Sponsors Link

8 Tips Memilih TV Kualitas Terbaik dan Murah (#Terbukti)

Televisi merupakan benda elektronik yang menjamur dimana-mana di zaman sekarang ini. Televisi juga sudah bergeser menjadi kebutuhan primer (kebutuhan utama) yang memiliki fungsi sebagai tontonan yang dapat menghibur dan juga bisa mengisi waktu luang anda bersama keluarga. Media massa elektronik ini menyajikan berbagai tayangan yang berguna untuk mencari informasi di bidang apa saja, misalnya bidang pendidikan, periklanan, hiburan dan lain sebagainya.

ads

Baca juga :

Tips Memilih Televisi

tips memilih tvTelevisi memiliki beberapa jenis di pasaran sekarang ini, misalnya TV tabung, TV plasma, TV LCD, dan TV LED. Saat ini televisi sangat penting peranannya di kalangan masyarakat, sehari saja tidak menonton televisi maka dampaknya akan ketinggalan informasi yang sedang naik daun sehingga anda dianggap kurang update.

Oleh karena itu guna menunjang anda dalam memperoleh informasi melalui media elektronik ini, sangat diperlukan referensi yang tepat dan jitu untuk memilih televisI sebelum memutuskan untuk membelinya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara memilih televisi dari berbagai sudut pandang dan hal apa saja yang harus menjadi perhatian dan pertimbangan buat anda. Yuk mari kita simak! (baca juga : cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel)

1. Pahami Berbagai Jenis Televisi Sebelum Membeli

Sekarang ini jenis televisi menunjukkan kemajuan yang begitu cepat dan pesat. Beberapa jenis televisi yang beredar di pasaran yakni, TV tabung, TV plasma, TV LCD, TV LED. Jenis-jenis televisi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan TV tabung dan TV plasma :

  • Cenderung mempunyai tingkat keawetan yang cukup lama (umur panjang).
  • Harga lebih terjangkau.
  • Tahan banting, berarti memiliki ketahanan yang baik.

Kekurangan TV tabung dan TV plasma :

  • Body secara fisik yang cukup besar.
  • Memiliki bobot yang lumayan berat.
  • Pemakaian daya listrik yang cukup besar (boros).

Kelebihan TV LCD dan TV LED :

  • Body secara fisik ramping dan flexible.
  • Konsumsi daya listrik yang hemat.
  • Memiliki bobot yang ringan.

Kekurangan TV LCD dan TV LED :

  • Tingkat keawetan rendah (mampu bertahan beberapa tahun saja).
  • Terlihat ringkih.
  • Harga lebih mahal.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli televisi, alangkah baiknya anda mempelajari terlebih dahulu spesifikasi dan karakteristik dari jenis televisi yang ingin anda beli, sehingga tidak terjadi hal-hal yang nantinya bisa membuat anda kecewa. (baca juga : hiasan dinding dari barang bekas)

2. Pilihlah Televisi Yang Terjangkau

Tentunya setiap orang hal yang paling utama yang menjadi perhatian sebelum memutuskan untuk membeli televisi adalah mempertimbangkan budget yang ada dan cenderung mencari barang dengan harga terjangkau tetapi fungsinya masih sama. Harga murah tentunya mempengaruhi kualitas dari suatu barang itu sendiri. Jika budget anda terbatas, saran saya anda bisa membeli jenis TV tabung ataupun TV plasma. Selain memiliki keawetan dan ketahanan yang cukup lama, TV jenis ini juga harganya masih terjangkau. Tetapi teknologi yang diusung masih menggunakan teknologi yang lama dan kurang kekinian sehingga agak ketinggalan zaman. (baca juga : cara menghilangkan cat)

3. Pilihlah Televisi Yang Memiliki Garansi

Garansi menjadikan daya tarik tersendiri bagi kalangan pembeli. Dengan adanya garansi pembeli setidaknya merasa aman karena barang yang dibelinya jika dalam waktu penggunaan yang relative sebentar ternyata sudah mengalami kerusakan, maka pembeli bisa melakukan tindakan claim perbaikan dengan menggunakan garansi yang ditawarkan tersebut. Sebelum membeli barang elektronik seperti halnya televisi, anda wajib memastikan bahwa garansi yang ditawarkan dan diberikan oleh penjual adalah garansi resmi dari pabrik dan bukan garansi dari toko.

Selain itu anda juga harus memperhatikan kecocokan antara tulisan garansi yang terdapat di kardus packing dan juga dokumen yang ada di dalam kardus packingannya. Jika terdapat tulisan garansi di kardus packing dan ternyata setelah anda buka tidak ada satupun dokumen garansi yang tersimpan di dalam kardus packingan, berarti anda wajib menanyakan kembali ke toko tempat anda membeli televisi tersebut. Prosedur garansi adalah harus bisa menunjukkan dokumen resmi ke service center pada saat anda melakukan claim. Jika anda tidak bisa menunjukkan dokumen garansi saat claim ke service center, maka claim anda tidak akan ditanggapi. (baca juga : cara merawat kaktus)

4. Pertimbangkan Konsumsi Listrik Yang Digunakan Telivisi Yang Akan Anda Beli

Hal ini sangat perlu dipertimbangkan, karena nantinya anda akan memakai televisi untuk jangka panjang jadi harus pandai-pandai dalam membeli. Konsumsi listrik yang paling hemat dan efisien adalah jenis TV LED karena hanya separuh daya yang digunakan dari pada daya yang digunakan jenis TV tabung dan TV plasma. Jenis TV yang memiliki konsumsi daya listrik paling besar yakni TV tabung dan TV plasma. Jadi anda mau pilih mana? Harga murah tapi konsumsi listrik cukup boros atau harga sedikit mahal tapi konsumsi listrik cukup hemat. Lebih cermatlah sebagai konsumen sebelum membeli. (baca juga : cara membuat taman di rumah)

5. Pilihlah Televisi Yang Memiliki Rasio Kontras Baik

Rasio kontras sangat mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan dari televisi itu sendiri. Oleh Karena itu anda wajib mempertimbangkan hal ini agar nantinya anda tidak menyesal. Semakin tinggi tingkatan rasio kontras yang dimiliki oleh televisi maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus. Dan sebaliknya jika semakin rendah tingkatan rasio kontras yang dimiliki oleh televisi makan kualitas gambar yang dihasilkan juga akan semakin buruk. Apa gunanya anda membeli TV dengan tingkatan rasio kontras yang akan membuat anda jengkel karena gambar yang ditampilkan kurang bagus? itu sama saja pemborosan. (baca juga : cara membuka rolling door yang terkunci)


6. Pilihlah Televisi Yang Memiliki Half Life

Informasi half life biasanya tercantum pada kardus packingan televisi. Nah anda bisa melihat half life dari situ sebagai pembanding televisi satu dengan yang lainnya. Half in menandakan ketahanan televisi dalam rentang waktu tertentu. Jadi sebelum anda membeli televisi, perhatikanlah half in yang tertera antara televisi satu dengan yang lain. Utamakan pilih televisi yang punya half in lebih lama. Semakin lama half in, semakin lama juga anda dapat menikmati manfaatnya. (Baca Juga : cara membersihkan dinding kamar mandi )

7. Pilihlah Merk Televisi Yang Lokasi Service Center Lebih Dekat

Sebagai bahan pertimbangan, anda juga harus memperhatikan lokasi service center. Kenapa hal ini harus diperhatikan? tentunya agar dokumen garansi anda bisa digunakan, artinya anda harus membawanya ke service center. Dokumen garansi hanya berlaku di lokasi service center. Oleh karena itu sangat perlu anda mempertimbangkan hal ini. Jika sewaktu-waktu televisi anda mengalami masalah ataupun kerusakan anda bisa menggunakan garansi tersebut, namun syaratnya adalah garansi belum pernah digunakan. Jika garansi sudah digunakan berarti anda harus mengeluarkan biaya sendiri untuk service.

Setidaknya televisi anda masih bisa diperbaiki secepat mungkin dengan adanya service center yang tak terlalu jauh jaraknya dari rumah anda. Satu lagi, jangan sekali-kali mengambil resiko besar dengan mempercayakan perbaikan ke tukang service abal-abal. Yang ada bukannya makin baik, justru bisa tambah parah kerusakannya. (baca juga : tips memilih lampu rumah)

8. Pilihlah Televisi Yang Merknya Banyak Digunakan Di Lingkungan Anda

Dengan memilih televisi yang memiliki merk sama dengan yang digunakan kebanyakan orang di lingkungan anda, berarti itu dapat memudahkan anda dalam membantu kesulitan yang dialami. Seperti halnya cara pengoperasian, apabila terjadi masalah ataupun kerusakan. Anda bisa saling bertukar informasi dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna bagi anda.

Baca juga :

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum membeli televisi sebaiknya kenali terlebih dahulu spesifikasi dan karakteristiknya sehingga tidak ada rasa kekecewaan yang timbul dikemudian hari. Beberapa tips dan cara di atas diharapkan mampu membantu anda dalam mencari informasi dan referensi dalam memilih televisi dan sebelum memutuskan untuk membelinya. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips memilih televisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik