Sponsors Link

8 Desain Ruang Olahraga di Rumah dengan Harga Terjangkau

Saat ini olahraga menjadi kebutuhan primer masyarakat modern. Terbukti banyak tempat gym atau sarana olahraga yang kian menjamur. Untuk Anda yang hobi berolahraga atau ngegym dan ingin lebih menghemat pengeluaran, tak ada salahnya membuat ruang olahraga sendiri di rumah. Selain menghemat biaya keanggotaan, biaya transportasi juga bisa dipangkas bukan?

Tidak perlu takut mahal untuk membuat ruang olahraga sendiri. Awali dengan menyediakan alat yang sesuai dengan kebutuhan sendiri. Untuk memulainya, berikut ini kami tawarkan beberapa ide desain ruang olahraga di rumah dengan harga terjangkau alias hemat biaya. Desain ini dapat diterapkan untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal, termasuk rumah minimalis sederhana.

1. Manfaatkan sudut ruang

Untuk Anda yang memiliki hobi yoga ataupun pilates yang tidak memakan banyak tempat, ada baiknya memanfaatkan sudut ruang. Apabila sudut ruang terisi meja atau rak sudut, maka ada baiknya dipindahkan ke ruang lain atau sisi lain. Ruang sudut yang bisa digunakan misalnya adalah ruang sudut di kamar tidur atau ruang keluarga yang berdekatan dengan jendela. Cukup letakkan matras sebagai pembeda fungsi ruang tersebut dan voila! ruang olahraga mini di rumah telah tersedia. Tambahkan pula pengharum ruangan alami agar semakin menambah suasan rileks dalam ruang.

2. Gunakan partisi ruang

Jika Anda tidak memiliki ruang lebih, dapat menggunakan ruang yang lebih besar untuk dipisahkan menjadi dua fungsi, seperti halnya desain ruang keluarga menyatu dengan dapur ataupun cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Umumnya banyak yang menggunakan ruang keluarga dijadikan satu area dengan ruang olahraga. Untuk memisahkan fungsinya, Anda dapat menggunakan partisi. Partisi yang digunakan dapat berupa kaca atau partisi kayu. Untuk tambahan fungsi, juga dapat menggunakan partisi rak buku atau rak pajangan agar lebih natural.

3. Manfaatkan teras belakang

Selain ruang di dalam rumah, teras belakang sebagai area terbuka yang bisa mewujudkan ciri-ciri rumah sehat, juga sangat cocok dijadikan ruang olahraga pribadi. Terlebih jika bagian teras ini diberi tambahan atap atau naungan agar tidak terkena air hujan. Sebagai area outdoor, teras memiliki kelebihan yang kaya akan sirkulasi udara dan pencahayaan alami sehingga bisa menghemat energi listrik untuk AC maupun lampu. Selain itu konsep ruang olahraga yang menyatu dengan alam dapat diaplikasikan di area ini. Anda dapat menempatkan beberapa alat besar seperti treadmill, alat olahraga pengecil perut atau alat fitness yang lainnya. Selain itu teras juga cocok digunakan untuk yoga, dancing atau pilates secara berkelompok.

4. Fungsikan balkon

Selain teras belakang, balkon juga merupakan tempat yang cocok digunakan untuk ruang olahraga outdoor. Hanya saja kemungkinan untuk menempatkan banyak alat hanya terbatas, tergantung luas balkon yang Anda miliki. Sama halnya seperti teras belakang, balkon juga dilengkapi dengan pencahayaan alami dan sirkulasi udara tak terbatas. Balkon akan terasa lebih privat dan tenang bila dijadikan ruang olahraga pribadi. Cocok untuk yoga individu yang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi lebih. Di samping itu balkon juga dapat menghadirkan pemandangan yang lebih indah, seperti alam dan langit, dan membuat suasana di ruang olahraga menjadi lebih fresh, terlebih jika ditambah tanaman penyejuk ruangan murah dan tanpa tanah.

5. Gunakan ruang cadangan

Memiliki ruang yang tidak terpakai di rumah? Atau ruang yang tidak terlau sering digunakan seperti misalnya kamar tamu? Anda dapat merombak ruang tersebut menjadi ruang olahraga pribadi. Akan lebih baik jika ruangan ini memiliki banyak jendela untuk tempat masuknya pencahayaan alami dan juga penghawaan di dalam ruang. Selain itu, Anda dapat menambahkan televise atau music player sebagai hiburan ketika sedang ngegym atau melakukan aktivitas olahraga lainnya.

Jika Anda memiliki ruang walk in closet yang agak luas, bagian tengahnya juga dapat digunakan sebagai tempat gym. Letakkan satu hingga dua alat yang sering Anda gunakan. Hal ini juga berlaku untuk yang memiliki hobi yoga ataupun pilates.

6. Kolam renang mini

Jika Anda memiliki area belakang yang lebih luas, dapat digunakan sebagai kolam renang mini untuk olahraga air seperti pada cara membuat kolam sendiri. Sedangkan di bagian tepi kolam dapat ditambahkan beberapa alat fitness seperti treadmill, air walker, six pack care, sepeda statis, walking pad atau alat treadmill yang lain. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan rak di salah satu sisi dinding untuk menyimpan dumbbell atau matras untuk yoga dan pilates. Jika memungkinkan, Anda dapat membatasi kolam renang dan lantai ruang olahraga dengan menggunakan kaca agar cipratan air kolam tidak mengenai lantai di ruang olahraga. Selain itu kaca dinilai lebih baik karena tidak membuat ruangan terlihat menjadi sempit dan dapat lebih menyatu dengan area kolam renang.

7. Tambahkan cermin untuk ruang kecil

Untuk ruangan tersendiri yang berukuran kecil seperti halnya tips hias rumah flat, Anda dapat menambahkan cermin di beberapa sisi dinding atau salah satunya. Cermin ini berfungsi untuk membuat ruang terasa lebih lapang dan lega. Selain itu cermin juga dapat membantu Anda memantau perubahan bagian tubuh tertentu selama proses olahraga berlangsung sehingga Anda selalu termotivasi ketika sedang berolahraga.

8. Lantai anti selip

Salah satu bahan lantai anti selip adalah rubber mat. Selain membuat lantai tidak licin, rubber mat memiliki kelebihan untuk meredam suara getaran maupun suara yang dihasilkan oleh benda yang bergerak lainnya. Membuat lantai lebih empuk dan tidak licin, rubber mat juga dapat mengurangi cidera ketika olahraga berlangsung. Terutama olahraga yang membutuhkan gerakan aktif seperti dancing. Selain lantai rubber mat, lantai kayu atau parket bermotif kayu juga banyak digunakan di ruang olahraga pribadi. Konsep lantai kayu dapat menjadi penyeimbang gaya modern yang umum digunakan di ruang fitness. Ketahui juga cara membersihkan lantai kayu untuk perawatan lantai Anda.

Itulah tadi ide 8 desain ruang olahraga di rumah dengan harga terjangkau yang bisa Anda dirikan di rumah Anda. Memiliki ruang olahraga sendiri membuat Anda menjadi lebih bebas dan dapat menghemat lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ruang Olahraga