Sponsors Link

8 Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis

Cara membuat pintu aluminium sendiri tidaklah sulit seperti halnya dengan Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek, atau cara membuat jendela minimalis. Dibanding jenis-jenis pintu rumah yang lain, menggunakan pintu aluminium akan lebih awet karena bentuknya yang kokoh serta tidak akan termakan rayap. Selain itu, bahan aluminum juga lebih ringan sehingga memungkinkan anda untuk memindahkannya dengan mudah. Pintu Rumah Minimalis dengan menggunakan bahan aluminium akan lebih sesuai untuk rumah berdesain minimalis dan dipasang berdampingan dengan jendela minimalis pula. Jika anda sudah memutuskan untuk membuat pintu aluminium kaca sendiri, berikut adalah cara membuat pintu alumunium :

ads
  1. Mengukur dinding

Hal pertama yang dilakukan dalam membuat pintu aluminium adalah mengukur dinding yang akan dipasangi pintu. Patokan ukuran standar yang dapat anda ikuti yaitu 220 cm x 80 cm. Tentu anda dapat menyesuaikan ukuran menurut keinginan anda, karena tiap rumah memiliki Desain Rumah Minimalis yang berbeda-beda dengan rumah minimalis berbagai type. Pastikan lokasi dinding yang akan dipasang pintu tidak mengganggu tata letak ruangan rumah anda. Perhatikan pula apabila dinding tersebut lembab atau berjamur. Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur adalah dengan memilih Cat Tembok Anti Lembab.

  1. Melubangi dinding dengan bor

Setelah mendapatkan ukuran yang sesuai untuk memasang pintu alumunium, anda perlu melubangi dinding terlebih dahulu. Alat yang digunakan yaitu mesin bor serta mata bor untuk tembok. Mata bor yang digunakan umumnya mata bor untuk beton berukuran 6 mm. Ketika akan membuat lubang, berhati-hatilah untuk tidak memotong jalur kabel yang biasanya berada dibalik dinding. Pastikan juga sebelum mengebor agar tidak merusak dinding yang retak, karena ini akan sangat  bahaya tembok rumah retak. Anda bisa melewati tahap ini jika sebelumnya dinding telah terpasangi pintu yang akan diganti dengan pintu aluminium.(baca: Cara Mengatasi Tembok RetakCara Mengatasi Tembok Rembes)

  1. Menyiapkan peralatan untuk membuat pintu

Kemudian tahapan selanjutnya adalah persiapan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pintu aluminium. Peralatan tersebut meliputi rangkaian kusen pintu aluminium, sealent, isolasi plastik/kertas, gergaji besi, fischer, bor tembok, skrup dan obeng. Anda mungkin juga perlu menyediakan kabel roll untuk menyalakan bor jika stop kontak jauh dari jangkauan. Peralatan-peralatan tersebut bisa anda temukan di toko bangunan atau toko besi. Beberapa peralatan membuat pintu ini tajam dan berbahaya, oleh karena itu pastikan letaknya jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Memotong aluminium

Jika semua peralatan untuk membuat pintu alumunium sudah tersedia, kini saatnya untuk memulai membuat kerangkanya. Anda akan memerlukan 8 bagian aluminium yang terbagi menjadi 4 buah bagian ukuran 110 cm dan 4 buah bagian berukuran 40 cm. Untuk memotong aluminium tersebut anda membutuhkan gergaji besi, berbeda dengan cara membuat jendela bersekat enam yang menggunakan gergaji kayu. Pastikan untuk memotongnya sesuai dengan ukuran agar ketika bagian-bagian tersebut disatukan menjadi sebuah kerangka, akan membentuk kesatuan yang utuh dan pas. Kesalahan dalam proses memotong akan membuat aluminium terbuang sia-sia dan menambah waktu pengerjaan pintu.

5. Menyusun kerangka pintu

Pintu aluminium memiliki bagian-bagian dengan panjang yang berbeda. Dalam pola pintu kaca minimalis, terdapat 8 bagian yaitu 4 buah 110 cm dan 4 buah bagian dengan panjang masing-masing 40 cm. Bagian-bagian tersebut harus disusun terlebih dahulu sesuai pola. Cara menggabungkannya adalah dengan menggunakan sekrup. Pasangi sealant di tiap ujungnya agar tidak kendor. Tahap ini juga merupakan tahap dimana kaca dipasang. Saat setengah bagian kerangka sudah digabungkan, sematkan kaca dan gabungkan kembali bagian pintu aluminium lainnya.

Saat kaca sudah dipasang, anda perlu menempelkan karet yang dikhususkan untuk menahan kaca agar tidak mudah bergeser maupun pecah. Kemudian di bagian bawah pintu, pasanglah roda yang memungkinkan pintu untuk digeser. Roda tersebut harus dicek apakah dapat berputar dengan lancar. Jika sudah, jangan lupa untuk menambahkan bagian pembuka pintu geser tersebut. Anda juga bisa menmbahkan kunci pengaman pada pintu guna memastikan agar pintu dapat dikunci. Pintu yang terkunci rapat merupakan salah satu Cara Mencegah Rumah Kemalingan.

Sponsors Link

6. Memasang kusen

Kusen merupakan bagian yang satu kesatuan dengan pintu. Pintu tidak akan dapat terpasang tanpa bantuan kusen. Untuk memasang kusen, anda perlu mempersiapkan lubang kusen yang disesuaikan dengan ukuran kusen tersebut. Ukuran lubang kusen perlu ditambahkan satu sentimter sebagai tempat sealent. Selanjutnya, masukkan kusen ke dalam lubang kusen dengan posisi yang kokoh.

Cara Memasang Kusen Aluminium yaitu posisikan kusen sudah menempel dengan dinding, aplikasikan semen untuk mengisi rongga antara dinding dengan kusen. Setelah seluruh celah dinding dan kusen ditutupi semen, buatlah lubang untuk sekrup pada dinding melewati lubang kusen. Tahap ini membutuhkan alat bor untuk melubangi tempat untuk fischer. Fischer yang telah tersematkan harus dikencangkan menggunakan obeng. Kusen yang telah jadi kemudian dipasangi bantalan karet di sela-selanya

Baca juga :

7. Menempatkan pintu ke dalam kusen

Anda telah menyelesaikan pembuatan pintu dan kusen, kini tibalah saat untuk menggabungkannya. Pertama-tama, angkatlah pintu dan posisikan bagian atas dengan gerendel atas. Sementara itu, barulah letakkan bagian bawah pintu ke kusen sembari mengepaskan roda pintu.

Saat pintu telah digabungkan dengan kusen, anda perlu mencoba apakah pintu dapat bekerja dengan baik dengan menggesernya ke kiri dan ke kanan. Jika pemasangan pintu belum sempurna, roda akan macet dan terasa sulit untuk digeser, maka anda perlu memeriksa kembali apakah kerangka sudah benar-benar sesuai atau tidak. Anda juga bisa memberikan oli agar roda menjadi licin.

Sponsors Link

8. Menambahkan tirai atau gorden pada pintu

Bentuk pintu aluminium kaca memungkinkan cahaya masuk dalam intensitas besar serta menjadikan rumah anda telihat dari luar karena kaca tersebut tembus pandang. Untuk menjaga privasi keluarga anda serta memberikan sentuhan dalam ruangan, anda dapat melengkapi pintu tersebut dengan tirai. Ada beragam jenis tirai dan bahkan anda dapat membuatnya sendiri (baca: cara membuat gorden sendiri). Pintu aluminium kaca minimalis akan tepat dipadankan dengan model gorden minimalis. Tips Memilih Gorden untuk rumah minimalis adalah dengan kesesuaian model jendela yang dibuat.

Ada berbagai Cara Membuat Gorden Minimalis dan Cara Membuat Gorden sendiri. Untuk kreativitas anda sendiri anda bisa belajar  Cara Menjahit Gorden sendiri dengan motif sederhana. Banyak model dan desain gorden yang bisa anda buat sendiri, seperti Cara Membuat Gorden Kupu-Kupu, Pintu aluminium kaca anda pun telah jadi.

Modelnya yang berupa pintu geser memungkinkan area sekitar pintu untuk dimanfaatkan sebagai lahan untuk meletakkan perabot rumah, misalnya sofa untuk ruang tamu kecil. Pintu geser cocok untuk ruangan yang sempit karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuka dan menutupnya. Adapun pintu geser tentu akan cocok pula bila ditempatkan pada kamar tidur minimalis anak dan dewasa.

Artikel Lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 06th, September 2016 / 17:07 Oleh :
Kategori : Pintu