Sponsors Link

9 Tips Agar Tamu Betah di Rumah Saat Menginap

Apakah Anda sering kedatangan tamu di rumah? Tamu yang bersedia datang ke rumah biasanya sudah memiliki hubungan dekat dan merasa nyaman. Misalnya saja seperti keluarga, teman kerja, teman sekolah dan sahabat lama. Biasanya banyak tamu yang tidak merasa nyaman untuk bertamu dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak nyaman, merasa rumah yang kurang bersahabat, lingkungan rumah yang kaku dan merasa tidak enak dengan empunya rumah.

Meskipun Anda sudah melakukan cara menata ruang tamu sesuai ukuran dan model rumah, maka belum tentu tamu bisa merasa nyaman. Nah masalahnya Anda juga pasti merasa tidak enak dengan tamu, karena tamu pasti sudah banyak berusaha sampai datang ke rumah Anda. Jadi bagaimana caranya? Berikut ini tips agar tamu betah di rumah saat menginap.

1. Sofa Nyaman

Pertama Anda pasti akan mengajak tamu untuk masuk ke rumah tamu. Anda bisa mengatur ruang tamu dengan berbagai ide sesuai dengan fungsi ruang tamu. Salah satu aksen yang tidak boleh terlewatkan di ruang tamu adalah sofa. Dan karena itu Anda harus menggunakan sofa yang nyaman, dengan kaki yang pendek atau tinggi. Sofa single atau sofa panjang serta beberapa pilihan yang lain.

Pilihlah sofa yang lembut dan tidak panas. Kemudian atur tata letak sofa yang paling nyaman. Lengkapi juga dengan meja kecil untuk meletakkan minuman dan camilan untuk tamu. Jika memungkinkan maka interior ruang tamu bisa diberi warna nyaman dan menarik.

2. Rumah Yang Bersih dan Harum

Setelah Anda melakukan cara menata ruangan rumah maka Anda tidak boleh melewatkan masalah kebersihan rumah. Anda harus membuat semua ruangan menjadi bersih dari debu, serangga dan kotoran lain. Kemudian tambahkan pengharum ruangan yang bisa memberi sensasi wangi dan segar untuk ruangan.

Beberapa pengharum ruangan bisa di pilih mulai dari yang bentuk gantungan sampai semprotan. Anda bisa memilih bentuknya sesuai dengan kesukaan. Kemudian untuk aroma harus dipilih aroma yang paling netral tapi harum misalnya lavender, mint, pine, aroma buah dan aroma bunga. Jangan memilih pengharum dengan aroma yang terlalu menyengat karena banyak orang yang akan sensitif dan sakit kepala.

3. Hidangkan Camilan

Jika Anda sedang menyiapkan rumah untuk tempat menginap tamu maka Anda harus membuat tamu merasa benar-benar nyaman. Idenya adalah seperti membuat home stay atau hotel rumahan. Langkah ini bisa dilakukan dengan memberi atau menyediakan camilan di beberapa waktu. Misalnya menjelang sarapan pagi, waktu ngopi, waktu minum teh dan makanan utama.

Anda juga bisa menyiapkan meja panjang dengan dekorasi yang cantik. Siapkan beberapa aneka kue dan camilan dalam toples. Siapkan piring kecil untuk mengambil camilan sehingga tamu bisa membawa hidangan ke taman atau ke kamar santai.

4. Interior Rumah yang Cantik

Pada dasarnya semua tamu bisa merasakan tipe seperti apa si pemilik rumah. Jika Anda meletakkan semua barang-barang di sembarang tempat maka itu bisa membuat tamu tidak nyaman. Tapi jika Anda menerapkan interior rumah yang cantik, sederhana dan penuh gaya maka bisa memikat tamu. Anda bisa memasang foto-foto atau hiasan dinding seperti lukisan atau poster. Kemudian tambahkan lilin arometerapi di tempat khusus dan sediakan tempat untuk bersantai. Dengan cara ini maka Anda bisa menerapkan macam macam konsep desain interior.

5. Tanaman Hijau dalam Rumah

Nah cara lain untuk membuat tamu merasa lebih nyaman adalah meletakkan tanaman hijau di dalam rumah. Ada banyak ide yang bisa Anda gunakan misalnya tanaman dalam pot besar yang diletakkan di sudut ruangan, tanaman gantung di tepi jendela dan jenis tanaman lain. Bayangkan ketika tamu membuka jendela dan mereka bisa merasakan sejuk dan asrinya rumah Anda.

6. Akuarium di Rumah

Air menjadi salah satu pertimbangan penting di dalam rumah. Anda bisa menggunakan konsep ini untuk membuat siapapun yang datang ke rumah merasa betah dan nyaman. Anda bisa menggunakan konsep air ini untuk akuarium. Ada banyak jenis akuarium yang bisa dipilih mulai dari yang sederhana, bentuk bulat, bentuk kotak, akuarium mewah sampai dengan akurium dinding. Tambahkan dengan beberapa tips menghias aquarium dengan tanaman sintetis sampai dekorasi pencahayaan akuarium. Dengan tips ini maka dijamin rumah Anda sangat nyaman dan santai untuk semua tamu Anda.

7. Rumah Rapi dengan Penyimpanan

Jika Anda memiliki rumah yang berkesan berantakan, banyak barang dimana-mana dan tidak bersih maka semua tamu pasti akan merasa tidak betah. Untuk mengatasi masalah ini maka siapkan ruang penyimpanan khusus. Anda bisa memberi ruang penyimpan seperti almari khusus untuk setiap ruang menginap dan juga kotak penyimpan. Terlebih jika ada anak-anak balita di rumah maka biasanya banyak mainan yang berceceran. Jadi kotak penyimpan sangat penting untuk membuat rumah tampak rapi.

8. Perpustakaan Mini di Dalam Rumah

Biasanya tamu merasa tidak betah di rumah yang dikunjungi karena tidak bisa melakukan apa-apa dan tidak ada hiburan di rumah Anda. Nah untuk mengatasi ini maka Anda bisa membuat perpustakaan mini di rumah Anda. Anda bisa membuat ruang baca di ruang keluarga yang bisa digunakan semua tamu. Pasangi rak-rak sederhana untuk tempat memajang buku. Kemudian berikan sofa santai dengan aneka warna yang nyaman untuk menginap. Dengan begitu tamu Anda bisa merasa lebih nyaman untuk menghabiskan waktu sambil menginap.

9. Ruang Santai dengan Taman

Tips lain adalah Anda bisa membuat sebuah ruang santai yang menghadap taman. Misalnya jika ruang tamu bersatu atau terhubung dengan ruang keluarga maka Anda bisa membuat ruangan ini menjadi ruang santai. Pintu kaca yang besar bisa dipasang di sisi dinding yang langsung bertemu dengan taman di luar rumah. Jika sedang hujan maka pintu kaca bisa ditutup tapi saat cuaca cerah maka bisa dibuka. Udara dari taman akan langsung masuk ke rumah sehingga sirkulasi udara di rumah menjadi lebih lancar dan tidak terasa panas.

Itulah beberapa tips agar tamu betah di rumah saat menginap. Anda bisa menerapkan beberapa cara ini dengan cara yang sederhana dan tidak perlu merenovasi rumah sehingga sangat murah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik