Sponsors Link

10 Tips Membeli Vacuum Cleaner Agar Tidak Salah Pilih

Menjaga kebersihan rumah tentu menjadi hal yang harus dilakukan semua pemilik rumah. Rumah yang bersih akan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Tidak hanya untuk lingkungan rumah saja tapi untuk semua anggota keluarga. Karena ketika rumah bersih maka semua bakteri, jamur, tungau dan penyebab penyakit lain tidak akan berkembang.

Salah satu hal yang sering diabaikan adalah ketika rumah berdebu dan partikel debu yang sangat kecil. Akhirnya debu yang menempel di lantai, sofa, tempat tidur dan semua benda di rumah memang tidak terlihat dengan jelas. Karena itu Anda bisa mengunakan vacuum cleaner yang menjadi alat kebersihan rumah untuk menyedot debu. Lalu jika Anda belum pernah membeli vacuum cleaner maka harus memilih dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips membeli vacuum cleaner agar tidak salah pilih.

1. Membeli Sesuai Jenisnya

Jika Anda ingin membeli vaccum cleaner maka hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah jenis vacuum cleaner seperti apa yang Anda butuhkan. Karena banyak sekali model dan jenis yang sebenarnya memiliki fungsi atau manfaat khusus meskipun secara umum untuk menyedot debu. Beberapa jenisnya misalnya seperti: upright vacuum, steam vacuum, robot vacuum, hendheld vacuum, dan central vacuum. Semua jenis vacuum ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, termasuk untuk kebutuhan daya listrik yang sesuai. Jadi pastikan memilih vacuum sebagai cara membersihkan debu yang paling sesuai kebutuhan.

2. Pahami Fitur Vacuum Cleaner

Setelah Anda memilih maka Anda harus melihat dan memahami berbagai fitur yang tersedia. Fitur ini dirancang untuk mendukung kemampuan vacuum saat bekerja untuk menyedot debu dan kotoran yang kecil. Bahkan setiap fitur bisa tersedia untuk menyedot debu di karpet kering, karpet basah atau menghisap debu yang sangat halus. Jadi ketika Anda tahu fungsinya maka tidak akan salah pilih karena harganya juga bervariasi sesuao fitur.

3. Harus Ada Fitur HEPA

Langkah lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa vacuum yang Anda pilih harus memiliki filer dengan fitur HEPA atau high efficiency particulate air. Fitur ini akan membuat vacuum bisa menyaring udara dan partikel halus dengan cara kerja yang sangat efektif. Fitur ini juga akan membuat vacuum bisa menarik dan menyaring debu yang baru masuk atau akan dikeluarkan dari vacuum sehingga hasilnyamemang sangat bersih. Jenis vacuum ini pastinya bisa digunakan sebagai cara meminimalisir debu di kamar.

4. Kemampuan Vacuum Sesuai Kebutuhan

Selain melihat vacuum yang akan dipilih maka Anda harus mencoba untuk melihat kemampuan vacuum sesuai dengan ukuran luas rumah Anda. Jika rumah sangat luas maka bisa mengunakan jenis vacuum upright atau canister. Sedangkan jika Anda memiliki rumah minimalis sederhana maka cukup memilih jenis vacuum yang kecil saja.

5. Cara Kerja dan Suara

Seperti yang Anda tahu bahwa ketika vacuum bekerja maka akan mengeluarkan suara yang bising dan keras. Hal ini yang membuat vacuum tidak nyaman untuk digunakan. Karena itu ketika Anda memilih maka perhatikan suara yang dikeluarkan oleh vacuum. Jika ingin vacuum yang tidak terlalu bising maka pilihlah dengan fitur peredam yang baik dan berkualitas tinggi. Tentu saja vacuum seperti ini harganya cukup mahal.

6. Pertimbangkan Merek

Sama seperti tips memilih TV karena vacuum juga termasuk alat elektronik maka pertimbangan merek memang sangat penting sekali. Sebaiknya hanya membeli vacuum berdasarkan merek yang sudah terbukti mengeluarkan produk elektronik berkualitas. Jangan membeli merek baru yang mungkin cepat rusak dan sulit untuk pemeliharaanya. Pastikan juga untuk memilih vacuum yang memberi garansi dan keuntungan lain.

7. Sesuaikan Kemampuan Vacuum dan Daya Listrik

Perlu Anda pahami juga bahwa semakin besar daya hisap vacuum maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan. Hal ini harus disesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di rumah Anda. Jangan sampai memilih vacuum dengan daya listrik yang besar namun listrik di rumah tidak sesuai. Karena ketika dioperasikan maka biasanya listrik pasti akan langsung mati atau terkena korsleting. Jadi pastikan harus memilih vacuum yang paling sesuai.

8. Kenyamanan Saat Digunakan

Faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah bagaimana kenyamanan tubuh Anda saat menggunakan filter tersebut. Jenis vacuum yang kecil biasanya harus digunakan dengan cara jongkok dan sulit menjangkau area tertentu. Jenis seperti ini akan membuat tubuh cepat lelah dan tidak nyaman. Karena itu pertimbangkan jenis vacuum yang memiliki bentuk lebih tinggi dan bisa diatur sesuai tinggi badan penggunanya. Sehingga vacuum juga bisa digunakan oleh semua anggota keluarga.

9. Vacuum Khusus untuk Alergi

Alergi debu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Karena alergi bisa menyebabkan kesehatan memburuk dan memicu penyakit tertentu seperti gangguan kesehatan kulit dan sistem pernafasan. Karena itu Anda juga perlu menggunakan jenis vacuum khusus untuk alergi yaitu jenis mikropartikel. Vacuum ini bekerja tidak hanya untuk menyedot debu saja tapi juga partikel kecil, mikropartikel dan tungau.

10. Tingkat Kepraktisan

Pertimbangan lain yang tidak boleh diabaikan adalah tingkat kepraktisan vacuum ketika digunakan. Dengan langkah ini maka Anda tidak perlu menggunakan vacuum yang justru membuat tubuh lelah dan cepat capek ketika membersihkan rumah.  Termasuk dengan memilih vacuum yang bisa bekerja otomatis hanya dengan menekan satu tombol vacuum sesuai fitur yang dibutuhkan. Atau model vacuum robot yang bisa digunakan dengan sangat mudah tidak perlu banyak bekerja.

11. Desain Vacuum

Ketika Anda datang ke toko atau membeli vacuum cleaner secara online maka penting untuk mempertimbangkan desain vacuum yang akan dipilih. Beberapa desain yang perlu dipertimbangkan misalnya bagian handle atau pegangan maka pilih yang mudah digunakan, ukuran dan desain yang nyaman. Kemudian selang dan bagian corong vacuum harus dibuat aerodinamis sehingga bisa mengurangi tekanan dan sangat efisien untuk digunakan. Kemudian juga bisa memilih desain portabel yang bisa digunakan untuk menjangkau area dalam dan sulit.

Itulah beberapa tips membeli vacuum cleaner agar tidak salah pilih. Jika Anda bisa melakukan semua tips tersebut maka dijamin bisa mendapatkan vacuum yang sesuai.

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot