Sponsors Link

9 Pertanyaan Sebelum Membeli Apartemen yang Wajib Diajukan

Sebelumnya kami telah usai membahas mengenai seperti apa prosedur pembelian rumah KPR dan tunai, maka sekarang kami akan menjelaskan tentang apa saja pertanyaan sebelum membeli apartemen yang wajib diajukan. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kebutuhan manusia akan jenis-jenis rumah tinggal sudah semakin banyak. Hal ini juga diiringi dengan pertumbuhan masyarakat yang semakin lama semakin membludak.

Kondisi tersebut menyebabkan tidak sesuainya antara jumlah masyarakat dengan hunian yang ada. Sebagai salah satu solusi, maka pemerintah dengan kebijakannya melakukan pengalihan pembangunan menjadi rumah minimalis sederhana, lengkap dengan berbagai desain rumah minimalis. Hal ini untuk demi tujuan menghemat ruang tanpa mengganggu kenyamanan.

Selain itu, pemerintah juga mencanangkan sebuah pembangunan rumah susun atau rumah tingkat yang mana istilah kerennya disebut dengan apartemen. Apartemen memang menjadi sebuah solusi untuk menekan banyaknya masyarakat yang ingin menempati sebuah hunian. Meskipun dahulu apartemen atau rumah susun terbilang biasa saja, namun saat ini banyak bangunan apartemen dengan desain yang sangat menarik. Bahkan, harga sewanya pun sama seperti ketika anda menginap di hotel.

Maka dari itu, tidak heran jika bahkan artis pun ada yang sampai saat ini tinggal di apartemen. Sementara itu, bagi anda yang saat ini sudah memiliki uang cukup, maka tidak ada salahnya anda membeli apartemen yang selama ini anda tempati. Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli apartemen yang lainnya yang tentu lebih bagus.

Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli apartemen, anda perlu paham tentang apa saja pertanyaan sebelum membeli apartemen yang wajib diajukan. Hal ini berguna membantu untuk yakin bahwa apartemen tersebut memang layak untuk anda beli.

1. Tanyakan siapa pengembang dan juga kontraktornya

Pertanyaan sebelum membeli apartemen yang wajib anda ajukan adalah anda harus bertanya mengenai siapa yang menjadi pengembang dari apartemen tersebut. Anda juga harus tahu siapa kontraktor yang selama ini memiliki andil besar dalam mendirikan apartemen yang ingin anda beli. Pertanyaan ini tentu perlu anda ajukan untuk mengetahui treq record atau rekam jejak dari apartemen tersebut.

Dengan mengetahui siapa pengembang maupun kontraktornya, maka anda bisa menyimpulkan apakah memang apartemen ini memiliki kualitas yang baik dan layak dibeli. Hal ini dikarenakan pengembang dan kontraktor yang sudah terkenal dan berpengalaman akan lebih dipercaya kualitasnya dan bangunan tersebut akan bisa berdiri kokoh dan tanpa mengalami gangguan. Selain itu, anda juga bisa menyimpulkan apakah jika memang anda tetap membelinya, harganya sesuai dengan yang ditawarkan atau tidak.

2. Tanyakan mengenai usia apartemen

Pertanyaan kedua yang harus anda ajukan adalah mengenai usia apartemen tersebut. Menanyakan usia apartemen juga berkaitan dengan keamanan anda sendiri. Apartemen yang sudah berusia sangat lama atau sudah puluhan tahun, tentu kami sarankan untuk tidak anda beli. Meskipun apartemen tersebut terlihat memiliki desain yang mengagumkan, namun kami tetap menyarankan agar anda mencari apartemen lain yang masih baru dibangun.

Selain itu, dengan mengetahui usia dari apartemen yang ingin anda beli, maka anda juga bisa membuat kesimpulan apakah memang apartemen tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Ingat, anda tidak dianjurkan untuk membeli apartemen yang usianya sudah tua. Bahkan, anda tidak boleh tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Biasanya, apartemen yang usianya sudah tua akan dibanderol dengan harga yang lumayan murah. Namun anda juga tidak boleh membelinya karena hal ini berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan anda selama berada di dalam apartemen tersebut.

3. Berapa harganya

Untuk pertanyaan seputar harga terdapat dua kemungkinan. Biasanya harga yang dibandrol ketika apartemen tersebut diiklankan adalah bukan harga pasti. Biasanya harga yang dicantumkan adalah harga minimal yang tentu saja bisa naik. Yang kedua, harga tersebut memang merupakan harga asli dari apartemen yang diiklankan.

Meskipun begitu, anda harus tetap menanyakan langsung kepada seseorang yang memang memiliki wewenang untuk menjual apartemen tersebut. Sesuaikan antara harga dengan desain dan juga kualitas dari apartemen yang akan anda beli. Jangan sampai anda tergiur dengan tawaran yang murah, sementara anda tidak mengecek sendiri kualitas dan usia dari apartemen tersebut.

Anda juga harus mengecek apa saja fasilitas yang ada di sini. Jangan lupa juga untuk menanyakan apakah dengan harga segitu nanti harus dibayar kontan atau cash atau bisa dibayar dengan mencicil selama beberapa kali. Dengan menanyakan seputar harga, anda sudah tidak akan bingung lagi untuk memikirkan apakah budget anda cukup atau malah masih kurang.

4. Alasan kenapa apartemen dijual

Pertanyaan sebelum membeli apartemen yang juga wajib anda ajukan yaitu tentang alasan dibalik penjualan apartemen itu sendiri. Anda tentu tidak perlu langsung membeli apartemen tersebut ketika harga dan bangunan apartemen tersebut cocok dengan selera dan budget anda. Namun, anda juga harus bertanya mengapa apartemen tersebut dijual.

Pertanyaan ini tentu sangat penting karena tentu si pemilik apartemen memiliki alasan tersendiri untuk menjual apartemennya. Selain itu, pertanyaan ini juga akan membuka jawaban apakah apartemen tersebut termasuk apartemen yang memiliki ciri-ciri rumah yang ada jinnya atau tidak. Biasanya apartemen atau rumah yang dijual karena rumah tersebut terbilang angker.

Jika memang alasan penjualan rumah sudah sesuai dan bisa anda terima, maka anda tinggal membeli rumah tersebut. Namun sebenarnya, masih ada beberapa pertanyaan lain yang tetap harus anda ajukan.

5. Seberapa dekat jarak apartemen dengan fasilitas publik

Pertanyaan lain yang juga harus anda tanyakan yakni berhubungan dengan seberapa dekat apartemen yang akan anda beli dengan fasilitas publik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda ketika tiba-tiba harus pergi ke beberapa lokasi pelayanan publik. Pastikan anda membeli apartemen yang lokasinya tidak jauh dan hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk sampai ke tempat yang memang merupakan fasilitas publik.

Demikian penjelasan kami mengenai apa saja pertanyaan sebelum membeli apartemen yang wajib anda ajukan. Beberapa pertanyaan lain yang juga penting untuk anda tanyakan yaitu:

  • Tanyakan tentang kebisingan
  • Tanyakan tentang area parkir
  • Tanyakan tentang status tanah
  • Tanyakan mengenai sistem keamanan, dan lain sebagainya
, , ,
Oleh :
Kategori : Jual Beli