Sponsors Link

Mengintip 5 Agar Cat Tidak Mudah Mengelupas

cat dinding mengelupasCat rumah memiliki peranan tersendiri dalam menghias berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Cat rumah dapat mendukung konsep yang ingin Anda usung di dalam hunian tersebut. Apakah ingin menghadirkan nuansa yang ceria dan hangat atau ingin menampilkan nuansa yang tenang? Semuanya tergantung pada Anda. Namun pekerjaan cat dinding rumah tidak hanya selesai ketika cat sudah diaplikasikan pada seluruh ruangan. Namun perlu adanya perawatan pula pada cat. Mengapa demikian? Sebab cat dinding tersebut dapat mengalami masalah. Salah satunya adalah cat dinding mengelupas. Cat rumah yang mengelupas tidak terjadi hanya begitu saja, namun ada penyebab yang membuat cat ini menjadi mengelupas. Apa sajakah penyebabnya? Berikut ini adalah beberapa penyebab cat mengelupas, yakni:

ads
  • Kualitas cat rendah. Penyebab pertama yang dapat membuat cat mengelupas adalah rendahnya kualitas cat yang digunakan. Ini bisa saja terjadi karena konsentrasi resin pada cat yang tidak seusai dengan standar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda juga perlu menggunakan cat yang berkualitas.
  • Permukaan dinding kotor. Kondisi dinding kotor sebelum di cat ternyata juga dapat menjadi penyebab mengapa cat dapat mengelupas. Terlebih jika kondisi dinding juga berminyak. Hal ini dapat memicu terjadinya pengelupasan.
  • Dan lain-lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi cat dinding yang mengelupas? Apakah ada langkah-langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan cat dinding menjadi lebih indah. Tenang! Kami akan membahasnya bersama dengan artikel ini. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan agar cat tidak mudah mengelupas, yakni:

  1. Membersihkan dinding yang akan di cat

Cara pertama yang perlu Anda lakukan agar cat tidak cepat mengelupas adalah membersihkan terlebih dahulu dinding yang akan di cat. Dinding tersebut harus dipastikan apakah sudah bersih dari kotoran seperti debu atau belum. Anda dapat membersihkannya menggunakan alat kebersihan rumah berupa. Singkirkan barang-barang tidak perlu yang menancap pada dinding seperti bekas isolasi, paku dan sebagainya. Setelah itu barulah Anda dapat memulai proses pengecatan rumah. Namun, hasil akhir pengecatan akan lebih sempurna jika memang pada saat proses pembuatan dinding sudah rata dari awal. Maka dari itu, penting untuk melakukan kontrol ketika Anda hendak membangun macam-macam dinding rumah. Apabila terdapat lubang pada dinding rumah, tutup lubang tersebut dengan menggunakan dempul atau semen kering sebelum Anda mengecatnya.

  1. Memnggunakan cat khusus eksterior

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan cat dinding mengelupas adalah Anda tidak menggunakan jenis cat dinding yang tepat. Contohnya, apabila Anda ingin mengecat bagian luar rumah dengan menggunakan warna cat rumah yang elegan, pilihlah jenis cat eksterior. Cat ini dibuat secara khusus dengan daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan cat interior. Maka dari itu, jenis cat ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi material fasade bangunan yang digunakan. Selain itu, cat ini juga jauh lebih sempurna dan dapat menahan cuaca yang ekstrim, kotoran hingga jamur.

  1. Menyesuaikan cat dengan bahan dinding

Jika Anda ingin mengecat rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis cat tembok yang sesuai dengan material penutup dinding yang Anda gunakan. Cat tembok untuk melapisi jenis kayu konstruksi tentunya akan berbeda dengan cat tembok yang digunakan untuk melapisi dinding batu alam. Karakteristik cat juga biasanya menyesuaikan dengan ruangan tersebut. Cat dinding pada bagian luar rumah cenderung lebih tebal dibandingkan dengan cat dinding di dalam rumah.

Sponsors Link

  1. Menggunakan warna cat yang cerah

Penggunaan warna cerah juga sangat direkomendasikan pada hunian Anda. Warna cat rumah yang indah dan sejuk dapat mempengaruhi visual ruangan serta orang-orang yang melihatnya. Warna cerah lebih direkomendasikan karena di dalam warna tersebut terdapat pigmen yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan warna-warna gelap. Pigmen inilah yang membuat risiko cat pudar lebih cepat akan semakin berkurang. Warna yang dapat Anda gunakan tersebut diantaranya adalah warna kuning, merah muda, putih, hijau soft dan sebagainya.

  1. Mengecat dinding dengan roller

Agar cat tidak mengelupas, proses pengecatan dinding harus dilakukan dengan benar. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat mengecat yang tepat, yakni jenis roller saja. Tidak hanya memberikan hasil yang lebih baik, alat ini juga mempercepat proses pekerjaan. Gunakan pola pengecatan menyerupai huruf “WS” atau pun “MS”. Jangan lupa untuk melakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering agar menghilangkan jejak roller tersisa pada dinding. Ingatlah untuk menghindari penggunan kuas yang memiliki bulu pendek, sebab jenis kuas ini tidak dapat menyerap cat dengan begitu baik dan dapat meninggalkan bekas pada dinding.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara agar cat tidak mudah mengelupas yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,