Sponsors Link

Mengintip 7 Cara Mencuci Gorden Paling Ampuh

mencuci gordenSalah satu cara mengatasi udara panas di dalam rumah adalah menghalau sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan jenis-jenis tirai di dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Salah satu jenis tersebut adalah gorden. Selain melindungi rumah, gorden juga menjaga privasi pemilik rumahnya. Dari segi estetika, gorden juga dapat mempercantikan ruangan Anda, dengan melengkapi material penutup dinding dan warna cat rumah yang elegan. Meski demikian, gorden juga perlu dibersihkan pada waktu-waktu tertentu, lho! Terkadang, banyak orang yang malas untuk membersihkan gorden, padahal jika tidak dibersihkan kecantikannya akan berkurang. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mencuci gorden yang perlu Anda lakukan, yakni :

ads
  1. Menurunkan semua gorden

Hal pertama yang Anda lakukan adalah menurunkan gorden yang masing tersangkut di dinding. Semua gorden kemudian diturunkan. Apabila Anda menggunakan dua macam gorden, pisahkan gorden jaring dengan jenis gorden yang satu lagi.

  1. Menyiapkan air hangat

Pada ember yang sudah disiapkan, tuangkan air hangat untuk dipakai saat merendam. Buatlah air hangat yang cukup banyak, mengingat jumlah gorden yang cukup banyak pula. Semua gorden harus benar-benar terendam dalam air hangat nantinya.

  1. Membuat air rendaman

Pada air hangat tersebut, jangan lupa untuk menambahkan 250 ml cuka ke dalam ember. Cuka ini berfungsi sebagai pembersih pada rendaman gorden tersebut. Apabila Anda mengalami masalah dengan bau cuka yang ditimbulkan, Anda juga dapat menambahkan satu hingga dua tetes lemon untuk membantu menyegarkan cuka. Lemon ini juga dapat membantu membersihkan gorden tersebut.

  1. Memasukkan gorden ke air rendaman

Setelah air rendaman telah siap, selanjutnya masukkanlah gorden ke dalamnya. Namun rendaman ini harus dilakukan selama kurang lebih satu jam atau bahkan dapat mencapai hingga semalaman suntuk. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar semua kotoran yang menempel pada gorden benar-benar menghilang. Selain itu, air rendaman ini juga membantu menyegarkan bau apek pada gorden.

  1. Memberikan pasta pembersih

Selama gorden masih terendam, Anda juga dapat membuat pasta pembersih. Caranya adalah dengan menambahkan 4 sendok makan baking soda dan juga 62 ml air. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata. Pasta ini juga dapat digunakan untuk membersihkan noda pada gorden dengan cara menggosoknya. Campurkan cuka secukupnya pada pasta tersebut.

  1. Memasukkan gorden ke mesin cuci

Apabila gorden sudah bersih dari kotoran, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mencuci gorden dengan menggunakan mesin cuci. Masukkan sabun cuci ke dalam mesin cuci dan nyalakan mesinnya. Apabila gorden yang Anda miliki mempunyai permukaan yang sangat halus dan rentan rusak, sebaiknya gorden dicuci dengan tangan saja.

  1. Menjemur gorden

Mencuci gorden dengan menggunakan mesin cuci dapat menggunakan tambahan air hangat atau pun air dingin. Setelah dicuci, gorden kemudian dibilas dan berikan pengharum. Baru setelahnya Anda dapat memasukkan gorden ke dalam mesin pengering dan menjemurnya.

Sponsors Link

Bagaimana? Mudah bukan tahap-tahap mencuci gorden tersebut? Namun Anda juga perlu ingat untuk merawat gorden secara berskala. Berikut ini adalah beberapa tips merawat gorden yang dapat Anda lakukan.

  • Memberikan perawatan rutin. Perawatan gorden perlu dilakukan secara berskala agar warna kain tidak cepat memudah dan juga rusak. Caranya adalah melakukan pencucian terjadwal, misalnya selama 3 hingga 6 bulan sekali. Untuk kebersihan setiap hari, Anda dapat menggunakan alat kebersihan rumah berupa vacuum cleaner untuk membantu menghilangkan debu yang menempel.
  • Memastikan jenis gorden. Mengetahui macam-macam gorden jendela yang Anda gunakan juga penting. Dengan demikian, Anda akan mengetahui cara perawatan terbaiknya. Dua jenis kain gorden yang biasa digunakan adalah beludru dan juga chenille. Jika Anda hendak mencuci bahan beludru, Anda perlu berhati-hati agar bulu-bulunya tidak rusah dan rontok. Sedangkan apabila Anda ingin mencuci kain chenille, maka Anda dapat menggunakan sistem dry cleaning agar kain tidak mudah mengerucut. Karena pada saat terkena air, kain akan mengalami penyusutan.
  • Mencuci vitrase. Pada warna putih vitrase tentunya akan lebih mudah kotor. Maka dari itu, proses pencuciannya harus rutin untuk dilakukan agar warna putihnya tidak berubah menjadi kusam. Apabila vitrase yang Anda miliki memiliki renda atau pola bordir, metode mencuci yang dipilih sebaiknya dengan menggunakan tangan saja. Anda dapat membersihkannya dengan sikat.
  • Menjemur dengan benar. Menjemur gorden ternyata ada caranya tersendiri. Agar kain gorden tidak mudah memudar Anda perlu meletakkan gorden di lahan yang beratap agar tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa pada saat menjemur, gorden dibiarkan membentang saja dan jangan melipatnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mencuci gorden yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kebersihan