Sponsors Link

9 Jenis Kompor Gas Masa Kini yang Bagus

Selain memperhatikan cara menata dapur agar lebih rapi dan nyaman, Anda juga perlu memperhatikan jenis kompor yang digunakan. Kompor adalah salah satu item inti di dalam setiap dapur. Ada berbagai macam kompor yang dapat digunakan, mulai dari kompor tungku kayu bakar, kompor minyak tanah, kompor listrik hingga kompor gas. Kompor gas masih menjadi primadona karena masih banyak digunakan di setiap rumah tinggal karena salah satu kelebihannya yaitu cepat panas. Kompor gas sendiri juga memiliki berbagai macam jenis dan dapat ditempatkan di berbagai macam bentuk dapur, termasuk menata dapur kecil tanpa kitchen set. Berikut ini adalah beberapa jenis kompor gas masa kini yang bagus dan dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Kompor gas portable

kompos gas portableKompor gas jenis ini paling banyak digunakan untuk dapur, baik dapur kotor maupun dapur bersih rumah tangga. Memiliki harga yang lebih terjangkau, komponen dari kompor gas portable lebih mudah dibongkar pasang.

Hal ini membuat jenis kompor gas portable menjadi mudah dipindahkan ke berbagai tempat. Selain itu, kompor ini juga sering digunakan oleh anak kost karena lebih gampang praktis dan tidak repot dibawa saat pindahan. Karena gasnya portable, sehingga tidak memakan tempat dan enteng untuk dibawa. Namun gasnya akan cepat habis bila sering dipakai untuk memasak.

2. Kompor gas satu tungku

kompor gas satu tungkuDari jumlah tungku yang digunakan, kompor gas portable dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah kompor gas satu tungku yang mana cara membersihkan kompor ini tergolong ke kategori yang paling mudah dibandingkan jenis kompor lain. Jenis kompor satu tungku ini tentu akan sangat cocok bila digunakan untuk dapur kecil atau dapur apartemen. Pun juga akan lebih baik digunakan untuk keluarga kecil atau orang single yang masih tinggal sendiri. Selain itu dari segi penggunaan juga lebih hemat karena tidak membutuhkan penggunaan banyak gas. Salah satu merk kompor gas satu tungku yang dapat menjadi pilihan adalah Rinnai.

3. Kompor gas dua tungku

kompos gas 2 tungkuSelain kompor gas satu tungku, jenis kompor gas portable selanjutnya adalah kompor gas dua tungku. Kompor gas jenis ini lebih banyak menjadi pilihan karena dinilai lebih praktis, tidak terlalu besar dan harganya yang lebih terjangkau.

Kompor gas dua tungku selalu menjadi favorit ibu rumah tangga karena kelebihannya yang dapat digunakan untuk memasak dua jenis masakan sekaligus. Untuk membersihkan kompor ini pun juga tidak repot dan ribet.

4. Kompor gas tiga tungku

kompor gas tiga tungkuSelanjutnya adalah kompor gas tiga tungku yang besarnya hampir sama dengan kompor gas dua tungku. Tungku ketiga terletak di bagian tengah dengan ukuran yang lebih kecil.

Ada juga beberapa merk kompor gas yang menawarkan fungsi untuk pemanggangan sebagai fungsi tambahan di tungku yang terletak di tengah tersebut. Hal ini memudahkan Anda bila menginginkan makanan yang dipanggang.

5. Kompor gas empat tungku

kompor gas 4 tungkuKompor gas portable selanjutnya dinilai dari jumlah tungkunya adalah kompor gas empat tungku. Selain untuk kebutuhan rumah tangga dengan jumlah keluarga yang besar, kompor jenis ini juga sering digunakan oleh pengguna dengan hobi memasak.

Para koki handal juga banyak menggunakan jenis kompor gas empat tungku karena dinilai lebih cepat untuk memasak karena dapat digunakan untuk memasak lebih dari 2 jenis masakan dalam satu waktu.

Beberapa model kompor gas empat tungku dibedakan dari letak tungku tersebut. Jenisnya adalah model 4 tungku bertumpuan, model 4 tungku yang memanjang horizontal serta model 2 tungku horizontal yang ditambah dengan 2 tungku vertikal. Untuk model tungku yang panjang, tentu membutuhkan cara menata dapur kecil memanjang.

6. Kompor gas tanam

kompor gas tanamBerbeda dengan kompor gas portable, kompor gas tanam tentu memiliki keunikan tersendiri yaitu sifatnya yang lebih permanen karena pemasangannya yang tertanam di kabinet atau meja island di bagian tengah dapur. Oleh sebab itu perlu pertimbangan yang matang mengenai perletakan jenis kompor ini ketika membangun sebuah dapur seperti pada tips memilih kompor gas tanam.

Jumlah tungku yang digunakan berkisar antara 2 hingga 4 tungku. Memiliki bentukan yang rapi dan elegan, kompor gas jenis tanam lebih sering digunakan di area dapur bersih karena lebih hemat tempat dan dapat membuat dapur terlihat lebih rapi. Selain itu kompor gas tanam juga banyak ditemukan di dapur restoran mewah maupun dapur dalam acara memasak di televisi.

7. Kompor gas standing

Kompor gas standingJenis kompor gas standing atau yang juga sering disebut dengan freestanding adalah kompor gas yang berdiri sendiri dan memiliki ukuran paling besar bila dibandingkan dengan jenis kompor gas yang lain.

Jumlah tungku yang dimiliki oleh kompor gas freestanding berkisar antara 4 hingga 6 tungku. Bagian bawah tungku biasanya berfungsi sebagai oven.

Kompor jenis ini sering menjadi pilihan karena dinilai praktis, memiliki 2 fungsi dalam satu benda, yaitu kompor dan oven. Untuk ovennya sendiri tentu berbeda dengan solusi tips memilih oven listrik. Namun untuk mengatasi karat, masih tetap sama seperti cara membersihkan oven yang berkarat maupun cara membersihkan oven listrik.

8. Kompor gas komersil

kompor gas komersilSalah satu jenis kompor gas yang tidak hanya digunakan untuk dapur rumah tinggal adalah kompor gas untuk kepentingan komersil atau penjualan. Memiliki material atau bahan yang terbuat dari besi cor, kompor gas jenis ini dapat menghasilkan api yang sangat besar.

Selain itu ukuran kompor yang sedang membuat kompor gas komersil ini kuat dan cocok digunakan untuk dapur kedai atau restoran hingga warung pedagan kaki lima. Kompor gas komersil hanya menggunakan satu tungku untuk satu kompor saja sehingga butuh cara menata peralatan dapur yang berbeda.

9. Kompor gas hybrid

kompor gas hybridDisebut sebagai kompor gas hybrid karena kompor ini adalah jenis kombinasi antara kompor gas dengan kompor listrik dalam satu benda. Bila dibandingkan dengan jenis kompor gas yang telah disebutkan sebelumnya, tentu saja dari segi fungsi kompor hybrid memiliki fungsi yang jauh lebih unggul.

Hal ini dikarenakan kelebihannya yang mampu mengganti sumber daya gas menjadi listrik. Sehingga ketika Anda tidak sengaja kehabisan suplai gas di tengah proses memasak, maka kompor akan melanjutkan proses dengan menggunakan sumber listrik. Jadi tidak perlu khawatir kan?

Itulah tadi berbagai macam variasi jenis kompor gas masa kini yang bagus dan dapat menjadi pilihan dapur Anda. Gunakan jenis kompor gas yang sesuai dengan kebutuhan serta mendukung cara perawatan dapur yang mudah, bukan hanya kepentingan penampilan dapur agar terlihat semakin cantik. Selain itu dalam penggunaan kompor gas juga utamakan keamanan penggunaan untuk menghindari adanya selang atau gas bocor yang dapat meningkatkan resiko tabung gas meledak. Selamat berburu kompor gas!

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot