Sponsors Link

7 Tips Membuat Rumah Minimalis Modern

Membangun sebuah rumah tentu memerlukan sebuah konsep pula. Dengan konsep, maka kita bisa mengetahui seperti apa rumah yang ingin kita buat. Salah satu konsep atau desai rumah yang saat ini menjadi banyak idaman tiap orang adalah konsep rumah minimalis. tentu untuk membangun rumah minimalis, kita perlu mengetahui beberapa hal dasar yang perlu disiapkan agar kemudian dapat dibangun sebuah rumah konsep minimalis dengan ciri yang khas sesuai dengan konsep tersebut. Berikut adalah beberapa tips membuat rumah minimalis modern :

ads

(Baca juga: Cara menata rumah minimalis)

1. Pilih lahan atau tanah yang akan dibangun

Dalam memilih lahan atau tanah kosong yang akan dibeli untuk membangun rumah minimalis, dapat disesuaikan dengan kondisi luas tanah, keuangan, serta letak yang strategis menurut kita. Dalam membangun rumah minimalis, kondisi atau luas tanah pada umumnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta bagaimana pandai-pandainya kita menggunakan lahan saat membangun rumah nanti.

Prinsip luas lahan pada rumah minimalis pada umumnya adalah memanfaatkan luas lahan yang sangat minim agar dapat tebentuk sebuah bangunan yang memiliki segala fungsi atau fasilitas serta tampakan yang tidak kalah menarik dengan rumah besar. Pada intinya, kita memaksimalkan keterbatasan lahan. Namun bukan berarti tidak dapat memilih lahan yang besar. (Baca juga: Rumah minimalis sederhana)

2. Perkiraan pembangunan rumah dengan modal yang akan digunakan

Setelah kita telah memiliki sebuah lahan atau tanah kosong, maka sebelum membangun rumah sebaiknya kita perlu memperkirakan berapa dana yang akan kita gunakan untuk membangun rumah tersebut hingga jadi nanti. Atau kita bisa mematok dengan jumlah dana tertentu, kira-kira rumah yang seperti bagaiman yang akan kita bangun. Pada umumnya konsep rumah minimalis memiliki arti bahwa kita dapat membangun rumah dengan dana yang tidak begitu besar, namun dapat membuat sebuah rumah dari biaya tersebut mampu terlihat begitu bagus dan tidak kalah indah dengan rumah yang memiliki budget atau biaya pembangunan yang mahal. (Baca juga: Rumah minimalis sederhana)

Pada intinya, dengan konsep minimalis, kita dapat menyesuaikan keuangan atau mampu menggunakan biaya yang tidak begitu besar untuk membangun sebuah rumah. Namun, bukan berarti bahwa konsep minimalis tersebut harus menggunakan bahan atau biaya yang murah. Jika anda ingin mendapatkan suatu hasil atau menggunakan bahan yang terbaik serta pekerja yang baik, maka kita juga bisa membuat sebuah pengeluaran yang lebih besar. Atau mungkin bahan dasar pembuatan misalnya menggunakan barang-barang yang memang tergolong mahal dan mewah. (Baca juga: Cara membuat rumah kayu minimalis)

3. Membuat desain

Setelah kita menetapkan luas lokasi dan kondisi keuangan, maka kita membuat desain bentuk rumah konsep minimalis dengan menyesuaikan kondisi lokasi dan keuangan tersebut. Kita membuat desain ruangan dengan mengutamakan ruang-ruang yang penting dan dianggap vital. Misalnya kita menempatkan kamar tidur yang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Kita juga bisa menempatkan ruang tamu dan ruang dapur untuk keperluan sehari-hari. Ukuran luas kedua ruangan tersebut dapay disesuaikan dengan gambaran sehari-hari dalam kehidupan kita. Dalam konsep minimalis, kedua ruangan tersebut umumnya tidak dibuat luas dan lebih sederhana atau seperlunya saja. (Baca juga: Desain rumah minimalis)

Disisi lain kita juga bisa menempatkan ruang keluarga yang bisa dimanfaatkan multifungsi menjadi ruang santai dan ruang makan bersama sebagaimana konsep ruang minimalis. Jika seandainya kita memiliki jumlah lahan yang lebih luas, kita bisa memanfaatkannya dengan membuat taman hijau yang bisa berada di depan atau di belakang/samping rumah. Selain itu jika ingin, luas lahan yang lebih juga bisa digunakan untuk menambah beberapa ruangan, misalnya beberapa orang menambah jumlah kamar tidur dan toilet atau kamar mandi. Selain itu, kita juga bisa menambah luas beberapa ruangan tertentu sesuai dengan keinginan kita. (Baca juga: Rumah kayu minimalis)

Selain konsep desain ruangan diatas, keterbatasan lahan juga bisa kita siasati dengan menambahkan atau membuat rumah dengan lantai bertingkat atau dikenal sebagai rumah bertingkat. Hal tersebut bisa kita jadikan sebagai suatu pilihan jika kita menginginkan pertambahan ruangan atau luas ruangan, sementara luas lahan yang ingin kita gunakan cukup terbatas. Namun kelemahannya adalah mungkin kita membutuhkan biaya yang lebih besar lagi. (Baca juga: Rumah minimalis)


4. Minta bantuan ahli arsitek

Dalam mendesain rumah minimalis, umumnya kita yang bukan bergerak dibidang arsitek bangunan akan kesulitan menerapkan suatu gaya rumah minimalis. Sebab selain dari segi biaya, dalam gaya rumah minimalis kita akan membuat sebuah model desain yang memaksimalkan ruang dan furnitur didalam rumah. Oleh karenanya bila kita kesusahan dalam mengembangkan desain rumah, kita dapat meminta bantuan dari jasa ahli arsitek.

Umumnya para arsitek memiliki berbagai alternatif model desain yang bisa membuat desain rumah tampak lebih moderen. Selain itu, kita juga bisa meminta ahli arsitek untuk menyesuaikan dengan dasar desain yang kita inginkan. Kelebihan lainnya adalah kita bise sekaligus meminta pada ahli arsitek untuk membuatkan sketsa desain baik eksterior maupun interior bergaya minimalis yang disesuaikan dengan keinginan kita. (Baca juga: Cara desain kamar)

5. Pengecatan

Dalam mendesain bagian eksterior dan interior rumah minimalis, peran dari pengecatan dinding sangat berpengaruh dapam memunculkan keaan minimalis. Penggunaan kombinasi warna monokrom dan cerah umumnya sering menjadi pilihan banyak orang. Namun bukan berarti kita tidak dapat menggunakan kombinasi warna kesukaan kita. Mintalah pendapat dari ahli arsitek tentang warna pengecatan yang kita inginkan terhadap rumah yang diinginkan. (Baca juga: Tangga rumah minimalis)


6. Pencahayaan

Sebaiknya dalam segi interior rumah minimalis, lebih baik kita memaksimalkan pencahayaan pada suatu ruangan. Hal tersebut dapat semakin memaksimalkan efek visual dari warna cat rumah. Umumnya kombinasi warna akan dapat terlihat jelas dan hidup pada cahaya terang. Selain itu, pencahayaan yang maksimal memberikan kesan ruang yang hangat dan bersih. Untuk sumber pencahayaan kita bisa memaksimalkan sumber cahaya matahari pada siang hari.

Pada saat mendesain rumah, kita meminta pada arsitek untuk menempatkan sumber-sumber cahaya matahari yang dapat cukup untuk masuk kedalam rumah. Apakah bersumber dari jendela, dinding kaca, ventilasi, atap transparan atau model desain lain yang memungkinkan. Selain itu, pada malam hari kita dapat memanfaatkan sumber cahaya lampu. Sebaiknya lampu yang digunakan adalah yang memiliki warna cahaya putih terang. (Baca juga: Desain kamar tidur minimalis)

7. Furnitur

Sebaiknya dalam memilih furnitur untuk rumah minimalis, prinsip pembeliannya adalah sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu banyak menempatkan furnitur dalam ruangan, karena hanya akan membuat ruangan menjadi sempit dan tampak sesak. Hal berikutnya adalah memilih furnitur yang bentuknya sederhana namun warnanya dapat disesuaikan dengan pengecatan interior rumah. Hal ini bertujuan menghindari agar furnitur tidak membuat desain interior menjadi tampak terlalu ramai. (Baca juga: Desain interior kamar tidur)



Artikel Lainnya


, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik