Sponsors Link

8 Cara Membuat Kamar Tidur Mezzanine

kamar tidur mezzanineDesain mezzanine masih awam diterapkan di berbagai jenis-jenis rumah tinggal untuk sebagian orang. Padahal, mezzanine sangat baik digunakan untuk menambah area ruangan pada rumah dengan luas terbatas tanpa harus menambah lantai bangunan. Mezzanine dapat menjadi alternatif desain yang menarik jika Anda memiliki langit-langit ruangan yang cukup tinggi. Area mezzanine ini nantinya dapat difungsikan menjadi berbagai macam ruangan yang menarik. Contohnya adalah perpustakaan mini dengan view pemandangan yang indah atau sekedar area bersantai di dalam rumah.

ads

Selain itu, area mezzanine juga dapat dimanfaatkan sebagai kamar tidur, lho! Kamar tidur mezzanine sangat cocok untuk Anda yang menyukai ruang terbuka tanpa pembatas. Sementara itu, ruang di bawah mezzanine dapat Anda fungsikan menjadi ruangan-ruangan lain seperti area makan atau dapur. Disamping keunikan dari desain kamar tidur mezzanine, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan, yakni :

  • Meminimalisir penggunaan pintu. Dengan menggunakan konsep ini, Anda tidak perlu khawatir dengan penambahan pintu pada ruangan karena batas ruangan di tandai dengan perbedaan level antara satu dengan yang lainnya.
  • Menambah ruangan. Tujuan utama dari mezzanine adalah untuk penambahan ruangan. Dengan membuat kamar tidur mezzanine, Anda akan menambahkan luasan baru yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi ruangan-ruangan lain.
  • Langit-langit terbuka. Memberikan kamar tidur mezzanine dapat menciptakan langit-langit rumah yang lebih tinggi dan luas, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah lebih baik.

Disamping beberapa kelebihan yang ditawarkan, konsep ini juga memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan dengan menggunakan konsep mezzanine adalah pandangan Anda akan terhalang atau kurang bebas oleh mezzanine. Selain itu, perancangan yang tidak baik dapat mengakibatkan kecelakaan-kecelakaan yang tidak diinginkan. Perancangan yang tidak terorganizir juga dapat menyebabkan pembengkakan biaya yang bertentengan dengan tips hemat membangun rumah.

Oleh karena itu, perlunya pengetahuan dasar yang baik dan terencana ketika hendak membangun sebuah kamar tidur mezzanine. Cara pembuatannya pun terbilang mudah dan tidak sulit akan tetapi harus dilakukan secara teliti. Berikut ini adalah tahapan cara membuat kamar tidur mezzanine, yakni :

  1. Tentukan Lokasi dan Desain Layout

Sebelum hendak membangun, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu lokasi mana yang akan dijadikan sebagai kamar tidur mezzanine. Ketika luasan dan jarak ketinggian plafon sudah memenuhi standar, Anda dapat merancangan desain layout kamar yang baik.

  1. Tema dan Warna

Pemilihan tema dan warna dalam sebuah rancangan desain adalah tahap yang penting. Karena keduanya termasuk dalam elemen dari konsep suatu rancangan. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda memilih konsep yang sesuai. Entah merupakan desain rumah modern eropa, model rumah Scandinavian dan sebagainya. Jangan lupa pilihlah warna yang sesuai dengan warna cat rumah elegan Anda.

  1. Pemilihan Material

Pemilihan material juga sangat penting. Diantara material yang paling sering digunakan adalah beton ringan, kayu atau baja ringan yang masing-masing merupakan bahan-bahan dalam membangun rumah. Dari ketiga bahan tersebut, beton dinilai paling kuat dan baik, namun sebaiknya Anda menyesuaikan dengan budget yang dimiliki sebagai cara membangun rumah dengan dana minim.

Sponsors Link

  1. Sirkulasi Udara

Permasalahan penghawaan juga masuk ke dalam tahap pertimbangan desain. Hal ini dikarenakan ketika suhu udara meningkat, mezzanine kerap kali panas jika tidak di rancang dengan perhitungan tepat. Sebagai solusi, Anda perlu menempatkan mezzanine pada area yang memiliki bukaan cukup atau pun dengan memasang insulator sebagai solusinya.

  1. Pencahayaan

Pada dasarnya, mezzanine dapat menjadi salah satu solusi untuk mendatangkan cahaya matahari ke dalam rumah karena menyediakan celah sebagai jalan masuk. Untuk itu, pastikan peletakan mezzanine tepat dan tidak mengganggu lajur masuknya cahaya ke dalam rumah.

  1. Proses Pembuatan

Setelah semua proses perancangan terpecahkan, barulah Anda dapat memulai tahap proses pemasangan mezzanine. Anda dapat memulai terlebih dahulu dengan sistem rangka mezzanine dengan menggunakan material yang Anda pilih. Selanjutnya, Anda perlu melapisi rangka tersebut dengan panel-panel seperti panel GRC. Untuk tahap akhirnya, panel tersebut di cat kembali dengan cat anti gores dengan warna-warna yang menarik. Anda juga dapat menutupnya dengan menggunakan karpet.

  1. Peletakkan Tangga

Peletakkan tangga pada mezzanine juga penting. Usahakan pilih tangga yang simple serta tingga memakan banyak ruang yang ada di bawahnya. Anda dapat memilih tangga dengan tipe lurus. Hindari pemilihan tangga spiral karena pertimbangan yang memakan terlalu banyak luasan serta dinilai kurang efektif.

Sponsors Link

  1. Pemilihan Furniture

Furniture-furniture diletakkan pada tahap akhir. Untuk menyelaraskan dengan konsep dan tema yang sudah dipilih sebelumnya, pemilihan furniture juga mengacu pada konsep tersebut.

Demikianlah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membangun sebuah kamar tidur mezzanine. Mudah bukan? Berhati-hatilah dalam proses pelaksanaan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain