyertakan niat untuk sedekah

Jika Anda sudah mencoba menjual rumah dan sudah lama namun tidak laku maka barangkali ada yang kurang tepat dengan niat Anda. Banyak orang yang ingin memiliki rumah namun tidak ingin terlibat dengan pinjaman beli rumah dan ini yang menyulitkan usaha untuk menjual rumah. Untuk itu cobalah untuk mencoba meniatkan sebagian rejeki dari hasil penjualan rumah untuk sedekah. Sedekah bisa menjadi jalan pembuka rejeki dan membuat urusan menjadi lebih mudah. Jika Anda memiliki rejeki di awal maka sedekah juga bisa diberikan sejaka awal. Kemudian berdoa agar rumah yang dikehendaki segera terjual.

  • Menjual dengan harga yang jujur

Jika memang Anda sudah melakukan beberapa cara diatas maka cobalah untuk melihat cara yang mungkin kurang sesuai. Salah satunya adalah pertimbangan harga yang ditawarkan. Barangkali selama ini mungkin harga rumah yang ditawarkan terlalu tinggi. Dalam hal ini agama Islam juga melarang mengambil keuntungan yang terlampau besar. Jadi sebelum itu maka periksa harga tanah di sekitar rumah. Lalu tawarkan lagi dengan harga yang sudah sesuai. Cara ini juga penting untuk dipertimbangkan seperti cara membeli tanah.

  • Buat rumah pantas untuk dijual

Kemudian langkah yang lain adalah mencoba untuk menjual rumah dengan harga dan kondisi yang pantas. Jika rumah masih banyak kerusakan maka coba perbaiki. Lihat kondisi cat rumah dan cat ulang agar pembeli tertarik. Juga pada bagian atap dan kondisi lantai rumah. Rumah yang bersih akan mendatangkan rejeki yang lebih mudah. Hal ini juga membuat ciri-ciri rumah sehat ada di rumah tersebut dan tidak membawa dampak buruk misalnya banyaknya mahluk halus di rumah. Pembeli biasanya lebih tertarik dengan rumah seperti ini.

  • Gunakan jasa makelar

Dalam Islam maka juga bisa menggunakan jasa makelar sebagai penghubung dalam proses jual beli. Hanya saja sebaiknya Anda memilih makelar yang memang bisa dipercaya sehingga proses jual beli bisa jadi lebih mudah. Proses untuk tata cara pembagian keuntungan dengan makelar juga harus dibuat perjanjian dari awal. Dengan langkah ini, maka siapa tahu makelar juga menjadi jalan pembuka rejeki saat menjual rumah.

  • Cobalah membuat iklan

Anda juga bisa mencoba dengan membuat iklan atau membuat edaran ke komunitas. Misalnya jika Anda menjadi anggota pengajian maka cobalah untuk mengiklankan rumah tersebut. Dengan cara ini maka orang-orang di dekat Anda tahu bahwa rumah Anda akan dijual. Iklan untuk penjualan bisa dibuat dengan tata cara yang baik misalnya dengan dengan penjelasan alamat rumah, model rumah, kondisi rumah, dan harga yang ditawarkan.

  • Jasa agen perumahan syariah

Anda juga bisa meminta bantuan dari agen perumahan syariah. Mungkin cara ini memang agak kurang praktis tapi sekarang banyak peminat rumah dengan dasar syariah. Tata caranya memang harus ada agen yang membeli rumah Anda secara khusus kemudian mereka akan menjual rumah lagi secara syariah. Namun intinya Anda tidak berhubungan langsung dengan pembeli sehingga terkadang harganya agak turun.

  • Silaturahim

Salah satu cara untuk mempermudah urusan adalah dengan sering melakukan silaturahim atau kunjungan. Anda bisa mencoba untuk mengunjungi saudara dekat, saudara jauh dan teman-teman atau kolega. Kemudian cobalah untuk membuka pembicaraan mengenai rencana menjual rumah. Meskipun cara ini dianggap kurang praktis tapi sebenarnya justru lebih efektif menemukan calon pembeli secara langsung.

Begitulah cara cepat jual rumah menurut Islam yang menguntungkan. Jadi cobalah beberapa langkah yang sesuai dengan waktu dan kepentingan Anda saat menjual rumah. Hal yang pasti jika semua dikerjakan dengan aturan yang tepat maka hasilnya juga lebih menyenangkan.

, ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli