Sponsors Link

4 Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci Dari Dalam Dengan Mudah

Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci bisa anda praktekan apabila anda terkunci diluar tanpa kunci. Pintu merupakan komponen utama dari sebuah bangunan dan hampir semua jenis bangunan mempunyai pintu. Baik itu rumah, supermarket, gedung perkantoran, dan bangunan lainnya. Seperti pepatah mengatakan sebuah bangunan tanpa pintu layaknya sayur tanpa garam. Dewasa ini perkembangan dunia arsitektur dan pembangunan terlihat maju begitu pesat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern berkat teknologi tepat guna. Hal pertama yang difikirkan seseorang ketika mendengar kata pintu adalah suatu benda yang diletakkan di bagian utama sebuah bangunan yang berguna sebagai tempat keluar masuk seseorang, media penghubung dari satu kamar ke kamar lain didalam ruangan rumah. Pintu terbuat dari kayu dengan bentuk persegi panjang dan dipasangkan kunci di salah satu bagiannya.

ads

Baca Juga :

Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci

Model pintu sekarang ini bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya, salah satu contohnya adalah rolling door. Rolling door merupakan pintu otomatis yang biasanya dipasang dan diterapkan untuk garasi, ruko-ruko untuk kegiatan bisnis. Kenapa demikian? karena space yang lebar sangat efektif jika pemilihan model pintu yang diterapkan adalah rolling door sehingga proses membuka atau menutup pintu menjadi lebih mudah dan cepat. Bayangkan saja jika garasi dan ruko-ruko tempat bisnis anda menggunakan pintu lipat, pasti akan kerepotan karena cara membuka dan menutupnya harus satu persatu serta membutuhkan waktu yang relatif lama. (Baca Juga : Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas )

Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali ditemukan salah satu masalah yang paling umum dan sangat mengganggu terjadi di masyarakat. Masalah kecil di sekitar rumah adalah memiliki pintu yang rusak, berderit atau memiliki masalah lain membuka atau menutup pintu. Perbaikan pintu tidak selalu menjadi tugas yang mudah. Tetapi dalam banyak kasus, perbaikan pintu menjadi masalah yang sulit. Jika Anda lelah berurusan dengan masalah pintu rolling dor yang seringkali rusak, berikut adalah beberapa tips tentang perbaikan atau cara mengatasi pintu yang terkunci dan mungkin berguna bagi anda. (Baca Juga :  Pendingin Ruangan Pengganti AC )

1. Perbaikan Pintu Jika Menempel atau Membengkak (Door Repairs for Sticking or Swelling)

Cara ini bisa dilakukan untuk rolling door berbahan kayu. Perubahan suhu dan kelembaban dapat menyebabkan pembengkakan, dan kemudian menempel, dari pintu ke bagian kusen sehingga dalam proses membuka dan menutupnya menjadi sulit. Perbaikan untuk situasi ini akan melibatkan pengamplasan bawah porsi pintu yang menempel dan menyebabkan gesekan.

Untuk mengidentifikasi dimana anda perlu mengecek, Anda dapat menyelipkan selembar kertas karbon di daerah di mana gesekan dicurigai kemudian menutupnya. Ketika Anda membukanya kembali, daerah yang perlu di amplas akan ditandai dengan tinta. Setelah semuanya dipastikan sudah diamplas dengan benar dan halus, pastikan untuk menutup itu dengan pernis agar terlihat baru kembali. Hal ini mungkin bisa saja sering terjadi karena pengaruh suhu di lingkungan tempat tinggal. (Baca Juga :  Cara Membuat Hiasan Dinding )


2. Dengan Menggunakan Kawat

Cara ini mungkin bisa dilakukan untuk membuka pintu karena keadaan darurat yang terpaksa harus dilakukan akibat kunci hilang, tertinggal atau terkunci dari dalam. Cara melakukannya sangat mudah, penggunaan kawat sendiri bisa kita lakukan seperti menggunakan kunci pada umumnya. Disini fungsi kunci sendiri sementara waktu digantikan oleh kawat karena keadaan yang mendesak.

Langkah pertama yang dilakukan, masukkan saja kawat ke lubang kunci dan gerak-gerakkan searah dengan jarum jam. Jika digerakkan berlawanan dengan arah jarum jam sama saja anda menguncinya dan berujung sia-sia. Walaupun demikian, jangan terlalu bergantung pada cara ini, karena bisa saja kualitas kunci yang baik tidak mudah jika dilakukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan dalam proses membuka pintu yang terkunci. (Baca Juga :  Penyerap Lembab Ruangan )

3. Dengan Menggunakan Kartu Kredit/E-KTP/ATM/SIM Atau Kartu Sejenisnya

Cara satu ini cukup unik dan kreatif karena belum banyak orang mengetahuinya. Penulis juga tahu cara ini dari teman yang pernah mengalami kejadian pintu terkunci dan menggunakan cara tersebut. Nah cara ini mungkin bisa menjadi alternatif yang bisa anda lakukan jika dihadapkan dengan kejadian pintu terkunci. Cara ini menurut penulis terasa sangat sederhana sekali. Mungkin setelah anda melihat, membaca dan menyimak dengan cermat cara yang pernah dilakukan teman saya pasti anda akan merasa bingung dan heran karena pintu yang selama ini selalu dikunci ternyata bisa dengan mudahnya dibuka meskipun tanpa menggunakan kunci. (Baca Juga :  Fungsi Ruang Tamu )

Cara unik dan kreatif membuka pintu dengan kartu kredit, e-ktp, sim, atm dan kartu elektronik sejenisnya yaitu, anda tinggal memasukan kartu kredit ke dalam celah pintu tepat dibagian kunci, setelah itu tekan ke dalam baru kemudian buka pintu. Cara ini mungkin efektif untuk membantu anda dalam keadaan mendesak karena kondisi yang kiranya memang darurat dan harus dilakukan cara tersebut. Walaupun demikian mudahnya, cara ini jangan sampai di salah gunakan untuk tindak kriminal seperti halnya membobol rumah orang lain. Perlu diingat bahwa cara ini juga mungkin tidak bisa diaplikasikan ke semua pintu karena menyesuaikan jenisnya. (Baca Juga :  Cara Membersihkan Debu )


4. Menyewa Tukang Untuk Perbaikan Pintu (Hiring a Handyman for Door Repair)

Cara Membuka Rolling Door Yang Terkunci terakhir jika anda sudah putus asa setelah mencoba berbagai cara tak kunjung menemukan solusinya. Perbaikan pintu umumnya adalah proyek yang tidak mengambil terlalu banyak waktu, terutama untuk profesional yang berpengalaman. Jika anda tidak do it yourself, anda mungkin ingin menyewa seorang tukang service untuk datang dan melakukan pekerjaan perbaikan untuk anda.

Bahkan orang-orang dengan pengalaman yang tinggi dalam memperbaiki hal-hal di sekitar rumah mungkin ingin memanggil tukang service untuk perbaikan pintu karena merasa kesulitan dalam memperbaikinya. Pastikan untuk menceritakan secara detail kejadian ke tukang service bagaimana kerusakan kunci pintu atau bagian lain terjadi, hal apa saja yang sudah kita lakukan agar tukang service bisa mempelajari dan memutuskan tindakan apa yang terbaik untuk bisa diambil kemudian bisa diterapkan dalam proses perbaikan pintu anda.

Baca Juga :

Mungkin sedikit tips di atas bisa sedikit membantu anda dalam merawat atau pun dihadapkan dalam keadaan darurat. Perlu diperhatikan bahwa dengan adanya banyak cara yang mungkin bisa diterapkan dalam proses membuka pintu yang terkunci, alangkah baiknya anda mempunyai perhatian khusus untuk hal tersebut. Selalu waspada dengan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang timbul yaitu pemanfaatan keadaan tersebut dengan disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk tindakan kriminalitas.

Untuk itulah, hal terbaik yang perlu anda lakukan adalah memilih kunci yang benar-benar bisa mengunci rumah dengan baik. Atau jika memungkinkan anda pun bisa menambah pengaman lain pada pintu rumah anda seperti memasang pintu teralis untuk mengantisipasi dan meminimalisir orang-orang yang akan berbuat jahat ataupun menyalah gunakannya untuk hal-hal yang merugikan orang lain.

Baca Juga :

Sampai disini dulu ya pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi pintu yang terkunci. Jadi jangan langsung menyerah apabila mendapati pintu rumah terkunci dan anda tidak membawa kunci. Hal ini juga menjadikan kita lebih disiplin terhadap barang yang kita punya. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik