Sponsors Link

31 Peralatan Rumah Tangga yang Harus Dimiliki Pengantin Baru

Dalam rumah tangga tentunya memiliki kebutuhan akan peralatan yang tergolong wajib untuk dimiliki. Apalagi bagi anda yang tengah mempersiapkan diri menuju rumah tangga yang baru atau dalam artian baru memulai berumah tangga. Berbagai persiapan akan perabotan serta kebutuhan lainnya yang terkait dengan rumah tangga pasti sudah jauh-jauh hari disiapkan. Nah, bagi anda yang sedang bingung atau bisa jadi terlupa akan perabotan penting yang harus anda punya saat berumah tangga. Daftar berikut ini akan mencoba membantu ingatan anda agar lebih mudah menyiapkan segalanya. Simak ya!

Baca Juga :

Peralatan Rumah Tangga Yang Harus Dimiliki

Rumah tangga terdiri dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Jenis kebutuhan primer adalah kebutuhan yang wajib didahulukan yaitu makanan, pakaian dan rumah. Nah, untuk anda yang sudah memiliki tempat tinggal atau rumah, baik itu sewa maupun pribadi sudah saatnya memikirkan kebutuhan sekundernya yaitu berupa peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga terbagi menjadi tiga kategori yaitu peralatan dapur, peralatan tidur, peralatan perkakas, serta peralatan tambahan. Berikut ini penjelasan mengenai empat kategori peralatan tersebut.

Baca Juga:

Peralatan Dapur

Peralatan dapur termasuk yang utama dibahas dalam kategori ini karena dapur berhubungan dengan kebutuhan primer manusia yakni makanan. Beberapa alat rumah tangga yang ada dalam kategori peralatan dapur yang wajib dimiliki diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kompor, adalah sumber utama bagi anda yang ingin memulai kehidupan rumah tangga. Kompor dibutuhkan saat anda ingin menyediakan hidangan bagi keluarga kecil anda, oleh karena itu kompor termasuk dalam peralatan rumah tangga yang wajib anda taruh di list pertama kebutuhan anda.
  2. Penanak nasi, atau bisa juga menggunakan magic com dan sejenisnya yang berfungsi untuk memasak nasi. Selain menghemat gas elpiji anda, penanak nasi listrik juga dapat menghemat waktu anda karena lebih praktis digunakan.
  3. Panci yang digunakan untuk memasak atau pun menggoreng. Pilih yang berbahan stainless steel agar mudah dalam membersihkan dan perawatannya.
  4. Peralatan makan, seperti piring, gelas, sendok, dan sebagainya yang biasa digunakan untuk menyantap makanan. Bagi anda yang masih baru memulai berumah tangga peralatan makan tersebut dapat disediakan sedikit saja untuk sementara waktu. Jumlahnya bisa ditambah ketika memang dibutuhkan di kemudian hari.

Baca Juga :

Peralatan Tidur

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang membutuhkan perhatian saat anda memulai berumahtangga. Berbagai peralatan dalam ruangan ini termasuk wajib dimiliki, diantaranya adalah sebagi berikut

  1. Kasur, tempat tidur untuk menunjang kualitas istirahat anda dari kegiatan yang melelahkan sehari-hari adalah wajib dimiliki. Pilihlah kasur yang berbahan dasar spons lembut dan awet untuk melakukan penghematan jangka panjang.
  2. Bantal dan guling yang digunakan untuk tidur anda menjadi lebih nyenyak.
  3. Seprei yang digunakan untuk menyelimuti kasur. Seprei ini juga dapat meningkatkan kenyamanan tidur anda.
  4. Lemari dibutuhkan untuk menyimpan segala barang penting seperti pakaian, sertifikat atau semacamnya yang memang harus dalam keadaan aman.
  5. Kaca, barang yang satu ini wajib ada dalam list anda. Kaca sangat penting untuk menunjang penampilan anda saat menemui tamu atau pergi keluar rumah.

Baca Juga:

Peralatan Perkakas

Perkakas rumah tangga tergolong dari beberapa jenis. Namun, pada pembahasan kali ini yang termasuk dalam kategori perkakas rumah tangga adalah peralatan yang digunakan untuk memperbaiki sesuatu atau sejenisnya. Beberapa peralatan rumah tangga yang termasuk dalam perkakas penting antara lain,

  1. Gunting, dibutuhkan wajib dalam rumah sebagai alat untuk memotong sesuatu, membuka plastik makanan dan sebagainya
  2. Pisau, baik pisau dapur atau pisau yang memang digunakan untuk diletakkan diatas meja sangat penting untuk dimiliki.
  3. Staples biasanya diperlukan untuk menyatukan dokumen atau sekadar membungkus kertas makanan dan sebagainya
  4. Obeng, peralatan semacam ini dibutuhkan untuk kondisi yang mungkin saja memungkinkan kendaraan anda rewel atau mogok dirumah. Peralatan selain obeng yang memang wajib dimiliki namun bisa ditunda adalah kunci pas dan pembuka busi.

Baca Juga :

Peralatan Elektronik

  1. Tv merupakan peralatan elektronik yang dapat menampilkan gambar dan juga suara. Dengan Adanya Tv, saat berada dirumah tidak akan merasakan jenuh.
  2. Radio juga peralatan rumah tangga yang harus dimiliki karena radio dapat dijadikan hiburan saat sedang melakukan aktivitas memasak atau membersihkan rumah.
  3. DVD merupakan alat elektronik yang dapat digunakan untuik melihat video dengan cara memasukkan kaset kedalam DVD.
  4. Kipas Angin digunakan saat anda berada dirumah dengan cuaca yang sangat panas. Anda bisa meletakkan pewangi ruangan agar ruangan anda menjadi lebih wangi dan nyaman.
  5. Setrika merupakan kebutuhan yang juga penting dalam rumah tangga untuk merapikan pakaian.

Peralatan Kebersihan

  1. Sapu, adalah alat kebersihan yang wajib dimiliki dalam setiap rumah.
  2. Serbet wajib ada di meja makan anda. Serbet adalah alat pembersih yang lebih hemat dibandingkan dengan tisu sekali pakai. Untuk permulaan berhemat cukup bisa diandalkan.
  3. Keset juga menjadi kebutuhan anda di awal ruang tamu. Bayangkan saja saat tamu harus masuk tanpa ada sambutan bagi kaki mereka. Selain di teras, keset juga diperlukan di depan kamar mandi, jadi anda dapat membeli keset dalam jumlah yang sedikit lebih karena merupakan kebutuhan yang terkadang tidak diduga saat tiba-tiba harus diganti.
  4. Ember sebagai penampung air, atau media untuk mencuci pakaian secara manual penting untuk anda miliki. Kebutuhan akan ember biasanya dalam setiap rumah tidak lebih dari tiga buah saja.

Peralatan Kamar Mandi

  1. Gayung yang digunakan untuk mengambil air dan dibasuhkan keseluruh badan.
  2. Sabun merupakan peralatan rumah tangga yang harus dimiliki karena dengan menggunakan sabun tubuh akan menjadi lebih bersih dan wangi. Sabun dalam tempat bisa menjadi pilihan anda agar tidak saling bertukar bakteri.
  3. Handuk digunakan untuk mengeringkan badan setelah mandi dan gunakan handuk yang lemut agar tidak membuat kasar kulit anda.
  4. Pasta gigi dan sikat gigi juga menjadi perlengkapan penting untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel di gigi dan gusi.
  5. Sampo juga menjadi perlengkapan yang wajib karena dengan menggunakan sampo rambut akan wangi dan juga bersih.

Peralatan Untuk Ruangan

  1. Sofa Ruang tamu yang digunakan untuk duduk para tamu yang datang
  2. Meja ruang tamu yang digunakan untuk meletakkan minuman untuk tamu. Meja yang terbuat dari kaca bisa menjadi pilihan anda karena mudah untuk dibersihkan. Namun jika anda ingin lebih unik bisa menggunakan meja yang terbuat dari kayu jati.
  3. Gorden yang diletakkan di jendela agar menjadi lebih rapi dan indah. Dengan gorden juga cahaya matahari tidak langsung masuk kedalam rumah sehingga rumah tidak terlalu berasa panas.
  4. Foto atau lukisan bisa menjadi pilihan anda untuk mempercantik tampilan dinding dan ruangan anda.

Baca Juga:

Tips-Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga yang lainnya seperti televisi, kursi dan meja ruang tamu, dan sejenisnya sebaiknya dibeli di kemudian hari. anda dapat mensiasati ruang tamu dengan menggunakan karpet untuk sementara waktu karena penggunaannya tidak membutuhkan biaya yang relatif besar. Selain itu, saat ini juga sudah tersedia barang alternatif seperti karpet yang desainnya bisa beragam sesuai dengan minat anda. Untuk menghindari pembelian barang secara sia-sia, berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan saat akan membeli peralatan rumah tangga tersebut, antara lain:

  • Usahakan membeli barang sesuai kebutuhan
  • Pilihlah model barang yang sesuai dengan minat anda, jika tidak, urungkan. Anda bisa membelinya di lain waktu yang sesuai dengan desain yang anda mau (kursi, lemari televisi, lukisan). Membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dalam waktu cepat terkadang bisa menimbulkan penyesalan.
  • Jangan lupa untuk menawar harga kepada penjual, siapa tahu anda bisa mendapatkan harga miring
  • Pikirkan soal perawatan ke depan, jangan tertarik dengan harga yang murah namun kualitas masih meragukan. Pilihlah barang yang memang sudah berkualitas, untuk lebih awet nantinya.
  • Membeli dalam jangka waktu bertahap, artinya anda htidak perlu menghabiskan waktu seharian untuk membeli barang-barang tersebut. Cukup dalam tempo sebulan sekali, sambil melirik promo dari toko penjual.

Baca Juga :

Demikian artikel informatif mengenai peralatan rumah tangga yang harus dimiliki. Jadi anda dapat memilih mana barang yang harus ada dan juga barang yang menjadi pendukung. Semoga bermanfaat bagi anda !

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot